Menyusuri Bromo Tengger Semeru yang Eksotis

WhatsApp Image 2017-11-13 at 09.38.36

Indahnya Bromo Tengger Semeru (Ist)

Bromo Tengger Semeru yang ada di Jawa Timur memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara sebab destinasi wisata yang termasuk 10 Bali baru, yaitu 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Traveler dari Jakarta bisa terbang ke Malang dengan Garuda Indonesia atau Sriwijaya Air dan melanjutkan perjalanan ke Lumajang menggunakan jalur darat dengan menyewa mobil. Namun, bagi wisatawan yang punya banyak waktu di Kota Malang sebelum menuju ke Lumajang untuk mendaki Puncak B29, Negeri di Atas Awan bisa istirahat sejenak untuk menikmati kuliner di Resto Taman Indie.

Informasi yang diperoleh patainanews.com di Kota Malamg, Jumat (10/11/2017), banyak wisatawan asing dari Benua Eropa, termasuk dari Belanda yang datang ke Malang kemudian meneruskan perjalanan ke Gunung Bromo. Selama ada di Kota Malang, traveler bisa memilih menginap di Harris Hotel and Conventions Malang.

WhatsApp Image 2017-11-13 at 09.38.41

Pesona Bromo Tengger Semeru yang diminati wisatawan (Ist) 

Wisatawan rupanya tak perlu repot untuk mendaki Puncak B29 sebab sudah ada bantuan ojeg motor dari masyarakat Suku Tengger menuju Negeri di Atas Awan itu. Seorang pengojek motor mengaku bersyukur Puncak B29 kini semakin dikenal sebagai tujuan mencari sunset di kawasn Bromo Tengger Semeru.

Puncak B29 terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Puncak B29 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan ini siap memanjakan mata para wisatawan yang datang. Ya, sunrise rupanya menjadi penggoda semakin banyak wisatawan datang ke Puncak B29.

JIka wisatawan beruntnng bisa melihat awan tumpah yang begitu indah. Ya, jika cuaca cerah, selain pemandangan sunrise, trveler bisa melihat pemandangan yang memukau lainnya di Puncak B29, yakni awan tumpah. Awan tumpah adalah kabut yang turun diseputaran bukit yang bisa dilihat saat sunrise muncul.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 12.15.37

Gegeni, cara masyarakat Suku Tengger menuambut wisatawan (Ist)

Meski dingin menyerang, wisatawan terlihat menikmati keindahan alam Puncak B29 milik Sang Pencipta. Menurut Edi Prakoso, tour guide yang mendampingi patainanews.com mengutarakan, semakin banyak wisatawan dari Eropa, seperti Belanda dan Perancis yang berkunjung ke Puncak B29.

Ia mengatakan, banyak traveler yang sejak malam hari telah datang ke Puncak B29 untuk memastikan bisa menikmati sunrise saat pagi hari tiba. “Banyak wisatawan yang sudah tiba sejak malam hari di :Puncak B29 dan mereka mendirikan tenda untuk persiapan melihat sunrise di pagi hari. Namun, ketika malam hari wisatawan juga bisa melihat bintang,” ucapnya.

Banyak wisatawan yang memotret keindahan alam di Puncak B29. Bahkan, ada juga yang selfie kemudian di-share ke media sosial mereka, seperti instagram dan facebook sehingga Puncak B29 semakin populer di dunia. Beragam daya tarik yang ada di kawasan Bromo Tengger Semeru. Melihat langsung kehidupan masyarakat Suku Tengger.

Tampak warga Suku Tengger melestarikan budaya dan menjaga kearifan lokal. Gegeni, tradisi masyarakat Suku Tengger menerima tamu di sekitar tungku perapian yang masih tradisional. Masyarakat Suku Tengger mengajak wisatawan ke dapur yang masih tradisional sebab masih mengandalkan kayu bakar untuk kompor ketika memasak. Tak hanya aebatas untuk memasak karena bisa untuk menghangatkan badan yang kedinginan.

Kehangatan sunrise dan warga Suku Tengger yang akrab membuat pengalaman baru bagi wisatawan. Sambutan hangat warga Suku Tengger itu sehangat terbitnya mentari. (Gabriel Bobby) 

 

About author



You might also like

Tourism

Tat Twam Asi yang Memberikan Inspirasi Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) dalam pembukaan Sanur Beach Festival 2016 bertempat di Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali pada Rabu (24/8/2016) (Ist) Kisah sukses selalu ada tokoh di balik

SightSeeing

Pariwisata Indonesia Jadi Trending Topic

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Nama Danau Toba nge-hits di dunia maya. Netizen dari seluruh penjuru Indonesia tak henti-hentinya bercuit di Twitter. Semua tanpa diminta, tanpa direka-reka, kompak mempromosikan

Investments

patainanews.com Gandeng Metranet Kembangkan Bisnis Digital Media

Poernomo Siswoprasetijo Media online yang berkaitan dengan pariwisata dan investasi, patainanews.com menggandeng Metranet anak usaha PT Telkom dalam mengembangkan bisinis digital advertising. Adapun penandatanganan kerja sama bisnis ini telah dilakukan

Hotel

Gorontalo Promosi Potensi Pariwisata

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie memperkenalkan Calender of  Event Gorontalo 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor

Investments

Menanti Rumah Kita

Nota Kesepahaman Rumah Kita (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) merespons cepat program Rumah Kita yang digagas oleh Kementerian Perhubungan. Bersama Bulog dan Pelni, Pelindo III merencanakan penyiapan pusat-pusat

Hotel

Terobosan Cerdas, Presiden Bentuk Badan Otorita Pariwisata Borobudur

Presiden Jokowi (kemeja putih) (Ist) Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas (Ratas) di Manohara, Kompleks Candi Borobudur, Jumat (29/1/2016). Apa lagi kalau bukan mengenai Percepatan Prmbangunan Daerah Pariwisata Nasional Candi Buddha terbesar di dunia