Pantai Indonesia, Wisata Bahari Indonesia Lebih Bagus Ketimbang Luar Negeri

Picture4 TL

Wisatawan di Tanjung Lesung bisa menikmati wisata bahari, seperti diving (Ist)

Wisata bahari yang menjadi andalan pemerintah sebagai upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang sepertinya tak salah lantaran pantai-pantai yang tersebar di beragam destinasi di negeri ini dinilai lebih bagus ketimbang yang ada di negeri orang.

Chief executive officer (CEO) Batik Fractal Nancy Margried mengatakan, selama ini dirinya sering berkunjung ke luar negeri dan melihat pantai yang ada di Indonesia lebih bagus ketimbang yang ada di negara lain.

Hal tersebut Nancy sanpaikan ketika dihubungi patainanews.com pada akhir pekan lalu. Menurutnya, destinasi wisata di Indonesia lebih bagus ketimbang di luar negeri sehingga promosi akan lebih pas tanpa harus membandingkan destinasi wisata di Nusantara mirip dengan yang ada di luar negeri.

Jadi, lanjutnya, jika wisatawan domestik mau berkunjung ke destinasi wisata di Indonesia tidak perlu memikirkan ketika berada di destinasi tersebut seolah ada di luar negeri.

Dimulai dari Presiden Jokowi

Dimulai dari Jokowi ketika menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya setelah bersumpah sebagai Presiden Indonesia periode 2014-2019 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 20 Oktober 2014 silam.

Pidato Presiden Jokowi antara lain menyinggung visinya dalam memperkuat kemaritiman Indonesia pada masa depan. “Kita telah lama memunggungi samudra, laut, selat, dan teluk. Maka, mulai hari ini, kita kembalikan kejayaan nenek moyang sebagai pelaut pemberani. Menghadapi badai dan gelombang di atas kapal bernama Republik Indonesia,” papar Jokowi.

Untuk sektor pariwisata, Presiden Jokowi memasang target bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) hingga 2019 mendatang.

Menariknya kini pariwisata menjadi leading sector pembangunan nasional. Karenanya pemerintah bekerja keras berupaya merealisasikan target Presiden Jokowi.

Ya, Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata, termasuk wisata bahari yang memang diminati wisman pun tertarik berkunjung ke detinasi wisata bahari yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Sebut saja Raja Ampat di Papua Barat yang kini semakin dikenal di dunia. Belum lagi Pulau Dewata, Bali, dan Lombok di Nusa Tenggara Barat yang banyak didatangi turis asing.

di Lombok

Wisatawan mancanegara berjalan di kawasan Pantai Kuta, Lombok 

Kendati demikian, masih ada sejumlah destinasi di Tanah Air yang punya potensi wisata bahari yang tak kalah indah dengan daerah lainnya.

Berdasarkan pantauan patainanews.com, ada Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Pantai Galesong, Takalar di Sulawesi Selatan, dan Pantai Tanjung Pesona, Bangka di Bangka Belitung.

Tak hanya itu, ada juga Tanjung Lesung, Banten. Dan, di Tanjung Lesung wisatawan juga bisa diving. Wisman di Samber Gelap bisa mencoba diving dan snorkeling. Menumpang speedboat dari Siring Laut, turis menikmati perjalanan sekitar dua jam menuju gugusan empat pulau di Samber Gelap.

Cipratan air laut yang terasa asin menerpa kulit dan sinar matahari menyapa hangat selama perjalanan menuju Samber Gelap yang terletak di Laut Makassar membuat wisata bahari ini semakin seru.

Jika beruntung, traveler saat perjalanan bisa melihat hiu. Menariknya selama perjalanan tidak terlihat sampah di perairan sehingga petualangan wisata bahari ke Samber Gelap tidak membosankan.

Menjelang tiba di pantai Samber Gelap, speedboat berada di atas gugusan terumbu karang yang memikat hati. Dan, di pantai terbentang pasir yang lembut dan putih.

Gelombang pun tidak terlalu besar sehingga untuk berenang dan berjemut pas untuk dicoba sehingga Samber Gelap tak salah menjadi pilihan saat berlibur.

Tak hanya itu, wisata memancing juga bisa dilakukan di Samber Gelap karena di sana banyak ditemukan spot ikan, terutama ikan Tenggiri dengan bobot yang cukup besar.

kotabaru

Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan menjadi destinasi wisata bahari yang diminatii wisatawan asing (Ist)

Belum lagi konservasi penyu yang merupakan alternatif pengembangan wisata sehingga diharapkan kelestarian penyu bisa terjaga lantaran wisatawan akan tertarik dengan aktivitas penyu yang sedang bertelur dan populasi penyu yang ada.

Wisata bahari sepertinya kental dengan Takalar. Sejumlah destinasi wisata bahari di kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan ini memang mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis asing untuk datang ke Takalar.

Ya, Pantai Galesong adalah salah satu wisata bahari yang ada di Takalar. Menariknya di Pantai Galesong ada Wisata Pantai Bintang Galesong.

Ketika patainanews.com berkunjung ke Takalar, sempat melihat destinasi ini. Memang menarik lantaran dari Wisata Pantai Bintang Galesong sehingga wisatawan bisa memandang laut dan menikmati sunset.

Dari Wisata Pantai Bintang Galesong juga bisa menyeberang ke Pulau Sanrobengi. Wisatawan asal Jepang dan turis dari Tiongkok suka mengunjungi Pulau Sanrobengi di Takalar.

Mereka datang untuk melihat pasir putih dan sumur jodoh yang ada di pulau itu. Tak hanya dari kawasan Asia, turis dari Eropa, seperti dari Jerman suka ke Pulau Sanrobengi.

Wisatawan harus menyeberang dari Pantai Galesong ke Pulau Sanrobengi dengan menggunakan perahu sekitar lima menit. Di Pulau Sanrobengi ada sumur air tawar yang dikenal dengan nama Sumur Jodoh.

Padahal, Pulau Sanrobengi sekelilingnya adalah laut sehingga seharusnya air asin, namun ternyata ada satu sumur yang keluar air tawar.

Adapun air tawar dari Sumur Jodoh itu konon bisa menyembuhkan penyakit kulit yang dialami orang dengan cara menyiram badannya sendiri.

bangka

Sungailiat Triathlon 2016 di Pantai Tanjung Pesona, Bangka (Ist)

Traveler yang ingin menyeberang ke Pulau Sanrobengi harus memerhatikan kondisi alam agar tidak terjadi hal yang merugikan dirinya.

Sementara di Pantai Tanjung Pesona dijadikan lomba triathlon yang terdiri dari olahraga renang, sepeda, dan lari. Meski begitu, Bangka juga punya pantai lain, seperti Pantai Tikus.

syukuran laut

Wisata bahari di Kepulauan Seribu (Ist)

Tak ketinggalan Kepulauan Seribu yang menggelar Syukuran Laut dengan menggelar pesta rakyat sebagai ungkapan syukur terhadap nikmat Tuhan Yang Maha Esa dengan disajikan kuliner khas masyarakat Kepulauan Seribu yang mengedepankan kearifan lokal masyarakat Kepulauan Seribu di Pulau Kelapa Dua, Sabtu (21/5/2016). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Putri Pariwisata Indonesia 2017 akan Promosikan Kuliner Nusantara

Putri Pariwisata Indonesia 2017 akan ikut mempromosikan kuliner khas Nusantara (Ist) Kuliner khas Nusantara semakin dikenal dunia sejak Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama ketika berkunjung ke Indonesia menyebut Nasi

Nature

Indonesia Butuh Turis Tiongkok

Turis Tiongkok ke Manado (Ist) Wisatawan asal Tiongkok dikenal suka keliling dunia sehingga Indonesia harus jeli untuk bisa mendatangkan turis dari Negeri Tirai Bambu ini juga mau berkunjung ke berbagai

Culture

Bali Lebih Instagramable dari Paris

Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Bali ternyata menjadi spot favorit para generasi milenial eksis di media sosial (medsos). Lebih instagramable, eksotisnya Pulau Dewata mengalahkan pesona

Indonesiaku

Natal 2017 Bersama Wartawan

Natal 2017 bersama wartawan (Ist) Jaringan Jurnalis Kristiani akan mengadakan Perayaan Natal & Ibadah Syukur Tahun Baru 2018 di Jakarta, Rabu, 17 Januari mendatang mengusung tema Hendaklah Damai Sejahtera Kristus

Tour Package

Mengenal Lebih Dekat Gifta Oktavia Rappe

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Keberhasilan Hotel Neo Samadikun Cirebon menjadi hotel nomor satu dari 37 hotel yang ada dan tersebar di wilayah Cirebon, Jawa Barat selama tiga bulan versi TripAdvisor

Tourism

Launching Solo Great Sale 2016

Falentina Cotton, Ketua Ikatan Koko Cici Jakarta (kedua dari kiri) berpose bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Launching Solo Great Sale 2016 di Jakarta, Selasa