Pasar Digital Puri Bambu Bandung Diminta Inovatif dan Berkelanjutan

Menteri Pariwisata Arief Yahya hadir dalam peresmian destinasi digital Pasar Puri Bambu (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta destinasi digital Pasar Puri Bambu di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, memiliki inovasi produk agar berkelanjutan serta berdampak bagi masyarakat setempat.

Menpar Arief saat meresmikan destinasi digital Pasar Puri Bambu, Jumat (11/10/2019), menjelaskan, kekuatan destinasi digital adalah menggunakan sosial media.

Untuk itu Menpar Arief Yahya meminta Pasar Puri Bambu harus terus kuat dalam membangun konsep destinasi digitalnya. Pasar itu menjadi satu dari 64 destinasi digital yang ada di Indonesia.

Ia menyarankan, Pasar Puri Bambu agar menekankan kuliner sebagai kekuatan dalam berpromosi sehingga harus ada inovasi produk di dalamnya agar dikenal masyarakat dan berkelanjutan.

“Yang tidak kalah penting, destinasi digital harus melibatkan masyarakat sejak awal. Dari tempat parkir hingga pedagangnya. Yang utama juga adalah destinasi digital harus cantik jika difoto. Karena kebutuhan anak muda saat ini adalah ‘esteem economy’. Ekonomi pengakuan. Maka harus juga instagramable,” kata Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Apalagi Bandung memiliki keunggulan budaya yang luar biasa dengan daya tarik wisata halal yang juga terbaik. “Dan yang paling bisa digunakan di Bandung adalah harus ada Nomadic Tourism, jika itu semua dikembangkan dengan baik, maka akan menjadi destinasi kelas dunia,” kata Menpar Arief.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M Naser dalam sambutannya mengatakan destinasi digital di Bandung menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan.

“Ini akan menjadikan Kabupaten Bandung semakin semangat meningkatkan pariwisatanya. Kami akan dukung destinasi ini dengan juga meningkatkan kuliner kami, fashion kami, alam kami dengan melibatkan generasi milenial dalam mempromosikannya,” kata Bupati.

Bupati juga mengakui pariwisata akan menjadi sumber pendapatan yang potensil untuk masyarakat sekitar Kabupaten Bandung. “Dengan jumlah 3,9 juta orang, maka masyarakat Kabupaten Bandung harus bangkit, harus makmur, di era digital seperti ini kita semua harus menghilangkan kata menganggur, destinasi digital yang diluncurkan ini menjadi salah satu wadahnya,” kata Bupati.

Hadirnya berbagai atraksi yang menarik membuat ratusan pengunjung yang didominasi generasi milenial begitu antusias mendatangi destinasi ini. Selain itu, berbagai workshop hingga sajian kuliner khas membuat pembukaan destinasi ini makin kaya warna.

Daerah Cimenyan sendiri terkenal dengan potensi kuliner berupa tape singkong atau peuyeum dan madu. Selain itu, ada olahan pangan lain dari singkong, jagung, tepung beras dan sayur sayuran serta umbi-umbian. Di pasar ini juga dihadirkan minuman tradisional berupa bandrek dan bajigur. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

Ketika Rina Darmawan Ikut Terlibat dalam Circus World

Circus World di Podomoro Golf View Cimanggis Oriental Circus Indonesia (OCI) bekolaborasi dengan Podomoro Golf View mempersembahkan Circus World di Podomoro Golf View Cimanggis. Adapun sirkus ini mengusung tema Family

Cuisine

Ketum FSKN Ajak Keluarga Besar Keraton Nusantara Cegah Terorisme

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat (Ist) Ketua Umum FSKN Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat Keraton Kasepuhan Cirebon mengutuk teror bom yang terjadi di tiga Gereja di Surabaya, Jawa Timur telah memakan

SightSeeing

The Magical Journey di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

The Magical Journey (Ist) Tahun 2019 sudah didepan mata. Berbagai tempat dan destinasi wisata  mulai berlomba menawarkan berbagai acara perayaan tahun baru yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari pesta kembang

Slideshow

Ratu Vashti Annisa Ikut Pemilihan Miss Earth 2018

Ratu Vashti Annisa Yayasan EL JOHN Indonesia melalui EL JOHN Pageants kembali mengirim Putri binaanya ke kontes internasional. Kali ini yang dikirim EL JOHN Pageants adalah Miss Earth Indonesia 2018

Tourism

RWS Menang di PATA Gold Awards 2015

Kampanye Resorts World Sentosa (RWS) menang di ajang bergengsi PATA Gold Awards 2015 dalam kategori marketing hospitality yang diselenggarakan oleh Asosiasi Travel Asia Pasifik (PATA). Adapun RWS salah satu dari

Hotel

Johan Sompotan Terpilih Jadi Ketua Forwapar

Johan Sompotan (kemeja putih) (Ist) Johan Sompotan, wartawan IndonesiaNew resmi terpilih menjadi ketua forum wartawan pariwisata Indonesia (Forwapar) periode 2019-2021. Johan terpilih dalam pemungutan suara yang digelar di Jakarta, Kamis