Mudik Lebaran Momentum Pemerataan Ekonomi Masyarakat Daerah

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahwa libur Ramadan dan Lebaran menjadi momentum bagi upaya pemerataan ekonomi masyarakat di daerah yang dilewati oleh para pemudik.

“Total ada 20 juta pergerakaan orang saat mudik. Ini tentu akan menyejahterakan masyarakat di daerah,” kata Menpar Arief Yahya saat Buka Puasa bersama dan Jumpa Pers Pesona Mudik 2019 di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menpar Arief menjelaskan, saat Ramadhan otomatis terdapat jumlah penurunan wisatawan nusantara (wisnus) sekitar 50 persen. Tercatat rata-rata pergerakan wisnus perbulan 20 juta tapi saat Ramadhan turun menjadi 10 juta.

Memasuki liburan Idul Fitri jumlah pemudik diperkirakan mencapai 20 juta sehingga periode Ramadhan-Lebaran bisa terjadi pegerakan 30 juta wisnus atau naik 150 persen.

“Terjadi pergerakan uang selama Ramadhan-Lebaran diperkirakan Rp800 ribu perorang untuk sekali visit. Atau diperkirakan ada Rp200 triliun dari 20 juta pergerakan wisatawan,” kata Menpar Arief.

Terlebih perputaran uang sebanyak Itu bagus untuk pemerataan ekonomi. Menyikapi hal itu Kemenpar akan turut meramaikan fenomena mudik dan libur lebaran tahun ini dengan mengadakan program Pesona Mudik 2019.

“Sebagian besar dampaknya ke sektor pariwsata. Karena saat mudik orang-orang pasti berburu kuliner. Tempat wisata penuh. Saya prediksi 60-70 persen ke pariwisata,” kata Menpar Arief Yahya.

Program yang diluncurkan Kemenpar untuk menyambut mudik lebaran 2019 serta libur hari raya Idul Fitri 1440 H ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu Lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019, Info 10 Top Kuliner dan Top 10 Destinasi Mudik, serta Pesona Mudik 2019 Co-Branding.

“Tahun ini, Kemenpar juga mengadakan lomba untuk kaum milenial yaitu lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019. Dengan mengikuti lomba ini mereka dapat mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran,” jelas Menpar Arief.

Selain itu, tempat destinasi dan kuliner yang masuk dalam Top 10 Kuliner dan Top 10 Destinasi sendiri dipilih berdasarkan kombinasi nilai dari aplikasi TripAdvisor, Google Maps, dan Google Local Guide. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Kawasan Indonesia Timur Paling Lama GMT 2016

Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan terlihat pada 9 Maret mendatang akan terlihat paling lama di Ibukota Kabupaten Halmahera Timur, yakni Maba. Di antara durasi di kota-kota lain, Maba

Culture

Wisatawan Banyak Pilihan Moda Transportasi Saat Traveling

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Destinasi wisata yang tersebar di Indonesia memang begitu beragam. Ketika wisatawan memilih untuk pergi traveling, kini sejumlah moda transportasi siap melayani kebutuhan

Cuisine

Banten Sabet Juara Terbaik di GWBN 2017

Wisatawan Nusantara di Tanjung Lesung, Banten (Ist) Banten meraih juara 1 pada ajang Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) 2017 yang memasuki tahun ke-15 di Jakarta Convention Center (JCC).

Slideshow

Orang Asing Suka Batik Lindy Ann

Batik Lindy Ann (Ist) Sosok satu ini mengaku bangga hasil karya ikut melestarikan wastra tradisional milik negeri ini, utamanya batik diminati orang asing, khususnya dari Jerman dan Belanda. Lindy Ann

Slideshow

Selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fa Cai

Imlek (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2567 Gong Xi Fa Cai Semoga Tahun Monyet Api membawa kedamaian, kebaikan, dan keberuntungan bagi kita semua, termasuk

Festival

Wisata Museum di Yogyakarta Daya Tarik Wisatawan Asing

Wisatawan asing melihat batik (Ist) Sesungguhnya sudah sejak lama museum menjadi destinasi wisata, baik domestik maupun asing. Begitu pula wisata rekreasi maupun minat khusus. Achmad Charris Zubair, Ketua Umum Dewan