MV Volendam Angkut Turis Asing Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak

turis asing volendam

Turis asing yang ikut kapal pesiar MV Volendam (Ist)

Setelah  kunjungan terakhirnya di Surabaya awal tahun 2014 silam, Senin (14/11/2016) MV Volendam, kapal pesiar berbendera Belanda ini kembali sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 11.00 WIB.

Kapal dengan LOA (Lenght Over All) 237 meter, lebar 32,3 meter, tinggi 8,1 meter dan berat 60.906 GT dan berkapasitas 1.432 orang ini membawa 1.067 penumpang.

Kedatangan kapal pesiar tersebut disambut dengan tarian khas Jawa Timur, Jatilan, dan beberapa pasang Cak dan Ning Surabaya yang menyambut mereka dengan ramah.

’’Kapal MS Volendam secara rutin setiap tahun datang ke Pelabuhan Tanjung Perak,’’ kata Kepala Humas Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Oscar Yogi Yustiano dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Kapal yang sebelumnya berangkat dari Singapura ini telah singgah di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, dan Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang meninggalkan Surabaya pada hari yang sama pada pukul 20.00 WIB, untuk melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo.

Kemudian ke Lombok, Bali, Probolinggo dan setelah itu kembali ke Singapura. Beberapa turis melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa tour & travel, yakni Surabaya City Tour dan mengunjungi Trowulan Mojokerto.

Sementara turis yang tidak menggunakan jasa tour & travel, mereka lebih memilih untuk tetap berada di kapal atau beberapa menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara mulai dari free wifi, roof top lantai tiga dengan pemandangan pelabuhannya, booth-booth UKM (Usaha Kecil Menengah), dan pameran-pameran yang sedang diselenggarakan di Surabaya North Quay (SNQ) yang kebetulan tengah menghelat Sparkling Surabaya Tourism Fiesta 2016 pada 11-14 November lalu, bahkan ada yang lebih memilih untuk keliling Surabaya dengan taksi.

’’Kedatangan kapal pesiar semakin membuat acara di SNQ semakin semarak karena banyak turis yang datang untuk berbelanja,’’ kata pria yang akrab dipanggil Yogi ini.

Kunjungan MS. Volendam adalah kunjungan kapal pesiar kedua yang berkunjung di Pelabuhan Tanjung Perak periode tahun 2016, dan kapal ini dijadwalkan akan kembali mengunjungi Surabaya di akhir tahun, yakni 24 Desember mendatang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Berkah dari Presiden Jokowi untuk Kereta Wisata

Testimoni Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi akhirnya memilih menggunakan kereta wisata untuk perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Sukabumi, Kamis, 31 Agustus 2017 dan kembali ke Jakarta Jumat , 1

Airlines

d’Praya Lombok Hotel, Dekat ke BIL dan Pantai Kuta Lombok

  Yana (baju hitam) dan Emily dua gadis asal Melbourne, Australia ketika menginap di d’Praya Lombok Hotel didampingi LA Hadi Faishal, General Manager d’Praya Lombok Hotel (berdiri) (Ist) Lombok di Nusa

Destinations

Sea View di Hotel Neo Cirebon

Hotel Manager Hotel Neo Cirebon Eko Pradipto P (Ist) Keberadaan Cirebon semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Wali ini. Dan, itu direspons manajemen Archipelago International membangun hotel yang

Destinations

Jangan Ragu Traveling di Indonesia

Dody Johanjaya (kiri) Masyarakat negeri ini diajak traveling keliling Indonesia, termasuk ke kawasan Indonesia timur sebab Nusantara ini begitu indah dengan beragam destinasi wisata tersebar di Tanah Air. Ya, jika

Heritage

Banyuwangi Masuk 10 Besar Kabupaten Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur dianugerahkan menjadi kota terbaik pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta

Airlines

2018, Bakal Ada Beach Flight dari Helicity

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) PT Whitesky Aviation pada tahun ini akan terus mengembangkan layanan untuk meningkatkan kualitas