Menyusuri Keindahan Tebing Karaton

Pemandangan hijau lebatnya hutan belantara Tahura Djuanda yang sangat indah (Christabell)

Indonesia adalah negeri yang dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang menarik minat wisatawan untuk traveling keliling Nusantara.

Ya, tak bisa dipungkiri negeri ini memang indah. Tebing Karaton adalah salah satu contoh destinasi wisata yang menarik di negeri ini. Tempat wisata ini adalah sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir H Djuanda (Tahura Djuanda).

Bertempat di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Dago, Kabupaten Bandung Utara ini tidak kalah cantik dengan dataran-dataran tinggi di Bandung lainya. Untuk bisa sampai ke Tebing Keraton ataui Tebing Karaton, maka traveler perlu untuk mengeluarkan ‘sedikit’ usaha.

Wisatawan tak perlu khawatir jika sudah sampai di Tahura Djuanda lantaran traveler bisa naik ojek untuk sampai ke Tebing Karaton. Sementara wisatawan yang suka jalan kaki juga bisa mencapai Tebing Karaton. Dimulai dari kendaraan pribadi traveler diparkir di area parkir Tahura Djuanda.

Untuk traveler yang memilih jalan kaki, traveler membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menempuh jarak sekitar 4,3 km. Bagi wisatawan yang ingin menyewa ojek, wajib membayar Rp30.000 sekali jalan atau Rp50.000 untuk pergi dan pulang (PP).

Adapun harga tersebut untuk menyewa satu motor ojek. Sedangkan harga tiket  masuk Tebing Karaton relatif terjangkau hanya sebesar Rp12.000. Seorang wisatawan Nusantara, Christabell pada 6 Januari lalu dari Jakarta langsung menuju ke Tebing Karaton.

Sebelum berangkat, Christabell mendapat informasi bahwa pemandangan terbaik dari Tebing Karaton yang diresmikan pada 2 Mei 2016 silam adalah saat sunrise dan ketika sunset, yakni sekitar pukul 5 hingga pukul 6 pagi dan pukul 17 hingga pukul 18.

Namun karena mengalami beberapa hambatan Christabel tiba pukul 7 pagi. Kendati demikian, pemandangan yang dilihat begitu indah sebab tebing ini berada di ketinggian  sekitar 1.200 meter diatas permukaan laut. Jadi tidak heran jika udara di Tebing Karaton sangat dingin sehingga  dianjurkan untuk mengenakan jaket/pakaian tebal.

Di sana, traveler akan disuguhi dengan hamparan pemandangan hijau berupa lebatnya hutan belantara Tahura Djuanda yang sangat indah. Ditambah lagi kabut tebal yang menyelimuti langit, menambah keindahan pemandangan tebing ini saat pagi hari. (Christabell) 

About author



You might also like

Tour Package

Kalyana Leather Handbags di Panggung IFW 2018

Berita Foto: Kalyana Leather Handbags, motif Batik campur dengan teknologi laser tampil di panggung fashion show Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 pada Minggu (1/4/2018) (Ist) (Gabriel Bobby)

Tour Package

Pesona Gatronomi Indonesia Semakin Kuat di Paris

William Wongso, ahli kuliner Indonesia (Ist) Perhelatan gastronomi ‘Wonderful Indonesia’ di Shangri-la Hotel, Paris memecahkan rekam jejak selama 10 tahun terakhir. Selama enam hari penyelenggaraan event itu, angka kunjungan tamu

Nature

Melestarikan Nilai yang Terkandung dalam Songket Palembang

Songket Palembang (Ist) Palembang di Sumatera Selatan tak hanya dikenal dengan kuliner khas, seperti Pempek dan destinasi Pulau Kemaro lantaran masih ada daya tarik bagi wisatawan, yakni songket. Adapun songket

Culture

Budaya yang Tarik Minat Wisatawan ke Yogya

Yogyakarta selama ini dikenal sebagai destinasi favorit bagi wisatawan, termasuk turis asing.  Kekuatan Yogyakarta itu justru pada kebudayaannya yang tidak hanya terbatas pada karya keseniannya tapi juga karya bangunan cagar

Nature

Putri Pariwisata Bukber dengan Anak Yatim

  Nawang Wulan, salah satu Putri Pariwisata Indonesia (Ist) Putri Pariwisata Indonesia mengadakan berbagi dengan sesama yang dikemas dalam buka puasa bersama (bukber) dengan anak panti asuhan bertepatan dengan Ramadan

Slideshow

ICE Kebanggaan Indonesia

Siti Karmila (Ist) Presiden Jokowi diketahui telah meresmikan ICE (Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang berdiri di atas lahan seluas 22 hektare di Bumi Serpong Damai, Banten, Selasa (4/8/2015). Ya, ICE