MV Volendam Angkut Turis Asing Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak

turis asing volendam

Turis asing yang ikut kapal pesiar MV Volendam (Ist)

Setelah  kunjungan terakhirnya di Surabaya awal tahun 2014 silam, Senin (14/11/2016) MV Volendam, kapal pesiar berbendera Belanda ini kembali sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 11.00 WIB.

Kapal dengan LOA (Lenght Over All) 237 meter, lebar 32,3 meter, tinggi 8,1 meter dan berat 60.906 GT dan berkapasitas 1.432 orang ini membawa 1.067 penumpang.

Kedatangan kapal pesiar tersebut disambut dengan tarian khas Jawa Timur, Jatilan, dan beberapa pasang Cak dan Ning Surabaya yang menyambut mereka dengan ramah.

’’Kapal MS Volendam secara rutin setiap tahun datang ke Pelabuhan Tanjung Perak,’’ kata Kepala Humas Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Oscar Yogi Yustiano dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Kapal yang sebelumnya berangkat dari Singapura ini telah singgah di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, dan Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang meninggalkan Surabaya pada hari yang sama pada pukul 20.00 WIB, untuk melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo.

Kemudian ke Lombok, Bali, Probolinggo dan setelah itu kembali ke Singapura. Beberapa turis melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa tour & travel, yakni Surabaya City Tour dan mengunjungi Trowulan Mojokerto.

Sementara turis yang tidak menggunakan jasa tour & travel, mereka lebih memilih untuk tetap berada di kapal atau beberapa menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara mulai dari free wifi, roof top lantai tiga dengan pemandangan pelabuhannya, booth-booth UKM (Usaha Kecil Menengah), dan pameran-pameran yang sedang diselenggarakan di Surabaya North Quay (SNQ) yang kebetulan tengah menghelat Sparkling Surabaya Tourism Fiesta 2016 pada 11-14 November lalu, bahkan ada yang lebih memilih untuk keliling Surabaya dengan taksi.

’’Kedatangan kapal pesiar semakin membuat acara di SNQ semakin semarak karena banyak turis yang datang untuk berbelanja,’’ kata pria yang akrab dipanggil Yogi ini.

Kunjungan MS. Volendam adalah kunjungan kapal pesiar kedua yang berkunjung di Pelabuhan Tanjung Perak periode tahun 2016, dan kapal ini dijadwalkan akan kembali mengunjungi Surabaya di akhir tahun, yakni 24 Desember mendatang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations
Heritage

‘Wonderful Indonesia’ Tenggelamkan Malaysia

‘Wonderful Indonesia’ (Ist) Country branding Indonesia, ‘Wonderful Indonesia’ semakin berjaya di pentas internasional lantaran mencetak prestasi membanggakan yang prestisius karena mampu menyingkirkan negeri jiran, Malaysia. Adapun Indonesia memboyong tiga kategori

Nature

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari Helicity

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Whitesky Aviation yang mengelola Helicity yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Slideshow

Pelindo III Dukung Turnamen ITF Junior Internasional Widjojo Soejono

Gala Dinner International Junior Championship ‘Widjojo Soejono-Pelindo III-MNC Group’ ke XXXV (Ist) Sedikitnya 400 petenis junior baik nasional maupun internasional yang berasal dari 16 negara tercatat mengikuti kejuaraan tenis bertajuk International

Airlines

Melepas Penat di Bandung, Menginap di Green Forest Resort

Wedding Chapel di Green Forest (Ist) Masyarakat urban yang menetap di kota-kota besar, seperti Jakarta seakan tak bisa lepas dari rutinitas sehari-hari. Tak salah jika pergi berlibur ke beragam destinasi

Tour Package

Kereta Api Pariwisata Gandeng PATA Indonesia Chapter Tingkatkan Kunjungan Wisman

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kedua dari kiri) dan President Director PT Kereta Api Pariwita Totok Suryono (kedua dari kanan) (Ist) Pemerintah diketahui tengah berupaya merealisasikan target Presiden Jokowi