PATA Indonesia dan THF Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Banten

Agung Dwi Bantoro selaku perwakilan dari THF (ketiga dari kiri) (Ist)

Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter bersama Tidar Heritage Foundation (THF) telah melakukan pendistribusian bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana alam tsunami di daerah Banten, Kamis (10/1/2019).

Bantuan yang diberikan berupa makanan kemasan, sembako, alat tulis sekolah, alat sholat dan pakaian layak pakai. bantuan tersebut merupakan sumbangan dari para donatur dari kegiatan pembukaan posko bencana  “BANTEN BERDUKA” sejak 24 Desember 2018 silam di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta Pusat.

Agung Dwi Bantoro selaku perwakilan dari THF menyampaikan bahwa dalam pendistribusian tahap ke-3 kali ini, PATA Indonesia dan THF bekerja sama dengan Posko Induk NU Peduli di Kota Pandeglang, Banten. “Posko NU Peduli di paska bencana akan tetap beroperasi dan menyalurkan bantuan ke daerah-daerah dengan konsentrasi pengungsi yang sulit untuk dijangkau, berdasarkan data dan kebutuhan masing-masing posko,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sebelumnya THF dan PATA Indonesia telah melakukan pendistribusian tahap 1 dan 2 ke daerah Desa Cikadu dan Tanjung Lesung. “Berdasarkan informasi yang didapatkan, koordinasi bantuan masih belum sempurna dengan banyaknya pencegatan-pencegatan oleh masyarakat. Maka kami menganggap posko NU Peduli adalah tempat yang pas untuk mendistribusikan bantuan ini agar tepat sasaran dan adil untuk semua,” tambahnya.

Ustaz Nasir Talib, Ketua Divisi Publikasi Media NU Peduli mengucapkan banyak terima kasih atas sumbangan yang diberikan melalui PATA Indonesia dan THF. “Kami dari NU peduli Pandeglang Banten mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada PATA Indonesia dan THF yang sudah memercayakan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak tsunami di pandeglang,” katanya.

Lebih jauh lagi, di posko NU Peduli di desa Sumur, seorang tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama, Ustaz Dedi juga mengucapkan hal senada. “Kami atas nama masyarakat dan panitia mengucapkan terima kasih atas sedekah yang diberikan, semoga menjadi amal soleh yang ikhlas. Amin. Semoga bermanfaat untuk umat,” ucapnya.

NU Peduli melalui Koordinator Lapangan Ekek dan Ustaz Nasir Talib telah menfasilitasi PATA Indonesia dan THF untuk melakukan distribusi langsung ke daerah Tanjung Jaya, yang berlokasi sekitar tiga jam perjalanan dari pusat Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Menurut Agung, desa yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki akses dan kondisi jalan yang rusak, mengakibatkan bantuan kemanusiaan sulit untuk menembus daerah tersebut. “Di Desa Ujung Jaya ini masih terdapat warga yang mengungsi dan perlu untuk mendapatkan bantuan,” tutupnya.

Tidar Heritage Foundation adalah Yayasan Nirlaba binaan Prof Komaruddin Hidayat dan beberapa tokoh nasional yang lahir di daerah Magelang. Sedangkan PATA Indonesia Chapter adalah organisasi non profit yang memperhatikan perkembangan destinasi-destinasi pariwisata di Indonesia.

Kedua organisasi non profit ini telah melaksanakan kegiatan penggalangan dana dan pembukaan posko kemanusiaan untuk korban bencana tsunami di pesisir Banten sejak 23 Desember 2018 lalu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Wisata Bahari Andalan Pariwisata RI

Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan punya potensi wisata bahari (Ist) Sektor pariwisata Nusantara kini semakin seksi lantaran industri pariwisata Indonesia disebut menjadi andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi di dalam

Tour Package

Menemukan Indonesia di ICE

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Sebagai venue

Culture

Astari Siap Banggakan Indonesia

Astari terlihat cantik dengan national costume yang akan dipakai di Malaysia (Ist) Sebagai upaya mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, Yayasan El John Indonesia mengirimkan putri terbaik binaan El John

Tourism

Film Elang Promosikan Kepulauan Seribu

Imelda Budiman (Ist) Kepulauan Seribu di DKI Jakarta semakin gencar melakukan promosi. Tak salah memang lantaran Kepulauan Seribu yang masuk wilayah DKI Jakarta ini termasuk dalam 10 destinasi unggulan yang dikembangkan

Destinations

Masyarakat NTB Apresiasi Presiden Jokowi Resmikan KEK Mandalika

LA Hadi Faishal (Ist) Masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) menanti pembangunan KEK Mandalika yang sempat terbengkalai selama 29 tahun. Masa penantian yang cukup panjang itu cukup sudah dan terbayar lunas

Hotel

Akhir Tahun, Bandara Komodo Siap Jadi Bandara Internasional

Bandara Komodo (Ist) Bandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, ujung barat Flores, Nusa Tenggara Timur akan ditingkatkan menjadi bandar udara internasional. Adapun rencana peningkatan status bandara itu untuk