NTB Gelar Lombok-Sumbawa 2017

bu Esthy dan lombok

Pemukulan gendang Beleq oleh Esthy Reko Astuti, Deputi BP3N (tengah) sebagai tanda resmi peluncuran Calender of Event Lombok Sumbawa 2017 di Jakarta, Kamis (15/12/2016) (Ist)

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (DBP3N Kemenpar) Esthy Reko Astuty bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal me-launching Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kemenpar, Kamis (15/12/2016).

Peluncuran kalender event pariwisata tersebut sebagai upaya mempromosikan dan meningkatkan kunjungan serta lama tinggal wisatawan ke NTB yang pada 2017 mendatang menargetkan 4 juta kunjungan wisatawan sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mencapai target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 265 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2017.

Deputi BP3N Kemenpar Esthy Reko Astuty memberikan apresiasi peluncuran Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017 sebagai sarana mempromosikan potensi pariwisata NTB yang belakangan ini semakin mendunia dengan diperolehnya penghargaan pada tahun 2015 lalu sebagai World’s Best Halal Tourism Destination dan The World’s Best Halal Honeymoon Destination dan tahun ini sebagai World’s Best Halal Beach Resort (Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok), World’s Best Halal Tourism Website (www.wonderfullomboksumbawa.com), dan World’s Best Halal Honeymoon Destination (Sembalun Village Region, Lombok).

“NTB memiliki Mandalika sebagai kawasan resort kelas dunia yang ditetapkan sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas atau ‘Bali Baru’ yang akan menarik kunjungan wisman dan wisnus. Dengan diluncurkannya kalender event pariwisata Lombok-Sumbawa 2017 merupakan upaya untuk mempromosikan destinasi Mandalika,” kata Esthy Reko Astuty dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (15/12/2016).

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB Lalu Mohammad Faozal mengatakan, Lombok Sumbawa memiliki daya tarik wisata yang bertumpu pada budaya (culture), alam (nature), dan buatan (man made). “Semua potensi pariwisata ini akan ditampilkan dalam berbagai event menarik selama satu tahun atau sebagai calender event.

“Tahun 2017 kita akan menampilkan 22 even pariwisata. Event unggulan ini tersebar di 10 kabupaten dan kota NTB,” kata Mohammad Faozal. Lebih lanjut Mohammad Faozal menjelaskan, potensi alam (nature) NTB berupa keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, beraneka ragam hayati, serta potensi budaya (culture) menempatkan pariwisata NTB memiliki daya saing kuat.

“Lombok-Sumbawa memiliki kekayaan budaya yang unik dan heterogen, berupa suku, bahasa, tradisi dan adat istiadat seperti Bali, Sasak, Samawa dan Mbojo. Kekayaan budaya ini kita tampilkan dalam event-event menarik,” kata Mohammad Faozal.

Sejumlah event pariwisata unggulan yang digelar di Lombok-Sumbawa pada 2017 antara lain Lombok Sumbawa Great Sale (1 Januari-30 Januari); Pesta Rakyat Bau Nyale (Februari); Festival Pesona Lawata, Festival Pesona Tambora (11-19 April), Lombok Sumbawa Pearl Festival (10-12 Juni), Bulan Pesona Lombok Sumbawa (18 Agustus-16 September), Festival Pesona Mentaram (21-23 Agustus), Festival Pesona Senggigi (16 September-19 September), Mandalika Tour D`Lombok (22-23 September), Festival Pesona Lakey, Festival Pesona Gili Indah (5-6 November), International Halal Travel Fair, dan Rinjani Golf Tournament (10 Desember).

Acara launching calender of event Lombok-Sumbawa 2017 dihadiri pejabat di lingkungan Kemenpar, DPR dari Dapil NTB, tokoh masyarakat NTB, bupati dan walikota se-NTB, industri pariwisata, serta masyarakat NTB di Jabodetabek.

Pada kesempatan tersebut para pelaku bisnis (industri) pariwisata NTB menggelar table top dengan industri pariwisata DKI Jakarta. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Memotret Indonesia lewat Museum

JJI di Museum Wayang (Ist) Mentari pagi menyambut kedatangan komunitas Jalan Jalan Indonesia (JJI) di kawasan Kota Tua Jakarta. Bangunan Museum Fatahillah tampak kokoh di tengah begitu ramainya wisatawan Nusantara

Airlines

Kemenpar Dukung Promosi GMT 2016 di Palu

Jembatan ‘Kuning’ Ponulele di Palu (Ist) Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberikan dukungan dalam bentuk promosi gerhana matahari total (GMT) 2016 mendatang di Palu, Sulawesi Tengah. “Kementerian Pariwisata mendukung

Cuisine

Yogyakarta bukan Hanya Malioboro

Menikmati Kalibiru (Ist) Yogyakarta bukan hanya Malioboro, Pantai Parangtritis, maupun Candi Prambanan. Menyaksikan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut pada pagi hari dan pemandangan mentari yang terbenam di barat saat senja

Airlines

Saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung

Berita Foto: Wisatawan banyak yang belum mengetahui sejarah Tanjung Lesung di Banten. Ya, saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung di Tanjung Lesung Resorts, Sabtu (29/4/2017). Pastikan Anda memeroleh tiket untuk menonton

All About Indonesia

Ayi Putri Tjakrawedana Mengajar Menulis Indonesia-AS

Pelatihan menulis terbuka untuk publik dibuat oleh Ayi Putri Tjakrawedana dalam GESS (Global Educational Supplies and Solutions) 2016 yang dilanjutkan pelatihan menulis online bagi yang bergabung dalam kelasnya (Ist) Pelatihan

Travel Operator

Mengajak Turis Singapura Melihat Kampung di Indonesia

Launch Party Kementerian Pariwisata dan AirAsia di Pondok Gurame, Singapura, Kamis (11/8/2016) (Ist) Kemana saja anak-anak muda Singapura suka jalan-jalan? Apa mereka tidak bosan setiap hari di kota dengan suasana