PATA Indonesia dan THF Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Banten

Agung Dwi Bantoro selaku perwakilan dari THF (ketiga dari kiri) (Ist)

Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter bersama Tidar Heritage Foundation (THF) telah melakukan pendistribusian bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana alam tsunami di daerah Banten, Kamis (10/1/2019).

Bantuan yang diberikan berupa makanan kemasan, sembako, alat tulis sekolah, alat sholat dan pakaian layak pakai. bantuan tersebut merupakan sumbangan dari para donatur dari kegiatan pembukaan posko bencana  “BANTEN BERDUKA” sejak 24 Desember 2018 silam di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta Pusat.

Agung Dwi Bantoro selaku perwakilan dari THF menyampaikan bahwa dalam pendistribusian tahap ke-3 kali ini, PATA Indonesia dan THF bekerja sama dengan Posko Induk NU Peduli di Kota Pandeglang, Banten. “Posko NU Peduli di paska bencana akan tetap beroperasi dan menyalurkan bantuan ke daerah-daerah dengan konsentrasi pengungsi yang sulit untuk dijangkau, berdasarkan data dan kebutuhan masing-masing posko,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sebelumnya THF dan PATA Indonesia telah melakukan pendistribusian tahap 1 dan 2 ke daerah Desa Cikadu dan Tanjung Lesung. “Berdasarkan informasi yang didapatkan, koordinasi bantuan masih belum sempurna dengan banyaknya pencegatan-pencegatan oleh masyarakat. Maka kami menganggap posko NU Peduli adalah tempat yang pas untuk mendistribusikan bantuan ini agar tepat sasaran dan adil untuk semua,” tambahnya.

Ustaz Nasir Talib, Ketua Divisi Publikasi Media NU Peduli mengucapkan banyak terima kasih atas sumbangan yang diberikan melalui PATA Indonesia dan THF. “Kami dari NU peduli Pandeglang Banten mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada PATA Indonesia dan THF yang sudah memercayakan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak tsunami di pandeglang,” katanya.

Lebih jauh lagi, di posko NU Peduli di desa Sumur, seorang tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama, Ustaz Dedi juga mengucapkan hal senada. “Kami atas nama masyarakat dan panitia mengucapkan terima kasih atas sedekah yang diberikan, semoga menjadi amal soleh yang ikhlas. Amin. Semoga bermanfaat untuk umat,” ucapnya.

NU Peduli melalui Koordinator Lapangan Ekek dan Ustaz Nasir Talib telah menfasilitasi PATA Indonesia dan THF untuk melakukan distribusi langsung ke daerah Tanjung Jaya, yang berlokasi sekitar tiga jam perjalanan dari pusat Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Menurut Agung, desa yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki akses dan kondisi jalan yang rusak, mengakibatkan bantuan kemanusiaan sulit untuk menembus daerah tersebut. “Di Desa Ujung Jaya ini masih terdapat warga yang mengungsi dan perlu untuk mendapatkan bantuan,” tutupnya.

Tidar Heritage Foundation adalah Yayasan Nirlaba binaan Prof Komaruddin Hidayat dan beberapa tokoh nasional yang lahir di daerah Magelang. Sedangkan PATA Indonesia Chapter adalah organisasi non profit yang memperhatikan perkembangan destinasi-destinasi pariwisata di Indonesia.

Kedua organisasi non profit ini telah melaksanakan kegiatan penggalangan dana dan pembukaan posko kemanusiaan untuk korban bencana tsunami di pesisir Banten sejak 23 Desember 2018 lalu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Jangan Ragu Traveling Ketika Ramadan

Kuliner di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Berpuasa pada bulan suciRamadan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai ibadah, berpuasa memiliki banyak manfaat bagi

Slideshow

Natal 2017 Bersama Wartawan

Natal 2017 bersama wartawan (Ist) Jaringan Jurnalis Kristiani akan mengadakan Perayaan Natal & Ibadah Syukur Tahun Baru 2018 di Jakarta, Rabu, 17 Januari mendatang mengusung tema Hendaklah Damai Sejahtera Kristus

Tourism

Pariwisata Bergerak, Ekonomi Nasional Tumbuh

Negeri ini sudah lama dikenal memiliki keanekaragaman hayati dan non hayati terbesar di dunia. Potensi tersebut menjadi alasan mengapa Indonesia diminati wisatawan asing. Para pelancong dari berbagai negara kagum dengan

All About Indonesia

Polygon Peduli Lingkungan Indonesia

Polygon bersama komunitas Sea Soldier melakukan campaign ‘No Polution’  (Ist) Ekonomi global serta tuntutan pasar mendorong industri untuk melakukan pendekatan bisnis yang berbasis lingkungan. Interaksi antara bisnis dan lingkungan pada

Tourism

Pemerintah Target Turis Australia ke Maluku

Pantai Natsepa di Maluku (Ist) Pemerintah berupaya bisa meningkatkan kunjungan turis dari Australia ke Maluku. Hal tersebut dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuti di Ambon, Maluku dalam

Destinations

Tour de Flores 2016 Heboh di Media Sosial

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur (NT) Frans Lebu Raya akan pentingnya membuat event internasional seperti Tour de Flores 2016.