Nikmatnya Mie Celor 26 Ilir Palembang

mie celor palembang

Mie Celor 26 Ilir Palembang (Ist)

Kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan ternyata beragam. Tak hanya sebatas pempek yang sudah begitu terkenal, namun masih ada yang lain, yakni Mie Celor 26 Ilir Palembang.

Berlibur ke Ibukota Sumatera Selatan ini dan menikmati makanan khas berupa pempek dengan segala variannya merupakan hal yang biasa.

Sesekali tak salah jika tengah berkunjung ke Palembang untuk mencoba kuliner favorit khas Palembang lainnya yang tidak kalah nikmat, yaitu mie celor.

patainanews.com pada akhir pekan lalu sempat mencoba. Bukan hanya orang Palembang yang tinggal di Palembang saja yang menggemari mie celor, namun juga orang Palembang di perantauan.

Banyak diantara mereka yang minta dibawakan mie celor jika ada sanak saudaranya yang kebetulan mudik. Bahkan ketika mereka sendiri mudik, kunjungan ke mie celor seolah menjadi kunjungan wajib.

Adapun mie celor adalah hidangan mie yang disajikan hangat dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), ditambah taoge dan irisan telur rebus, serta ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Kenapa disebut dengan nama mie celor? Karena sebelum disajikan, mie dan tauge terlebih dahulu dicelor atau dicelup-celup alias direndam di air mendidih.

Di atas meja ketika dihidangkan, selain porsinya yang terlihat besar, tampilan mie celor terlihat sederhana, tidak berbeda dengan mie rebus.

Tapi begitu mulai memasukkan sendok ke kuah mie celor, sensansinya segera terasa. Di dalam piring terlihat mie seukuran mie spaghetti berwarna kuning dalam genangan kuah kental hangat yang juga berwarna kuning dan diselimuti tauge rebus serta ditaburi potongan bawang merah dan seledri.

Disamping itu terdapat pula potongan telur rebus yang menyelinap di antara buliran mie. Nikmatnya mie celor langsung terasa sejak detik pertama mie dan kuah menempel di ujung lidah.

Kuahnya yang kental dan gurihnya yang berpadu dengan mie membuat lidah tak henti mengecap. Kenikmatan terus berlanjut saat membenamkan sendok ke kuah dan menemukan potongan-potongan otak udang yang terdapat didalamnya.

Potongan-potongan otak udang yang diambil dari udang satang (udang yang berukuran besar) dan dimasak bersama kuah di atas kompor yang tidak terlalu panas langsung memuntahkan aroma udang yang menusuk hidung.

Rupanya dari sinilah asal usul aroma khas mie celor yang membuat pengunjung tidak sabar lagi untuk segera menuntaskannya. Banyak pembeli berasal dari luar kota dan luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Naga Lampion Terpanjang di Singkawang

Perayaan Imlek di Singkawang dengan pawai naga lampion terpanjang sebagai primadonanya (Ist) Pesona Indonesia tak pernah berhenti memancarkan atraksi kepariwisataannya. Setelah menampilkan Naga Batik terpanjang se-Asia di Pekan Budaya Tionghoa

World Heritage

GFNY, Lombok Destinasi Sport Tourism Kelas Dunia

Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia 2017 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan selamat atas sukses Ajang Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia 2017 di

Hotel

Sudah Saatnya Menteri Pariwisata Mengembangkan Wisata Kopi Indonesia

Ilustrasi Kopi Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dinilai sudah saatnya memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan wisata kopi di Tanah Air lantaran kopi khas Indonesia semakin banyak diminati wisatawan mancanegara

Hotel

Kampung Lawas Maspati Lestarikan Kearifan Lokal

Wisatawan berkunjung di Kampung Lawas Maspati (Ist) Budaya Indonesia adalah kunci mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika sehingga budaya lokal harus dilestarikan. Dan, itu telah dilakukan Kampung Lawas Maspati yang terletak di

SightSeeing

Ke Cirebon, Menginap di Hotel Neo Samadikun Terbaik TripAdvisor

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Cirebon di Jawa Barat ternyata tak kalah menarik dengan destinasi lainnya di Indonesia. Bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Cirebon tak perlu menunggu lama ketika musim

Tour Package

BPPD Soppeng Gencar Promosikan Pariwisata Soppeng

Kelelawar di langit biru Soppeng (Ist) Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Soppeng diketahui tengah gencar mempromosikan beragam potensi pariwisata yang ada di kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan itu.