PATA Indonesia dan THF Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Banten

Agung Dwi Bantoro selaku perwakilan dari THF (ketiga dari kiri) (Ist)

Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter bersama Tidar Heritage Foundation (THF) telah melakukan pendistribusian bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana alam tsunami di daerah Banten, Kamis (10/1/2019).

Bantuan yang diberikan berupa makanan kemasan, sembako, alat tulis sekolah, alat sholat dan pakaian layak pakai. bantuan tersebut merupakan sumbangan dari para donatur dari kegiatan pembukaan posko bencana  “BANTEN BERDUKA” sejak 24 Desember 2018 silam di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta Pusat.

Agung Dwi Bantoro selaku perwakilan dari THF menyampaikan bahwa dalam pendistribusian tahap ke-3 kali ini, PATA Indonesia dan THF bekerja sama dengan Posko Induk NU Peduli di Kota Pandeglang, Banten. “Posko NU Peduli di paska bencana akan tetap beroperasi dan menyalurkan bantuan ke daerah-daerah dengan konsentrasi pengungsi yang sulit untuk dijangkau, berdasarkan data dan kebutuhan masing-masing posko,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sebelumnya THF dan PATA Indonesia telah melakukan pendistribusian tahap 1 dan 2 ke daerah Desa Cikadu dan Tanjung Lesung. “Berdasarkan informasi yang didapatkan, koordinasi bantuan masih belum sempurna dengan banyaknya pencegatan-pencegatan oleh masyarakat. Maka kami menganggap posko NU Peduli adalah tempat yang pas untuk mendistribusikan bantuan ini agar tepat sasaran dan adil untuk semua,” tambahnya.

Ustaz Nasir Talib, Ketua Divisi Publikasi Media NU Peduli mengucapkan banyak terima kasih atas sumbangan yang diberikan melalui PATA Indonesia dan THF. “Kami dari NU peduli Pandeglang Banten mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada PATA Indonesia dan THF yang sudah memercayakan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak tsunami di pandeglang,” katanya.

Lebih jauh lagi, di posko NU Peduli di desa Sumur, seorang tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama, Ustaz Dedi juga mengucapkan hal senada. “Kami atas nama masyarakat dan panitia mengucapkan terima kasih atas sedekah yang diberikan, semoga menjadi amal soleh yang ikhlas. Amin. Semoga bermanfaat untuk umat,” ucapnya.

NU Peduli melalui Koordinator Lapangan Ekek dan Ustaz Nasir Talib telah menfasilitasi PATA Indonesia dan THF untuk melakukan distribusi langsung ke daerah Tanjung Jaya, yang berlokasi sekitar tiga jam perjalanan dari pusat Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Menurut Agung, desa yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki akses dan kondisi jalan yang rusak, mengakibatkan bantuan kemanusiaan sulit untuk menembus daerah tersebut. “Di Desa Ujung Jaya ini masih terdapat warga yang mengungsi dan perlu untuk mendapatkan bantuan,” tutupnya.

Tidar Heritage Foundation adalah Yayasan Nirlaba binaan Prof Komaruddin Hidayat dan beberapa tokoh nasional yang lahir di daerah Magelang. Sedangkan PATA Indonesia Chapter adalah organisasi non profit yang memperhatikan perkembangan destinasi-destinasi pariwisata di Indonesia.

Kedua organisasi non profit ini telah melaksanakan kegiatan penggalangan dana dan pembukaan posko kemanusiaan untuk korban bencana tsunami di pesisir Banten sejak 23 Desember 2018 lalu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Menko Luhut Ajak Investor Kembangkan Destinasi Wisata Danau Toba

Sambutan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Pembahasan Perkembangan Pengelolaan KSPN Danau Toba (Rapat Dewan Pengarah BOPDT) di Hotel Inna Parapat, Kab Simalungun, Sumatera Utara. Sabtu (8/7/2017) (Ist) Infrastruktur di Kawasan

Heritage

Menanti GMT 2016 di Palembang

Jadwal acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Rabu, 9 Maret 2016, akan menjadi hari yang istimewa bagi Indonesia lantaran fenomena alam langka yang terjadi sekali dalam 350 tahun, gerhana mathari

Nature

Sambut Asian Games 2018, Kampoeng Warno-Warni Ada di Palembang

Logo Asian Games 2018 (Ist) Kampung warna-warni makin ngetren dan menginspirasi banyak daerah untuk dijadikan destinasi desa wisata. Setelah kampung warna-warni di Semarang yang mendunia karena di-repost oleh media-media internasional,

Destinations

Taiwan Travel Fair Didukung Travel Agent Indonesia

Taiwan (Ist) Saat pemerintah tengah bekerja keras merealisasikan target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang, negara lain juga gencar melakukan promosi pariwisata

Destinations

Pemerintah Imbau Wisatawan Tenang Respons Gempa Tektonik Lombok Timur

Gubernur NTB Zulkieflimansyah memantau langsung ke lapangan akibat Gempa yang terjadi di Lombok Timur pada Minggu, 17 Maret 2019 (Ist) Pemerintah Indonesia mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tetap tenang dan

Tour Package

Semakin Banyak Wisatawan Berkunjung ke Soppeng

Kelelawar di langit biru Soppeng (Ist) Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Soppeng bersyukur kini semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan itu. Hal tersebut