Pariwisata Andalan Sumatera Barat

IMG-20180206-WA0012

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (Ist)

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berharap pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Kota Padang harus menjadi ajang branding atau pengenalan nilai jual pariwisata di seluruh Sumbar.

“Kalau berbicara apa yang Sumatera Barat ya kita tidak punya apa-apa, hanya pariwisata yang menjadi potensi kita. Ada PT Semen yang sudah besar dan orang tahu,” ujar Nasrul dalam Seminar Branding ‘Strategi Membangun Branding Yang Kuat untuk Sumbar Sejahtera’ di Pangeran Beach Hotel, Kota Padang, Selasa (6//2/2018).

Nasrul menuturkan bahwa tren pariwisata Sumatera Barat dalam keadaan menanjak. Salah satu parameter yang disebutkannya adalah jumlah penerbangan pesawat menuju Kota Padang cukup signifikan kenaikannya.

“Dulu itu pesawat ke Padang ini ada 26 pesawat tapi sekarang sudah terus tumbuh dengan 82 pesawat terbang menuju Padang setiap harinya,” paparnya.

Nasrul mengakui bahwa pelaksanaan HPN 2018 yang akan menjadi ajang pertemuan insan media massa seluruh Indonesia akan membawa berkah tersendiri bagi Sumbar.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat Sumbar untuk mensukseskan HPN 2018 dan memberi kesan terbaik pada peserta yang datang.

“Ini kan ada ribuan orang akan datang ke Sumatera Barat, bagaimana mereka bisa kembali lagi ke sini. Kalau orang cuma sekali datang ke Kota Padang, itu adalah kegagalan bagi kita,” kata Nasrul.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Organisasi PWI Pusat Sasongko Tedjo. Baginya, selain melaksanakan acara pokok, HPN yang setiap tahun digelar di provinsi berbeda juga membawa misi khusus untuk memberikan manfaat bagi tuan rumah.

“HPN selain melaksanakan dua acara pokok yaitu konvensi dan upacara puncak yang  dihadiri Presiden, kami ingin memberikan kemajuan terhadap potensi yang ada di provinsi-provinsi di Indonesia dan kali ini di Sumatera Barat,” ucap Sasongko.

Dengan mengakangkat tema ‘Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan’, rangkaian acara HPN Sumbr 2018 akan diisi konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak, termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

Begitu juga dengan gelaran pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro tanggal 8 Februari mendatang dan puncak acara HPN 2018 pada tanggal 9 Februari 2018.

Kedua kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri Presiden Jokowi. HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Wisata Kuliner Sambel Sedap Oma di Semarang

Sambel Sedep Oma bisa jadi oleh-oleh khas Semarang (Ist) Semarang di Jawa Tengah tak hanya kaya dengan destinasi wisata namun juga beragam wisata kuliner. Apalagi kini Semarang masuk dalam Joglosemar

Slideshow

Jonan Bagikan ‘Home Solar System’ untuk Masyarakat Maluku di HPN 2017

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (Ist) Rumah warga di daerah yang belum dipasok aliran listrik akan segera memiliki lampu untuk penerangan. Ini yang menjadi komitmen Menteri

Heritage

Melihat Langsung Genting Dream Cruise dari Singapura ke Malaysia

Berita Foto: Wartawan patainanews.com Indira Juniati yang sekaligus staf di PATA Indonesia Chapter mendapat kesempatan ikut berlayar di atas Genting Dream Cruise dari Singapura ke Malaysia mulai dari Rabu, 25

Cuisine

Borobudur Jadi Centrum Events Pariwisata 2017

Candi Borobudur (Ist) Borobudur tak ingin tertinggal dari Banyuwangi, Solo, dan NTB dalam hal penyelenggaraan event dan festival. Memasuki bulan kedua 2017, destinasi yang sedang dikembangkan menjadi ’10 Bali Baru’

Hotel

Kaltara Dukung Menteri Pariwisata Majukan Pariwisata Indonesia

Pembukaan Kaltara Explore 2015 di TMII Pemerintah provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendukung upaya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengembangkan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara sebab sektor pariwisata kini menjadi andalan mendulang

Destinations

Ke Palembang, Wisatawan Bisa Belajar Sejarah Islam

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist) Predikat Palembang di Sumatera Selatan sepertinya bakal bertambah. Selain sudah bisa dipastikan menjadi tujuan wisata olah raga (sport tourism), kota Pempek ini