PATA Travel Mart 2016 Positif untuk Perekonomian Nasional

suasana preskon

Menteri Pariwisata Arief Yahya berbincang dengan Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono (Ist) 

Kegiatan berskala internasional dalam bursa pariwisata dunia, PATA Travel Mart 2016 yang akan diselenggarakan di Jakarta diperkirakan bakal menjadi yang terbesar di kawasan Asia Pasifik lantaran nilai transaksinya diharapkan mencapai Rp2,5 triliun.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan hal tersebut saas press conference di Jakarta, Selasa (1/9/2015). “Event ini potensi pasarnya sangat besar. Kita targetkan bisa menjual katakanlah 200.000 paket wisata, satu paketnya US$ 1.000, totalnya sudah US$ 200 Juta, itu sudah Rp 2,5 triliun,” tutur Arief.

Belum lagi termasuk peliputan yang terhitung tinggi karena akan diliput beragam media internasional. Nilai pemberitaan event ini pun mencapai Rp15 miliar sehingga hal ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memperkuat branding ‘Wonderful Indonesia’ di pentas dunia.

“Ketika branding sudah kuat, maka saatnya kita untuk bertransaksi. Jualan dan jualan, lebih banyak sellingnya. Ini kesempatan bagus untuk kita,” tuturnya.

Sementara Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono mengamini pendapat Arief Yahya. Darmono menekankan pentingnya kesiapan para stakeholder pariwisata di Indonesia agar siap menyambut tamu dari mancanegara yang datang.

“Biaya event ini Rp 10 miliar, tapi bisa mendatangkan wisatawan sampai 10 juta orang. Akan ada 5.000 travel agent dari seluruh dunia yang datang berpartisipasi. Ini yang perlu dipersiapkan. Waktu persiapan selama satu tahun ini saja sudah terhitung mepet sehingga perlu dukungan semua stakeholder baik pemerintah maupun swasta agar acara ini bisa berhasil,” tutur Darmono.

Dengan nilai transaksi yang demikian besar, tak salah jika PATA Travel Mart disebut sebagai event bursa pariwisata terbesar di kawasan Asia Pasifik. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

World Heritage

El John Dukung 15 Juta Kunjungan Wisman 2017

Dikna Faradiba (Ist) El John Pageants mendukung upaya pemerintah bisa mendatangkan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2017 mendatang. Karenanya El John Pageants pun ikut mempromosikan budaya asli

SightSeeing

Sharing Experience Bisa Menarik Wisatawan Mancanegara Semakin Berkunjung ke Indonesia

Pariwisata Indonesia selama ini menjadi daya tarik wisatawan mancanegara (wisman). Banyak turis asing yang berkunjung ke negeri ini. Bali selama ini masih menjadi tujuan utaman wisatawan asing ke Indonesia. Selama

World Heritage

Promosi ke Luar Negeri untuk Cross Triathlon 2018 di Tanjung Lesung

Menikmati sunset di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) akan melakukan promosi di luar negeri, yakni di Singapura dan Hongkong untuk penyelenggaraan cross triathlon di Indonesia pada

Slideshow

Menentukan Gaya Hidup di Usia Emas

Senior Living (Ist) Ayo daftarkan diri Anda dalam Gathering ‘Senior Living & Baby Boomer Lifestyle’. Membahas segala sesuatu yang harus direncanakan oleh Senior dalam menentukan gaya hidup di usia emas.

Travel Operator

Wonderful Indonesia Tebar Pesona di ITB Asia

Suasana booth Wonderful Indonesia di ITB Asia (Ist) Kebersamaan Indonesia Incorporated kembali dipanaskan di arena ITB Asia 2017. Event yang digelar di Marina Bay Sands, Singapura pada 24-27 Oktober 2017

Destinations

Riau Andalkan Bono

  w Wisatawan menikmati ombak Bono (Ist) Riau resmi meluncurkan Calender of Event Riau 2017. Fenomena alam ombak Bono akan jadi andalan untuk menarik wisatawan, termasuk turis asing. Acara peluncuran