Nikmatnya Mie Celor 26 Ilir Palembang

mie celor palembang

Mie Celor 26 Ilir Palembang (Ist)

Kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan ternyata beragam. Tak hanya sebatas pempek yang sudah begitu terkenal, namun masih ada yang lain, yakni Mie Celor 26 Ilir Palembang.

Berlibur ke Ibukota Sumatera Selatan ini dan menikmati makanan khas berupa pempek dengan segala variannya merupakan hal yang biasa.

Sesekali tak salah jika tengah berkunjung ke Palembang untuk mencoba kuliner favorit khas Palembang lainnya yang tidak kalah nikmat, yaitu mie celor.

patainanews.com pada akhir pekan lalu sempat mencoba. Bukan hanya orang Palembang yang tinggal di Palembang saja yang menggemari mie celor, namun juga orang Palembang di perantauan.

Banyak diantara mereka yang minta dibawakan mie celor jika ada sanak saudaranya yang kebetulan mudik. Bahkan ketika mereka sendiri mudik, kunjungan ke mie celor seolah menjadi kunjungan wajib.

Adapun mie celor adalah hidangan mie yang disajikan hangat dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), ditambah taoge dan irisan telur rebus, serta ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Kenapa disebut dengan nama mie celor? Karena sebelum disajikan, mie dan tauge terlebih dahulu dicelor atau dicelup-celup alias direndam di air mendidih.

Di atas meja ketika dihidangkan, selain porsinya yang terlihat besar, tampilan mie celor terlihat sederhana, tidak berbeda dengan mie rebus.

Tapi begitu mulai memasukkan sendok ke kuah mie celor, sensansinya segera terasa. Di dalam piring terlihat mie seukuran mie spaghetti berwarna kuning dalam genangan kuah kental hangat yang juga berwarna kuning dan diselimuti tauge rebus serta ditaburi potongan bawang merah dan seledri.

Disamping itu terdapat pula potongan telur rebus yang menyelinap di antara buliran mie. Nikmatnya mie celor langsung terasa sejak detik pertama mie dan kuah menempel di ujung lidah.

Kuahnya yang kental dan gurihnya yang berpadu dengan mie membuat lidah tak henti mengecap. Kenikmatan terus berlanjut saat membenamkan sendok ke kuah dan menemukan potongan-potongan otak udang yang terdapat didalamnya.

Potongan-potongan otak udang yang diambil dari udang satang (udang yang berukuran besar) dan dimasak bersama kuah di atas kompor yang tidak terlalu panas langsung memuntahkan aroma udang yang menusuk hidung.

Rupanya dari sinilah asal usul aroma khas mie celor yang membuat pengunjung tidak sabar lagi untuk segera menuntaskannya. Banyak pembeli berasal dari luar kota dan luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Wae Rebo, Destinasi Wisata Impian Claudia Ingkiriwang

Claudia Ingkiriwang (Ist) Claudia Ingkiriwang ternyata seorang woman traveler. Disela-sela kesibukannya mengembangkan Jungleland, ternyata Claudia masih punya untuk traveling. Perempuan berparas cantik ini mengaku suka traveling ke beragam destinasi wisata

World Heritage

Menteri Pariwisata Bangga Presiden ke Danau Toba

Presiden Jokowi berada di atas mobil hias bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) saat melakukan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dari Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016).

Indonesiaku

‘Hidden Treasure of Art Deco: Sejarah Gedung Olveh Karya Firma Schoemaker dan Tantangan Revitalisasi’

‘Hidden Treasure of Art Deco: Sejarah Gedung Olveh Karya Firma Schoemaker dan Tantangan Revitalisasi’ (Ist) ‘Hidden Treasure of Art Deco: Sejarah Gedung Olveh Karya Firma Schoemaker dan Tantangan Revitalisasi’ yang

Travel Operator

Investor China Komitmen Gelontori Destinasi Morotai Rp130 Triliun

Launching Calendar Of Events Wonderful Morotai Iskandar Festival 2017 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta.(21/4/2017) (Ist) Destinasi Morotai menggeliat sehingga investor-investor besar mulai melirik potensi tempat

Travel Operator

Pelari 24 Negara Terabas Medan Ekstrim Rinjani

Event Rinjani 100 (Ist) Wisatawan yang punya hobi lari dan senang petualangan tentunya suka dengan kegiataan sport tourism. Jangan sampai lewatkan acara tahunan event Rinjani 100 di Gunung Rinjani pada

Cuisine

Kembangkan Travel Tech, ITX Kerja Sama dengan Pigijo Bangun Pariwisata berbasis Ekosistem Lokal

Claudia Ingkiriwang, CEO pigijo.com, Group Head Media Digital Exploration MDD Ery Putra dan CEO ITX Jeami Gumilarsjah (Ist) ITX (Indonesia Tourism Exchange) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Pigijo,