Pariwisata Indonesia Perlu Dikembangkan Hingga ke Mancanegara

menteri dan buoati

Menteri PPN Andrinof Chaniago dan Bupati Belitung Timur Basuri T Purnama

Banyak pilihan wisata ke berbagai tempat yang menawarkan keindahan dan pesona wisata. Dari sekian banyak tempat yang tersebar, Pulau Belitung menjadi daya tarik Andrinof A Chaniago, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) yang juga Kepala Bappenas dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019 untuk mengisi libur Idul Fitri 1436 H bersama keluarganya.

Rupanya Andrinof A Chaniago yang juga seorang akademisi, peneliti, dan pengamat kebijakan publik tersebut sangat mengagumi pemandangan-pemandangan bawah air yang didapatkan di kawasan Belitung Timur.

“Belitung Timur sangat indah. Luar biasa terumbu karangnya sangat indah dan terawat dan banyak ikan hiasnya. Pertahankan sebagai aset Belitung Timur. Itu adalah aset,” ungkap Andrinof saat Snorkeling di dekat Pulau Siadong yang berada di area timur Kecamatan Manggar, Senin (20/7/2015) dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Andrinof yang melakukan snorkeling dengan istri dan anaknya sangat puas berwisata di Pulau Belitung. “Waktu saya di Padang, biasanya wisata ke pantai tapi ke Pulau Belitung ini pengalaman yang sangat indah dan mengesankan melihat pemandangan bawah lautnya,” puji bapak satu anak ini.

Andrinof mengatakan, pilihan datang ke Pulau Belitung bersama keluarganya karena terkenalnya wisata laskar pelangi dan keindahan wisata pantai yang ditawarkan. Karenanya Andrinof mengajak istri dan anaknya untuk berlibur ke Pulau Belitung.

“Saya ajak keluarga karena ingin lihat lokasi laskar pelangi dan melihat keindahan Beltim. Saya sangat senang lihat anak saya bisa snorkeling untuk yang pertama kalinya,” katanya.

Selain snorkeling, Menteri PPN yang didampingi Bupati Belitung Timur Basuri T Purnama berkeliling ke objek-objek wisata, seperti SD Laskar Pelangi, rumah Ahok dan batik de simpor, museum kata, ke Pantai Serdang Manggar, ke pelabuhan ASDP dan menikmati makanan khas Belitung Timur.

Dalam kesempatan ini, Menteri Andrinof menerima cindera mata berupa cincin batu satam dari Bupati Beltim Basuri. Adapun pengalaman yang sangat mengesankan di Pulau Belitung ini, Andrinof berharap agar setiap daerah dapat mengangkat potensi yang dimilikinya agar dapat lebih berkembang untuk kemajuan daerah itu sendiri dan mengangkat kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kembangkanlah potensi yang dimiliki. Aset wisata dan sektor unggulan lainnya yang dimiliki dapat mendatangkan wisatawan untuk menambah pendapatan daerah serta kesejahteraan masyarakat,” kata Andrinof di atas kapal Cahaya Pelangi milik Pemkab Beltim usai melakukan snorkeling.

Mengembangkan Pariwisata ke Mancanegara

Kehadiran Menteri Andrinof disambut baik Paulus Napitupulu, pembaca patainanews.com yang menilai sudah waktunya sosialisasi tentang keindahan Belitung Timur diketahui hingga mancanegara sehingga dapat menjadi salah satu tujuan pariwisata yang dapat menghasilkan devisa bagi negara serta mengangkat kehidupan rakyat di sana.

“Semoga rasa senang semakin bertambah bukan saja dari wajah pak Menteri tapi dari seluruh masyarakat Belitung saat pariwisatanya cepat berkembang dan diketahui hingga ke mancanegara,” ucapnya.

Paulus berharap agar banyak tempat di wilayah Indonesia yang memiliki nilai potensial untuk pariwisata agar dikembangkan dan pemerintah daerah dan kementerian pariwisata dapat bekerja sama dengan baik dalam pengembangannya sehingga Indonesia tidak hanya dikenal untuk beberapa daerah tertentu saja tapi dari Sabang sampai Merauke. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Hotel

Menanti Wisata Napak Tilas Laksamana Cheng Ho di Sumsel

Patung Laksamana Cheng Ho (Ist) Kisah Laksamana Cheng Ho begitu terkenal di Indonesia. Tak hanya di Semarang, Jawa Tengah, namun di Sumatera Selatan (Sumsel) kisah Laksamana Cheng Ho juga begitu

Hotel

Gorontalo Promosi Potensi Pariwisata

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie memperkenalkan Calender of  Event Gorontalo 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor

SightSeeing

Garuda Indonesia Dukung Pemerintah Datangkan Wisman dengan Kapal Pesiar

Pesawat Garuda Indonesia (Ist) Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk memberikan apresiasi terhadap upaya pemerintah meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia menggunakan kapal pesiar dan yacht guna merealisasikan target Presiden

Nature

Morotai Percepat Akses dan Amenitas

Destinasi wisata bahari di Morotai (Iat) Morotai, pulau di ujung Pasifik di Maluku Utara sudah lama ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Bahkan sejak masa pemerintahan Presiden SBY, namun

Nature

Bali yang Cantik Andalan Pariwisata Indonesia

Bali menjadi daya tarik utama wisatawan (Ist) Bali tak bisa dipungkiri memang sudah sangat terkenal di dunia. Dan, tak salah menyebut Pulau Dewata menjadi andalan pariwisata Indonesia guna menjaring wisatawan

Festival

Wisata Museum di Yogyakarta Daya Tarik Wisatawan Asing

Wisatawan asing melihat batik (Ist) Sesungguhnya sudah sejak lama museum menjadi destinasi wisata, baik domestik maupun asing. Begitu pula wisata rekreasi maupun minat khusus. Achmad Charris Zubair, Ketua Umum Dewan