PATA Indonesia Chapter Dorong Pariwisata Cirebon ke Mancanegara

Poernomo pata

Poernomo Siswoprasetijo membubuhkan tanda tangan dalam MoU PATA Indonesia Chapter dgn WWF Indonesia (Ist)

Potensi pariwisata yang ada di Cirebon, Jawa Barat selama ini diketahui begitu besar. Namun, terkesan masih belum berkembang dan tertinggal dari destinasi lainnya yang ada di Indonesia.

Karenanya Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter akan mendorong sektor pariwisata di Cirebon hingga ke mancanegara sehingga mampu menarik wisatawan dari berbagai negara.

Adapun PATA Indonesia Chapter sebelumnya telah memfasilitasi pembentukan Forum Bisnis Cirebon (FBC) untuk menghimpun berbagai kalangan pengusaha agar bersiap menghadapi pesatnya pertumbuhan ekonomi seiring upaya peningkatan sarana transportasi di wilayah tersebut mulai dari akses Tol Cipali, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Tol Cisumdawu, dan pengembangan Pelabuhan Internasional Cirebon.

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo mengatakan agar mampu mendunia, pengelola sektor pariwisata, pemerintah dan kalangan dunia usaha harus berbenah agar wisatawan mancanegara tertarik untuk datang ke Cirebon.

Dia menuturkan geliat ekonomi khususnya di sektor industri di wilayah Cirebon dirasa belum terlalu mampu menarik investor karena ada faktor-faktor lain yang menarik dan ditawarkan kepada investor ataupun wisatawan.

“Sektor industrinya di Cirebon sedang didorong oleh pemerintah setempat, dan kami coba dorong dari sektor pariwisata,” katanya kepada patainanews.com belum lama ini. Ia menuturkan bahwa untuk sektor pariwisata beberapa inovasi yang telah dilakukan pengelola wisata di Cirebon adalah pemberlakukan e-tiketing di Keraton Kasepuhan sehingga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan tiket masuk.

“Beberapa tempat wisata lainnya di Cirebon akan kami dorong agar mampu meningkatkan pelayanan sehingga wisatawan semakin nyaman,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Culture

GMT 2016 Peluang Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Ilustrasi Gerhana Matahari Total (Ist) Indonesia sudah menyiapkan diri untuk menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016. GMT diperkirakan terjadi mulai fajar, saat matahari terbit. Gerhana akan melintasi

Tourism

Pesona Semarang Great Sale 2017, Wisatawan Dimanjakan Belanja

Launching Pesona Semarang Great Sale 2017 di Jakarta (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Walikota Semarang Handrar Prihadi meluncurkan Pesona Semarang Great Sale 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung

Culture

Drink Coffee Wear Batik

Perpaduan kopi dan batik khas Indonesia (Ist) Komoditas kopi di Indonesia kian maju. Untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi Nusantara, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan

Airlines

2017, Pariwisata Indonesia Incar Turis Tiongkok

Wisman asal Tiongkok di Indonesia (Ist) Wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok dan negara-negara sekitar China (Greater China), yakni Taiwan, dan Hongkong tetap menjadi target utama wisatawan mancanegara pada 2017 mendatang.

World Heritage

Menggabungkan Festival Krakatau dengan Sail Krakatau

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (kiri) (Ist) Pemerintah provinsi Lampung ingin Festival Krakatau yang rutin diadakan setiap tahun dapat mendunia. “Kami rasa tidak sulit menjual nama Krakatau karena hampir setiap

Slideshow

Batik Fractal Bidik Paman Sam

Batik Fractal yang mengandalkan teknologi dan sudah masuk pasar internasional rupanya saat ini tengah fokus untuk melayani permintaan pasar di Kanada. Tak tanggung-tanggung, Batik Fractal pun akan mengupayakan bisa hadir