Nongsa Regatta 2019 Sukses

Nongsa Regatta 2019 sukses digelar di kawasan Nongsa Point Marina, Batam, Kepulauan Riau (Ist)

Nongsa Regatta 2019 sukses digelar di kawasan Nongsa Point Marina, Batam, Kepulauan Riau pada 25 hingga 27 Januari 2019. Event sport tourism ini diikuti 200 peserta yang tergabung dalam 15 yacht, 20 optimist & laser juga 10 radio control.

Selain domestik, mereka berasal dari Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Australia, dan Belanda. Kesiapan infrastruktur dan kondisi alam di Batam menjadi salah satu faktor kesuksesan event yang sudah keempat kali diselenggarakan.

Hal tersebut lantaran lokasi perlombaannya merupakan marina pertama di Indonesia yang mencapai akreditasi Global Gold Anchor. Dengan peringkat 5 Jangkar Emas, predikat tersebut diberikan oleh Asosiasi Industri Marina yang mengelola skema akreditasi di wilayah Asia Pasifik.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Kementerian Pariwisata Indroyono Soesilo menyambut gembira hadirnya peserta lokal. Dia mengatakan, potensi Nongsa Regatta harus dioptimalkan dari tahun ke tahun. “Kami menyambut gembira kehadiran peserta lokal. Meski jumlahnya baru 2 tim tapi ini sangat bagus sebagai awalan. Kedepannya harus ada atlet SEA Games dan Asian Games ikut bergabung. Kami akan upayakan di tahun depan,” ungkap Indroyono, di Jakarta, Senin (28/1/2019).

Sementara Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, keuntungan jangka panjang akan dinikmati oleh venue penyelenggara event. Dengan naiknya branding akan menambah besar potensi kunjungan wisatawan.

“Respons positif akan diberikan oleh peserta karena event ini dikemas luar biasa. Para peserta benar-benar menyalurkan semua adrenalinnya,” kata Dessy dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (28/1/2019).

Nongsa Regatta 2019 memberikan ruang lebar bagi peserta untuk mengeksplorasi keindahan laut Batam dan Kepulauan Riau. Selain berlayar menuju pulau terdekat Batam, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas. Ada memancing, menyelam, atau snorkling.

“Melalui Nongsa Regatta 2019, branding pariwisata di Batam dan Kepulauan Riau tentu sangat terbantu. Peserta ini sangat efektif untuk menaikan promosi pariwisata. Dengan dilakukan masif, efektivitas dari gemanya pasti lebih tepat sasaran. Artinya arus kunjungan wisman akan positif,” ujar Dessy.

Kota Batam memang menjadi gerbang besar wisman menuju Kepulauan Riau. Batam jadi penyuplai 1,65 Juta wisman direntang Januari-November 2018. Atau menyumbang 71,42% dari total 2,3 juta arus kunjungan wisman di Kepri. Dari jumlah itu, wisatawan asal Singapura mendominasi dengan 1,12 juta wisatawan. Malaysia ada di grid ke-2 dengan 273,37 ribu orang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Tradisi Unik Masyarakat Biak Papua Daya Tarik Festival Muara Wampasi 2019

Festival Muara Wampasi 2019 (Ist) Tradisi unik masyarakat di Kepulauan Biak, Papua, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dalam Festival Biak Muara Wampasi VII di Kepulauan Biak, Papua

Cuisine

Batik Betawi Pesisir Hadir di Betawi On Stage

Betawi On Stage (Ist) Dewan Perwakilan Daerah Badan Musyawarah Betawi (DPD BAMUS BETAWI ) Kota Jakarta Utara akan menggelar Betawi On Stage (BOS) di kawasan Waduk Rawa Badak Selatan Koja,

SightSeeing

Kota Budaya, Daya Tarik Turis Asing ke Yogyakarta

Lusi Evie Marya Predikat kota budaya yang diberikan pada Yogyakarta mengacu pada keberadaan Keraton Yogyakarta yang dipandang sebagai pusat kebudayaan Jawa dan menjadi tujuan wisata dari turis asing dari berbagai

Travel Operator

Suara 1.000 Angklung Mengetuk Pintu Pasar Wisman Jepang

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat membuka pagelaran Indonesia Week Osaka 2016 di Umeda Sky Building, Osaka, Jepang (Ist) Pasar pariwisata di kawasan Asia Pasifik memang menjanjikan bagi pariwisata Indonesi sebab

Slideshow

Indonesia Menuju Pusat Wisata Halal Dunia

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Prof I Gde Pitana (kedua dari kiri) (Ist) Indonesia potensial menjadi pusat wisata halal dunia karena mayoritas penduduknya beragama Islam dengan sarana destinasi

Slideshow

Budaya Menyatukan Perbedaan

Berita Foto: Beberapa rangkaian event Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 bertempat di Balige Tobasa. Karnaval dengan tema ‘Budaya menyatukan Perbedaan’ dibuka secara resmi Presiden Jokowi dari Lapangan Utama Soposurung-Balige Kabupaten