MV Volendam Angkut Turis Asing Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak

turis asing volendam

Turis asing yang ikut kapal pesiar MV Volendam (Ist)

Setelah  kunjungan terakhirnya di Surabaya awal tahun 2014 silam, Senin (14/11/2016) MV Volendam, kapal pesiar berbendera Belanda ini kembali sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 11.00 WIB.

Kapal dengan LOA (Lenght Over All) 237 meter, lebar 32,3 meter, tinggi 8,1 meter dan berat 60.906 GT dan berkapasitas 1.432 orang ini membawa 1.067 penumpang.

Kedatangan kapal pesiar tersebut disambut dengan tarian khas Jawa Timur, Jatilan, dan beberapa pasang Cak dan Ning Surabaya yang menyambut mereka dengan ramah.

’’Kapal MS Volendam secara rutin setiap tahun datang ke Pelabuhan Tanjung Perak,’’ kata Kepala Humas Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Oscar Yogi Yustiano dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Kapal yang sebelumnya berangkat dari Singapura ini telah singgah di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, dan Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang meninggalkan Surabaya pada hari yang sama pada pukul 20.00 WIB, untuk melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo.

Kemudian ke Lombok, Bali, Probolinggo dan setelah itu kembali ke Singapura. Beberapa turis melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa tour & travel, yakni Surabaya City Tour dan mengunjungi Trowulan Mojokerto.

Sementara turis yang tidak menggunakan jasa tour & travel, mereka lebih memilih untuk tetap berada di kapal atau beberapa menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara mulai dari free wifi, roof top lantai tiga dengan pemandangan pelabuhannya, booth-booth UKM (Usaha Kecil Menengah), dan pameran-pameran yang sedang diselenggarakan di Surabaya North Quay (SNQ) yang kebetulan tengah menghelat Sparkling Surabaya Tourism Fiesta 2016 pada 11-14 November lalu, bahkan ada yang lebih memilih untuk keliling Surabaya dengan taksi.

’’Kedatangan kapal pesiar semakin membuat acara di SNQ semakin semarak karena banyak turis yang datang untuk berbelanja,’’ kata pria yang akrab dipanggil Yogi ini.

Kunjungan MS. Volendam adalah kunjungan kapal pesiar kedua yang berkunjung di Pelabuhan Tanjung Perak periode tahun 2016, dan kapal ini dijadwalkan akan kembali mengunjungi Surabaya di akhir tahun, yakni 24 Desember mendatang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Kemenpar Dorong Pembangunan 100 Destinasi Digital dan 10 Nomadic Tourism

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menutup Rakornas Pariwisata I Tahun 2018, Jumat 23 Maret 2018 di Bali Nusa Dua Convention Centre. Selama dua hari, yakni 22

Slideshow

Pelindo III Goes to Campus

Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar program Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (26/8/2016)

Tourism

Mengenang Pesawat T50i Golden Eagle di Lombok

LA Hadi Faishal (kiri) (Ist) Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal mengaku bersedih dan mengucapkan turut berduka cita terhadap musibah kecelakaan pesawat tempur T50i Golden Eagle di Daerah Istimewa

Investments

Bedah Buku Crazy Marketing Dorong Pelindo III Berpikir Out of The Box

Dirut PT Pelindo III Ari Akshara (kemeja putih) (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III menyelenggarakan kegiatan bedah buku berjudul D’Gil! Marketing Think Like There Is No Box. Buku yang ditulis Ahmad

Cuisine

Irma Sustika, Woman Traveler yang Begitu Mencintai Destinasi Wisata Indonesia

Irma Sustika (Ist) Sosok satu ini dikenal begitu aktif dalam pemberdayaan ekonomi perempuan Indonesia sehingga Irma Sustika, CEO and Founder Womanpreneur Community (WPC) memunyai kesempatan untuk mengunjungi beragam destinasi wisata

Slideshow

Kembangkan Taman Nasional Merauke untuk Menarik Turis Asing

Daya tarik Merauke di Bumi Cendrawasih memang tidak sedikit. Begitu banyak potensi wisata yang bisa digali sehingga mengundang minat wisatawan, baik dalam maupun luar negeri untuk datang ke Merauke menikmati