PATA Travel Mart 2016 Positif untuk Perekonomian Nasional

suasana preskon

Menteri Pariwisata Arief Yahya berbincang dengan Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono (Ist) 

Kegiatan berskala internasional dalam bursa pariwisata dunia, PATA Travel Mart 2016 yang akan diselenggarakan di Jakarta diperkirakan bakal menjadi yang terbesar di kawasan Asia Pasifik lantaran nilai transaksinya diharapkan mencapai Rp2,5 triliun.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan hal tersebut saas press conference di Jakarta, Selasa (1/9/2015). “Event ini potensi pasarnya sangat besar. Kita targetkan bisa menjual katakanlah 200.000 paket wisata, satu paketnya US$ 1.000, totalnya sudah US$ 200 Juta, itu sudah Rp 2,5 triliun,” tutur Arief.

Belum lagi termasuk peliputan yang terhitung tinggi karena akan diliput beragam media internasional. Nilai pemberitaan event ini pun mencapai Rp15 miliar sehingga hal ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memperkuat branding ‘Wonderful Indonesia’ di pentas dunia.

“Ketika branding sudah kuat, maka saatnya kita untuk bertransaksi. Jualan dan jualan, lebih banyak sellingnya. Ini kesempatan bagus untuk kita,” tuturnya.

Sementara Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono mengamini pendapat Arief Yahya. Darmono menekankan pentingnya kesiapan para stakeholder pariwisata di Indonesia agar siap menyambut tamu dari mancanegara yang datang.

“Biaya event ini Rp 10 miliar, tapi bisa mendatangkan wisatawan sampai 10 juta orang. Akan ada 5.000 travel agent dari seluruh dunia yang datang berpartisipasi. Ini yang perlu dipersiapkan. Waktu persiapan selama satu tahun ini saja sudah terhitung mepet sehingga perlu dukungan semua stakeholder baik pemerintah maupun swasta agar acara ini bisa berhasil,” tutur Darmono.

Dengan nilai transaksi yang demikian besar, tak salah jika PATA Travel Mart disebut sebagai event bursa pariwisata terbesar di kawasan Asia Pasifik. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Airlines

Menanti PATA Travel Mart 2016 di ICE

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 di ICE (Ist) Presiden Director Deutsche Messe Venue Operations selaku pengelola ICE Aage Hansen menyambut positif kesempatan yang diberikan kepada ICE sebagai tempat penyelenggaraan

World Heritage

Presiden Jokowi Serius Kembangkan Wisata Bahari

Presiden Jokowi (kemeja putih) (Ist) Presiden Jokowi semakin tegas sikapnya terhadap potensi bahari di Tanah Air sebab laut tidak hanya menjadi sumber kehidupan dan masa depan bangsa, namun juga alat

Airlines

JAS Siap Bantu Menteri Pariwisata Promosikan Pariwisata Indonesia

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (Ist) Manajemen PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services), perusahaan ground handling swasta nasional menyatakan siap untuk mendukung Kementerian Pariwisata yang dipimpin Menteri

Travel Operator

Trinity: The Nekad Traveler Promosikan Pariwisata Lampung

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali mendukung hasil karya anak bangsa. Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu mendorong film berjudul Trinity:

SightSeeing

Ke Palembang, Wisatawan Bisa Belajar Sejarah Islam

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist) Predikat Palembang di Sumatera Selatan sepertinya bakal bertambah. Selain sudah bisa dipastikan menjadi tujuan wisata olah raga (sport tourism), kota Pempek ini

SightSeeing

Menteri Pariwisata Bawa Angin Segar untuk Pariwisata Lombok

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist) Kebijakan dan keseriusan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk membangun maksimal pariwisata Lombok seakan menjadi air segar