Oktober Jalan-Jalan ke Soppeng Lihat Bunda Maria Pieta

patung pieta

Ilustrasi Patung Bunda Maria Pieta (Ist)

Tak terasa akhir tahun semakin dekat. Dan, destinasi wisata di Indonesia yang harus diakui memang beragam akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya bisa melihat dari dekat destinasi dan budaya yang ada di Indonesia, traveler pun bisa melakukan wisata religi.

Ya, wisatawan bisa juga menikmati wisata religi, seperti ziarah ke Patung Bunda Maria Pieta di Soppeng di Sulawesi Selatan. Adapun setiap Mei diperingati sebagai bulan Maria dan Oktober sebagai bulan Rosario bagi umat Katolik.

Untuk sekadar diketahui, dari Makassar perjalanan darat sekitar empat jam ke Soppeng. Menariknya bagi umat Katolik, patung Bunda Maria Pieta yang ada di Soppeng kabarnya berasal dari Vatikan, pusat umat Katolik. Hal tersebut dikatakan Pastor Imanuel Asi’, Pr ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (28/9/2016).

“Adanya Patung Bunda Maria Pieta di Soppeng membuat banyak umat Katolik datang ziarah ke Soppeng untuk berdoa, khususnya setiap bulan Mei,” katanya. Ia menjelaskan, Patung Bunda Maria Pieta mengisahkan sosok Bunda Maria yang memangku jenazah Tuhan Yesus Kristus yang telah mati disalib.

Kendati demikian, lanjutnya, ada juga umat Katolik yang datang saat bulan Oktober. Pastor Imanuel mengatakan, sesekali ada juga wisatawan asing, seperti dari Belanda yang datang untuk melihat Patung Bunda Maria Pieta di Soppeng.

“Ziarah juga untuk mengingat perintis ziarah Bunda Maria Pieta Soppeng, yaitu Pastor Leo Blot, CICM (Alm) dan merenungkan kembali jejak-jejak sejarah Gereja Katolik Paroki Santa Perawan Maria Bunda Pengharapan Suci Soppeng yang didalamnya meliputi sejarah ziarah Bunda Maria Pieta Soppeng,” paparnya.

Ia mengatakan, ziarah Patung Bunda Maria Pieta selama ini sudah mendapat perhatian khusus dari pemerintah kabupaten Soppeng sebab ketika banyak umat Katolik kwe Soppeng, maka tempat penginapan di Soppeng penuh sehingga memberikan kontribusi untuk pendapatan daerah Soppeng dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Soppeng dan mengarah menciptakan kesejahteraan warga Soppeng.

“Dinas Pariwisata Soppeng memberikan perhatian terhadap Patung Bunda Maria Pieta Soppeng karena selepas ziarah, maka orang Katolik yang datang ke Soppeng juga bisa berkunjung ke destinasi lainnya, seperti Vila Yuliana, dan Danau Tempe,” paparnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Wisman Menikmati Ikut Nelayan Tradisional Naik Sampan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (Ist) Kendati sudah terkenal di dunia, wisata bahari di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak melulu Gili Trawangan.

Indonesiaku

Membangun Indonesia dengan Semangat Pancasila

Konferensi Studi Nasional (KSN) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) yang mengusung tema ‘Radikalisme dan Kesenjangan Sosial dalam Dimensi Pembangunan Nasional’, Sabtu, (30/9/2017) di aula hotel Clarion Makassar, Sulawesi Selatan

Cuisine

TWC Siapkan 20 Homestay di Setiap Desa Borobudur

Candi Borobudur (Ist) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) sebagai pengelola kawasan Borobudur benar-benar serius dalam mendukung program pariwisata. Salah satunya dengan membangun homestay di setiap desa yang

Culture

Menemukan Indonesia di ICE

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Sebagai venue

Nature

Budaya Betawi Dipromosikan di Rusia

Berita Foto: Istri Wakil Gubernur DKI Jakarta Nur Asia datang ke stan DPP IWAPI DKI Jakarta di Moskow, Rusia ketika ikut pameran Festival Indonesia ketiga di Moskow, Rusia (Ist) Berita Foto:

Hotel

Rhino Cross Triathlon 2018 Resmi Diluncurkan

Peluncuran Rhino Cross Triathlon 2018 di Tanjung Lesung (Ist) Ajang kejuaraan terbuka cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan