Panorama Gandeng Perusahaan Travel Terbesar di Dunia

turis jepang ke bali

Turis Jepang di Indonesia (Ist)

PT Panorama Sentrawisata Tbk telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Japan Travel Bureau/JTB Corporation (JTB), salah satu perusahaaan travel terbesar di dunia untuk melepas saham minoritas pada anak usaha di pilar travel & leisure, PT Panorama Tours Indonesia (PTI) atau lebih dikenal dengan Panorama Tours yang memiliki lebih dari 53 outlet yang tersebar di 24 kota di Indonesia dan memegang operasi dibawah merek Panorama Tours, Panorama World, Orange Incentive House, Turez.id,  Go Holidays, Smart Holidays, JTravl, Travelicious.co.id, serta joint venture dengan Carlson Wagonlit Travel yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan Chan Brothers Travel yang berkantor pusat di Singapura. 

PTI adalah perusahaan travel and leisure terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai macam produk wisata dalam negeri dan luar negeri untuk konsumen ritel dan korporasi.

JTB Corporation yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang adalah salah satu perusahaan travel terbesar dan tertua di dunia yang kini mengoperasikan 520 kantor di 101 kota yang tersebar di 37 negara dengan lebih dari 26.600 staf, yang membukukan pendapatan tahunan sebesar 13,4 miliar USD di tahun 2015.

Pemegang saham JTB terdiri dari perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga terkemuka, antara lain Japan Travel Bureau Foundation, East Japan Railway Company, Central Japan Railway Company, West Japan Railway Company, Hokkaido Railway Company, The Bank of Tokyo -Mitsubishi UFJ,  Mizuho Corporate Bank, Sumitomo Mitsui Banking Corporation, Japan Airlines dan All Nippon Airways. 

Beberapa diantaranya tercatat dalam Fortune Global 500. JTB telah memperluas bisnisnya di Asia dengan meluncurkan toko baru, mendirikan joint venture dan mengakuisisi perusahaan-perusahaan di Asia untuk mempercepat pertumbuhannya dan menjadi travel agent nomor 1 di Asia.

Selain mengakuisisi saham PTI dari PANR, JTB juga telah menandatangani perjanjian dengan pemegang saham minoritas lainnya dari PTI untuk akuisisi saham yang dimiliki oleh PTI, yang secara total akan memberikan JTB 40% kepemilikan di PT Panorama Tours Indonesia, sedangkan PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) masih tetap sebagai stakeholder mayoritas dengan mempertahankan 60% kepemilikan di PT Panorama Tours Indonesia.

Ini adalah langkah terbaru PANR dalam memperkuat strategi untuk menjadi perusahaan pariwisata regional terkemuka, seperti yang dinyatakan dalam Misi dan Visi 2020, serta menjadi kebanggaan Indonesia.

Kemitraan baru antara PANR dan JTB tidak hanya akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan Panorama Tours untuk memperluas pasar domestik baik untuk perjalanan bisnis maupun liburan tapi juga untuk meningkatkan potensi kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia melalui jaringan dan saluran distribusi dari ratusan perusahaan multinasional Jepang yang beroperasi di Indonesia dengan ribuan pekerja asing yang tinggal di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan kerja sama pertumbuhan ekonomi antara Indonesia-Jepang dan pertumbuhan investasi Jepang yang kuat di Indonesia.

Kedepannya, nama dagang dari Panorama Tours akan berubah menjadi Panorama JTB Tours, dan selama 5 tahun ke depan, kemitraan baru ini menargetkan pertumbuhan sebesar 300% dengan dukungan teknologi digital dan saluran distribusi tambahan baik offline dan online.

“Ini adalah suatu kehormatan bagi kami untuk bisa bermitra dengan JTB Corporation, salah satu perusahaan terbaik dunia yang memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun di industri pariwisata, dan kami sangat optimis bahwa kerja sama ini akan meningkatkan kualitas pelayanan Indonesia menjadi standar kelas dunia dan dengan begitu kita dapat memperluas pasar serta jaringan kami di seluruh dunia,” papar Budi Tirtawisata, Direktur Utama PT Panorama Sentrawisata Tbk dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (1/2/2017).

“Kami percaya bahwa kemitraan dengan Panorama melalui ‘Panorama JTB Tours’ akan membawa dampak positif bagi perkembangan ‘bisnis global’ kami karena kami bermitra dengan kelompok perusahaan pariwisata yang telah terbukti pengalaman dan memahami pasar serta selalu berusaha untuk menjadi pemimpin di bidangnya,” ujar Shinya Kurosawa, Presiden & CEO, JTB Asia Pacific.

“Kami sangat yakin, dengan dukungan dari sebuah perusahaan global yang telah dikenal dengan budaya pelayanannya kita dapat menjelajahi banyak destinasi baru di seluruh dunia, meningkatkan teknologi dan pelayanan kami sehingga produk kami dapat lebih bervariasi dan lebih terjangkau untuk semua pasar,” tutur Royanto Handaya, Presiden Direktur dan CEO PT Panorama Tours Indonesia.

Perjanjian kerja sama tersebut, dengan persetujuan para pemegang saham PANR diharapkan akan rampung pada Maret mendatang. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

World Heritage

Selamat untuk Hotel Neo Samadikun Cirebon Raih Penghargaan TripAdvisor

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan selamat untuk Hotel Neo Samadikun Cirebon yang mendapat penghargaan dari TripAdvisor. Ya, Hotel Neo Samadikun Cirebon memastikan mendapat penghargaan bergengsi

Hotel

Selama Ramadan, Hotel Lombok Tetap Layani Wisman

Ramadan yang merupakan bulan suci bagi umat Islam kembali menyapa Indonesia. Kendati demikian, layanan hotel di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk wisatawan mancanegara (wisman) tak mengalami perubahan. Demikian disampaikan

Cuisine

Memotret Kota Lama Semarang

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak serius mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Hotel

Melalui TV, Masyarakat Perancis Tahu Destinasi Indonesia

Keindahan Morotai bisa diketahui orang Perancis (Ist) Kabar baik untuk pariwisata Indonesia sebab famtrip yang dilakukan Agustus lalu oleh tim TV Perancis dan VITO Perancis yang menjadi bagian program Kemenpar

SightSeeing

Keamanan di Pantai Kuta Lombok Harus Ditingkatkan

Turis asing sepertinya tidak terlihat khawatir ketika melintas dan melihat ada penjagaan ketat saat puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok yang dihadiri Presiden Jokowi pada 9 Februari 2016 

Tourism

Jababeka Dukung Pemerintah Promosikan Pariwisata Indonesia

SD Darmono (Ist) Manajemen PT Jababeka Tbk mendukung upaya pemerintah mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia sehingga target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke negeri ini dan kualitas pariwisata