Menyusuri Bromo Tengger Semeru yang Eksotis

WhatsApp Image 2017-11-13 at 09.38.36

Indahnya Bromo Tengger Semeru (Ist)

Bromo Tengger Semeru yang ada di Jawa Timur memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara sebab destinasi wisata yang termasuk 10 Bali baru, yaitu 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Traveler dari Jakarta bisa terbang ke Malang dengan Garuda Indonesia atau Sriwijaya Air dan melanjutkan perjalanan ke Lumajang menggunakan jalur darat dengan menyewa mobil. Namun, bagi wisatawan yang punya banyak waktu di Kota Malang sebelum menuju ke Lumajang untuk mendaki Puncak B29, Negeri di Atas Awan bisa istirahat sejenak untuk menikmati kuliner di Resto Taman Indie.

Informasi yang diperoleh patainanews.com di Kota Malamg, Jumat (10/11/2017), banyak wisatawan asing dari Benua Eropa, termasuk dari Belanda yang datang ke Malang kemudian meneruskan perjalanan ke Gunung Bromo. Selama ada di Kota Malang, traveler bisa memilih menginap di Harris Hotel and Conventions Malang.

WhatsApp Image 2017-11-13 at 09.38.41

Pesona Bromo Tengger Semeru yang diminati wisatawan (Ist) 

Wisatawan rupanya tak perlu repot untuk mendaki Puncak B29 sebab sudah ada bantuan ojeg motor dari masyarakat Suku Tengger menuju Negeri di Atas Awan itu. Seorang pengojek motor mengaku bersyukur Puncak B29 kini semakin dikenal sebagai tujuan mencari sunset di kawasn Bromo Tengger Semeru.

Puncak B29 terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Puncak B29 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan ini siap memanjakan mata para wisatawan yang datang. Ya, sunrise rupanya menjadi penggoda semakin banyak wisatawan datang ke Puncak B29.

JIka wisatawan beruntnng bisa melihat awan tumpah yang begitu indah. Ya, jika cuaca cerah, selain pemandangan sunrise, trveler bisa melihat pemandangan yang memukau lainnya di Puncak B29, yakni awan tumpah. Awan tumpah adalah kabut yang turun diseputaran bukit yang bisa dilihat saat sunrise muncul.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 12.15.37

Gegeni, cara masyarakat Suku Tengger menuambut wisatawan (Ist)

Meski dingin menyerang, wisatawan terlihat menikmati keindahan alam Puncak B29 milik Sang Pencipta. Menurut Edi Prakoso, tour guide yang mendampingi patainanews.com mengutarakan, semakin banyak wisatawan dari Eropa, seperti Belanda dan Perancis yang berkunjung ke Puncak B29.

Ia mengatakan, banyak traveler yang sejak malam hari telah datang ke Puncak B29 untuk memastikan bisa menikmati sunrise saat pagi hari tiba. “Banyak wisatawan yang sudah tiba sejak malam hari di :Puncak B29 dan mereka mendirikan tenda untuk persiapan melihat sunrise di pagi hari. Namun, ketika malam hari wisatawan juga bisa melihat bintang,” ucapnya.

Banyak wisatawan yang memotret keindahan alam di Puncak B29. Bahkan, ada juga yang selfie kemudian di-share ke media sosial mereka, seperti instagram dan facebook sehingga Puncak B29 semakin populer di dunia. Beragam daya tarik yang ada di kawasan Bromo Tengger Semeru. Melihat langsung kehidupan masyarakat Suku Tengger.

Tampak warga Suku Tengger melestarikan budaya dan menjaga kearifan lokal. Gegeni, tradisi masyarakat Suku Tengger menerima tamu di sekitar tungku perapian yang masih tradisional. Masyarakat Suku Tengger mengajak wisatawan ke dapur yang masih tradisional sebab masih mengandalkan kayu bakar untuk kompor ketika memasak. Tak hanya aebatas untuk memasak karena bisa untuk menghangatkan badan yang kedinginan.

Kehangatan sunrise dan warga Suku Tengger yang akrab membuat pengalaman baru bagi wisatawan. Sambutan hangat warga Suku Tengger itu sehangat terbitnya mentari. (Gabriel Bobby) 

 

About author



You might also like

Cuisine

Jelang Libur Akhir Tahun, Mampir ke Astindo Jakarta Travel Fair 2016

Pembukaan Astindo Jakarta Travel Fair 2016 di JCC (Ist) Menjelang libur akhir tahun, traveler yang tengah mencari promo tiket dan paket liburan tidak perlu khawatir karena bisa mampir ke Astindo

Destinations

25 Agustus, Pacu Jalur 2016 di Riau Dimulai

Ilustrasi Pacu Jalur (Ist) Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Riau, baik kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, Pemerintah Provinsi Riau gencar mempromosikan event pariwisata unggulan daerah. Salah satu event

Airlines

Paket Bedug Dapur Solo

Paket Bedug Dapur Solo (Ist) Paket Bersama Duduk Gembira (Bedug) dari Dapur Solo hadir saat Ramadan 1473 H yang bisa menjadi tempat buka puasa bersama teman, keluarga dan saudara. Ya,

SightSeeing

Melestarikan Gerabah, Menjaga Kearifan Lokal

Suasana pembukaan  Pameran Kerajinan Gerabah Antara Sitiwinangun dan Pagerjurang Bayat (Ist) Pameran Kerajinan Gerabah Antara Sitiwinangun dan Pagerjurang Bayat yang dibuka Senin, 3/4/2017 oleh GM Bentara Budaya Jakarta Frans Sartono,

Cuisine

Mahasiswa Poltekpar Memilih Jadi Entrepreneur

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) saat ground breaking Poltekpar Palembang (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya betul-betul memikirkan masa depan mahasiswa Politeknik Pariwisata Negeri (Poltekpar), terutama yang berminat menjadi entrepreneur atau

Festival

Wisman Peduli Lingkungan Hidup di Destinasi Wisata Indonesia

 Jazzy Anastassia Kinsky (Ist) Indonesia memang sudah lama dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Lingkungan hidup selama ini selalu menjadi isu yang seksi di dunia dan