MV Volendam Angkut Turis Asing Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak

turis asing volendam

Turis asing yang ikut kapal pesiar MV Volendam (Ist)

Setelah  kunjungan terakhirnya di Surabaya awal tahun 2014 silam, Senin (14/11/2016) MV Volendam, kapal pesiar berbendera Belanda ini kembali sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 11.00 WIB.

Kapal dengan LOA (Lenght Over All) 237 meter, lebar 32,3 meter, tinggi 8,1 meter dan berat 60.906 GT dan berkapasitas 1.432 orang ini membawa 1.067 penumpang.

Kedatangan kapal pesiar tersebut disambut dengan tarian khas Jawa Timur, Jatilan, dan beberapa pasang Cak dan Ning Surabaya yang menyambut mereka dengan ramah.

’’Kapal MS Volendam secara rutin setiap tahun datang ke Pelabuhan Tanjung Perak,’’ kata Kepala Humas Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Oscar Yogi Yustiano dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Kapal yang sebelumnya berangkat dari Singapura ini telah singgah di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, dan Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang meninggalkan Surabaya pada hari yang sama pada pukul 20.00 WIB, untuk melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo.

Kemudian ke Lombok, Bali, Probolinggo dan setelah itu kembali ke Singapura. Beberapa turis melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa tour & travel, yakni Surabaya City Tour dan mengunjungi Trowulan Mojokerto.

Sementara turis yang tidak menggunakan jasa tour & travel, mereka lebih memilih untuk tetap berada di kapal atau beberapa menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara mulai dari free wifi, roof top lantai tiga dengan pemandangan pelabuhannya, booth-booth UKM (Usaha Kecil Menengah), dan pameran-pameran yang sedang diselenggarakan di Surabaya North Quay (SNQ) yang kebetulan tengah menghelat Sparkling Surabaya Tourism Fiesta 2016 pada 11-14 November lalu, bahkan ada yang lebih memilih untuk keliling Surabaya dengan taksi.

’’Kedatangan kapal pesiar semakin membuat acara di SNQ semakin semarak karena banyak turis yang datang untuk berbelanja,’’ kata pria yang akrab dipanggil Yogi ini.

Kunjungan MS. Volendam adalah kunjungan kapal pesiar kedua yang berkunjung di Pelabuhan Tanjung Perak periode tahun 2016, dan kapal ini dijadwalkan akan kembali mengunjungi Surabaya di akhir tahun, yakni 24 Desember mendatang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Journey

Halimah Munawir Anwar Best Inspiration Women of The Year 2017

Halimah Munawir Anwar (kiri) (Ist) Sosok satu ini selama ini dikenal sebagai pemerhati budaya khas Nusantara. Ya, Halimah Munawir Anwar begitu akrab dengan budaya negeri ini. Ia rupanya tak segan

World Heritage

Segera ke Cirebon, Ada 10 yang Menarik di Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Cirebon di Jawa Barat memang punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan, termasuk turis asing. Destinasi yang tak terlalu jauh dari Jakarta dan Bandung ini memiliki beragam

All About Indonesia

Logo Dewan Pers Jangan Dijadikan Kartel Media Massa

Ilustrasi hoax (Ist) Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) telah menjadi bagian dari verifikasi media abal-abal, media penyebar hoax dan media buzzer. “Kami pun memantau, mengedukasi serta meyakini anggota kami

Airlines

Maskapai Penerbangan Nasional Mengkhawatirkan

Ilustrasi Batik Air (Ist) Jasa moda transportasi udara selama ini masih menjadi andalan bagi wisatawan menuju destinasi wisata yang menarik. Namun, keselamatan penerbangan tentunya menjadi prioritas. Lembaga survei penerbangan dunia, AirlineRatings.com merilis

Destinations

Herliansa Chrisnasari Puspita Serius Ikut Putri Pariwisata Indonesia 2017

Herliansa Chrisnasari Puspita (Ist) Herliansa Chrisnasari Puspita mengaku serius untuk mengikuti pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017. Ia menjelaskan, pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 akan digelar pada 12 hingga 26 Agustus

Festival

Sambut Wisman, Riau Gelar Festival Perang Air di Meranti

Festival Perang Air di Riau tahun 2016 (Ist) Atraksi memikat bakal digelar di salah satu pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) di Riau. Kegiatan ini disebut Festival Perang Air (FPA). Perhelatan