Oktober Jalan-Jalan ke Soppeng Lihat Bunda Maria Pieta

patung pieta

Ilustrasi Patung Bunda Maria Pieta (Ist)

Tak terasa akhir tahun semakin dekat. Dan, destinasi wisata di Indonesia yang harus diakui memang beragam akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya bisa melihat dari dekat destinasi dan budaya yang ada di Indonesia, traveler pun bisa melakukan wisata religi.

Ya, wisatawan bisa juga menikmati wisata religi, seperti ziarah ke Patung Bunda Maria Pieta di Soppeng di Sulawesi Selatan. Adapun setiap Mei diperingati sebagai bulan Maria dan Oktober sebagai bulan Rosario bagi umat Katolik.

Untuk sekadar diketahui, dari Makassar perjalanan darat sekitar empat jam ke Soppeng. Menariknya bagi umat Katolik, patung Bunda Maria Pieta yang ada di Soppeng kabarnya berasal dari Vatikan, pusat umat Katolik. Hal tersebut dikatakan Pastor Imanuel Asi’, Pr ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (28/9/2016).

“Adanya Patung Bunda Maria Pieta di Soppeng membuat banyak umat Katolik datang ziarah ke Soppeng untuk berdoa, khususnya setiap bulan Mei,” katanya. Ia menjelaskan, Patung Bunda Maria Pieta mengisahkan sosok Bunda Maria yang memangku jenazah Tuhan Yesus Kristus yang telah mati disalib.

Kendati demikian, lanjutnya, ada juga umat Katolik yang datang saat bulan Oktober. Pastor Imanuel mengatakan, sesekali ada juga wisatawan asing, seperti dari Belanda yang datang untuk melihat Patung Bunda Maria Pieta di Soppeng.

“Ziarah juga untuk mengingat perintis ziarah Bunda Maria Pieta Soppeng, yaitu Pastor Leo Blot, CICM (Alm) dan merenungkan kembali jejak-jejak sejarah Gereja Katolik Paroki Santa Perawan Maria Bunda Pengharapan Suci Soppeng yang didalamnya meliputi sejarah ziarah Bunda Maria Pieta Soppeng,” paparnya.

Ia mengatakan, ziarah Patung Bunda Maria Pieta selama ini sudah mendapat perhatian khusus dari pemerintah kabupaten Soppeng sebab ketika banyak umat Katolik kwe Soppeng, maka tempat penginapan di Soppeng penuh sehingga memberikan kontribusi untuk pendapatan daerah Soppeng dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Soppeng dan mengarah menciptakan kesejahteraan warga Soppeng.

“Dinas Pariwisata Soppeng memberikan perhatian terhadap Patung Bunda Maria Pieta Soppeng karena selepas ziarah, maka orang Katolik yang datang ke Soppeng juga bisa berkunjung ke destinasi lainnya, seperti Vila Yuliana, dan Danau Tempe,” paparnya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

World Heritage

Kenapa Harus Ikut PATA Travel Mart 2016?

PATA Travel Mart 2016 (Ist) PATA Travel Mart 2016 sudah didepan mata. Kenapa harus ikut PATA Travel Mart 2016? Temukan jawabannya di https://www.youtube.com/watch?v=EHgSRZUDTrY (Gabriel Bobby)  

World Heritage

Pemerintah Perlu Dukung Imelda Budiman

Imelda Budiman (Ist) Pemerintah diharapkan mau mendukung kegiatan Mrs Indonesia World Imelda Budiman lantaran ia dikenal selama ini telah aktif mengenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri, khususnya di

Tour Package

Masyarakat Kepulauan Seribu Mulai Nikmati Kapal Perintis

Kapal yang ada di Kepulauan Seribu Masyarakat di Kepulauan Seribu tidak lama lagi akan menikmati layanan kapal perintis. Kapal KM Sabuk Nusantara 46 dengan tipe 200 Deadweight Tonnage (DWT) yang dioperasikan oleh

Hotel

Pemerintah Perlu Promosi Wisata di Pulau Kecil

ITOP di PATA Travel Mart 2016 Indonesia terbentang mulai dari kawasan timur negeri ini hingga wilayah barat. Begitu banyak destinasi wisata di Nusantara yang tersebar di pulau besar dan pulau

Nature

Turis Belanda Suka ke Air Terjun Batu Betiang

Rombongan wartawan dari Jakarta yang meliput International Musi Triboatton 2016 berhasil mencapai Air Terjun Batu Betiang di Empat Lawang (Ist) Sumatera Selatan (Sumsel) rupanya tak bisa dipungkiri kaya akan pesona

Cuisine

2019, Sascha Poespo Punya Galeri di Bali

Tim Metcalf, Creative Director TimiSachi (berdiri) dan Sascha Poespo, seorang Fashion Creator (Ist) Sascha Poespo, orang Indonesia yang menetap di Australia akan mengupayakan FashionArt Show diadakan rutin setiap tahun.Sascha Poespo, orang