Pariwisata Andalan untuk Meningkatkan Perekonomian Nasional

WhatsApp Image 2017-11-01 at 21.50.43

ITO 2018 (Ist)

Pengamat ekonomi Indonesia Faisal Basri berpendapat bahwa pariwisata Indonesia merupakan energi baru untuk meningkatkan ekonomi yang terus melambat.

“Tourism di Indonesia merupakan energi baru untuk meningkatkan ekonomi yang terus melambat,” ujarnya dalam Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2018, di Jakarta, Rabu (1/11/2017). Menurutnya, harapan terbesar saat ini ada di pariwisata dan kelautan.

Menurutnya, turis asing datang ke negeri ini dengan adanya kemudahan visanya dan mereka tinggal lama di Indonesia. “2018-2019 dunia semakin baik pertumbuhannya. Harapan wisman dari Jepang, Amerika, Eropa, Tiongkok lebih banyak berkunjung ke Indonesia,” tuturnya.

Dia memperkirakan Indonesia bisa meraup keuntungan sebesar Rp200 triliun dari pariwisata pada 2019 mendatang. Namun yang menjadi tantangan saat ini, lanjutnya, masih banyak orang Indonesia yang berwisata ke luar negeri..

“Tantanganya bagaimana ajak orang Indonesia berwisata di dalam negeri. Jangan wisata ke Jepang atau Korea. Jepang dan Korea ini luar biasa memanjakan turis dari Indonesia,” ungkapnya. Dia juga mengungkapkan bahwa generasi milenial dan profesional saat ini rela mengurangi pengeluaran mereka untuk membeli barang dan beralih ke wisata.

“Kemacetan di kota-kota besar di Indonesia membuat generasi milenial dan profesional berusaha mencari tempat yang sunyi. Mereka mau kurangi uang untuk beli baju dan makanan, asalkan bisa nabung buat wisata,” ujarnya. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Slideshow

Loteng Kembangkan AgroWisata

Pelaku bisnis pariwisata di kawasan Lombok Tengah (Loteng) memulai mengembangkan potensi wisata yang bisa menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke destinasi yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini, yakni agrowisata.

Tour Package

Bali Lebih Instagramable dari Paris

Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Bali ternyata menjadi spot favorit para generasi milenial eksis di media sosial (medsos). Lebih instagramable, eksotisnya Pulau Dewata mengalahkan pesona

Hotel

Pariwisata Indonesia Hadapi Digitalisasi

Seminar Nasional ‘Pariwisata Era Ekonomi Digital’ (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahwa digitalisasi dalam aspek kehidupan termasuk di bidang pariwisata adalah sebuah keniscayaan dari perkembangan zaman. Digitalisasi (go digital)

Nature

Target 20 Juta Kunjungan Wisman adalah Tugas Bersama

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Ist) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa pariwisata sebagai sektor multidimesi perlu didukung secara multidimensional, termasuk dalam hal investasi dan pembiayaan. Hal ini agar

Nature

Mengikuti Jejak Valentino Rossi ke Labuan Bajo

Labuan Bajo (Ist) Kabar mengejutkan datang dari Valentino Rossi. Pebalap tersohor sepeda motor kelas Moto GP asal Italia tersebut, Senin (23/1/2017), mengunjungi salah satu 10 Bali baru, yakni di Labuan

Travel Operator

Pentingnya Media Sosial untuk Promosi Pariwisata Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (paling kanan) (Ist) Media sosial pada masa kini tak bisa dipungkiri tak bisa dipisahkan bagi kaum milenial. Bahkan, promosi pariwisata Indonesia kini juga mengandalkan