PATA Indonesia Dukung Pengembangan Wisata Cirebon

pata Indonesia dan AY

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo berbincang dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon di Goa Sunyaragi (Ist)

PATA Indonesia Chapter mendukung pengembangan wisata di Cirebon, Jawa Barat. Sebagai bukti dukungan tersebut, President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo hadir dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon belum lama ini.

Tak hanya itu, PATA Indonesia Chapter juga mendukung upaya Keraton Kasepuhan Cirebon untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, termasuk turis asing.

Adapun infrastruktur di Cirebon telah siap untuk mendukung wisata Cirebon sehingga akan bisa mendatangkan wisatawan, termasuk turis asing.

“Persiapan di wilayah Cirebon yang mencakup Cirebon, Kuningan, dan Majalengka cukup baik dengan sudah diselesaikannya jalur Tol Cipali untuk menuju wisata yang ada,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Cirebon, Kamis (31/3/2016) ketika membuka seminar Festival Pesona Cirebon 2016 di Cirebon.

Selain akses darat, yaitu Tol Cipali juga sedang dibangun Tol Cisumdawu untuk mengoneksikan wilayah Cirebon dan sekitarnya dengan Bandung. Selain jalur darat yang berupa tol, wilayah Cirebon juga akan mempunyai Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang direncanakan selesai pada akhir 2017 mendatang.

Selain itu, ada pelabuhan untuk angkutan laut dan wilayah Cirebon berpotensi besar menjadi salah satu tujuan wisata Jabar. Festival Pesona Cirebon diselenggarakan oleh Keraton Kasepuhan Cirebon.

“Sejumlah kegiatan akan kita lakukan selama penyelenggaraan Festival Pesona Cirebon 2016,” kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat, Senin (28/3/2016).

Adapun festival itu akan memperkenalkan tiga tujuan wisata di Cirebon, yaitu Cirebon masa lalu dengan Keraton Kasepuhan dan Taman Air Goa Sunyaragi, Cirebon masa kini, dan wisata pantai.

“Semua potensi Cirebon, mulai dari seni tradisi, kerajinan khas hingga kuliner pun akan ditampilkan di festival tersebut,” jelasnya. 

Arief menambahkan, perwakilan 10 keraton se-Nusantara, dinas pariwisata 30 provinsi, dan 20 duta besar negara yang banyak warganya berkunjung ke Indonesia diundang pada festival itu.

Menurutnya, festival itu juga bertujuan mendukung program pemerintah yang menargetkan 20 juta wisatawan pada 2019 mendatang.

“Pada kurun 2015 hingga 2016, target wisatawan 10 juta orang”. Selain itu, pada festival itu juga akan diluncurkan program Visit Cirebon Year 2018. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

Tourism

Pendekatan Indonesia Sentris dalam Mengembangkan Pariwisata Nasional

Presiden Jokowi (kemeja putih) (Ist) Pemerintah di era Presiden Jokowi membangun Indonesia secara keseluruhan sehingga kawasan timur Indonesia (KTI) pun diberikan perhatian khusus, termasuk membangun infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Tour Package

Wisatawan Belanda Suka View dari Kereta Wisata

Wisatawan menggunakan kereta wisata (Ist) Wisatawan mancanegara dari Eropa, seperti Belanda menikmati view pemandangan alam Indonesia yang ada di Jawa ketika menggunakan kereta wisata dalam perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta.

Culture

Festival Pasir Putih, Samosir Target 1000 Wisatawan Mancanegara

Tonggo Raja, yakni pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan raja adat dari lima desa Kawasan Pasir Putih Parbaba (Ist) Pemerintah kabupaten Samosir di Sumatera Utara menargetkan bisa mendatangkan 1000 wisatawan

Tourism

Koleksi Museum Bertambah, Segera Wisata ke Morotai

Morotai yang indah (Ist) Pulau Morotai di Maluku Utara pasti sering mampir di telinga wisatawan. Tapi, pernahkah ke sana? Posisinya di mana dalam peta? Mungkin banyak yang belum tahu meski

Slideshow

Perkuat Bisnis Media Digital, AMDI Gandeng Djarum

Pengurus AMDI (Ist) Global Digital Prima (GDP) Venture, unit usaha Grup Djarum yang fokus di bisnis internet consumer tengah menjajaki peluang kerja sama dengan Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI). Adapun

Festival

Bandara Matahora Diresmikan Perkuat Akses ke Wakatobi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiti) (Ist) Menteri Perhubungan Ignatius Jonan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Bandara Matahora, Wakatobi di Pulau Wangi Wangi, Minggu, 7 Mei 2016.   Akses ke