patainanews.com Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

asian games 2018 palembang

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist)

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Dan, DKI Jakarta dan Palembang di Sumatera Selatan dipercaya menjadi tempat penyelenggaran event olah raga di kawasan Asia pada 2018 mendatang. Menariknya Jakarta dan Sumatera Selatan akan menjadi pusat perhatian dunia sebab wisatawan tak hanya sekadar mendukung atlet dari 45 negara peserta namun mereka tak menutup kemungkinan akan berkunjung ke sejumlah destinasi yang ada di Jakarta dan Sumatera Selatan, khususnya di Palembang.

Jakarta diketahui memiliki Kepulauan Seribu yang termasuk dalam 10 Bali baru, destinasi wisata yang dikembangkan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara. Palembang pun daya tarik tersendiri, seperti Sungai Musi yang bisa memikat traveler untuk menikmati Palembang selama ASIAN GAMES 2018.

Karenanya patainanews.com pun ikut mendukung penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018, event olah raga berkelas ini. Ya, penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 yang akan diikuti sekitar 45 negara di Jakarta dan Palembang tak hanya sebatas menjadi event olah raga untuk negara-negara di kawasan Asia saja, namun membuka kesempatan untuk Palembang di Sumatera Selatan semakin membuktikan diri menjadi destinasi wisata yang identik dengan sport tourism.

Event internasional ini juga menjadi pembuktian bagi tuan rumah bersama Jakarta dan Palembang membawa nama baik Indonesia di kancah dunia sehingga membuat Palembang terlihat serius menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik demi Merah Putih kebanggaan negeri ini.

Di Palembang ada Jakabaring, kawasan olah raga yang tergolong komplet. Dan, Palembang juga dikenal dengan Sungai Musi. Bahkan, Sungai Musi juga menjadi andalan Sumatera Selatan menjadi daya tarik wisatawn Nusantara dan wisatawan mancanegara untuk datang ke Palembang dan jalan-jalan di destinasi wisata lainnya di Sumatera Selatan.

Berdasarkan catatan patainanews.com, Sumatera Selatan sebagai model nasional untuk sport tourism di negeri ini. Adapun Menteri Pariwisata Arief Yahya memilih Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai role model destinasi sport tourism di Indonesia.

Arief Yahya sepakat menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, ia juga mengusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia. “Saya tidak akan salah memilih Sumatera Selatan sebagai contoh,” ungkapnya kepada pers di Jakarta, Kamis (7/4/2016). Hal ini diungkapkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam acara peluncuran ajang International Musi Triboatton 2016.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata mengungkapkan perlu pembedaan khusus untuk lebih menjual Sumsel kepada wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. “Kalau untuk Sumsel, kita sepakat Sungai Musi yang jadi ikonnya. Secara atraksi sudah bagus, kuliner bagus, budaya bagus. Nah kalau wisata man made, termasuk di dalamnya ada sport tourism, inilah yang jadi keunggulan Sumsel. Saya sering diskusi, bagaimana kalau Sumsel dikembangkan jadi model nasional untuk sport tourism,” ungkapnya.

Model nasional ini, menurutnya, yaitu seperti daerah percontohan atau role model, dimana Sumsel nantinya akan dikenal sebagai kota penyelenggara ajang-ajang wisata olahraga yang levelnya mendunia, seperti contohnya Asian Games hingga Moto GP.

Palembang juga dikenal selama ini dengan wisata kuliner khas, yakni pempek. Tak hanya itu, Palembang juga kuat dengan budaya dan kearifan lokal sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke Palembang. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

Convert Your Ideas into Values

Suasana press conference ‘BlackInnovation 2016’ (Ist) BlackXperience.com kembali menggelar kompetisi inovasi dan kreatvitas ‘BlackInnovation 2016’. Selain produk inovasi kreatif, kali ini BlackInnovation 2016 memperluas kesempatan para kreator dan innovator untuk

World Heritage

Wonderful Indonesia Berjaya di Perancis

Country branding Wonderful Indonesia (Ist) “Kemenangan itu harus direncanakan!” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata. Arief Yahya tidak sedang ‘haus’ award atau gila penghargaan. Apalagi harus membabi buta hanya untuk mengejar

Culture

Go Digital Bisa Mengalahkan Malaysia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bakal membawa Kementerian Pariwisata melompat jauh menuju target menjaring 20 juta wisatawan di 2019. Caranya dengan Go Digital. Jurus ini dibahas

Tourism

Candi Muara Takus Diminati Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (tengah) meluncurkan Calender of Event Riau 2016 (Ist) Riau memang tengah gencar mempromosikan potensi pariwisata. Selain destinasi wisata, Bumi Lancang Kuning juga memiliki

Cuisine

Berjuang Membawa NTT Menjadi Destinasi Utama Pariwisata

  Melchias Markus Mekeng (Ist) Indonesia memang tak bisa dipungkiri sudah dikenal sejak lama sebagai destinasi utama wisata dunia. Pesona wisata yang ada di negeri ini tak terbatas pada satu

Festival

Menteri Pariwisata Puji Tanjung Lesung

Destinasi wisata bahari ada di Tanjung Lesung sehingga wisatawan bisa melakukan diving (Ist)  Destinasi wisata Tanjung Lesung dipuji Menteri Pariwisata Arief Yahya lantaran kawasan wisata yang terletak di Banten dinilai