Pelabuhan Lembar Ramai Dikunjungi Kapal Pesiar Internasional

Pelindo III_Turis tiba di dermaga Pelabuhan Lembar

Turis asing di Pelabuhan Lembar (Ist)

Kapal pesiar internasional berukuran besar, Down Princess, yang membawa hingga 1.959 wisatawan dengan 843 kru kapal sandar di Pelabuhan Lembar, Mataram, NTB, Kamis (11/8/2016).

Kapal yang dinakhodai oleh Jason Paul Slight tersebut sebelumnya sandar di Pelabuhan Benoa Bali yang juga dikelola PT Pelindo III. Sore ini juga, cruise berbendera Bermuda itu akan kembali berlayar ke Fremantle di Australia.

GM Pelindo III Lembar Baharudin mengungkapkan, persinggahan kapal pesiar internasional di Pelabuhan Lembar biasanya untuk mengajak para turis mengikuti tur di Pulau Lombok.

“Ada banyak travel agent yang siap memfasilitasi agenda wisata ke berbagai destinasi pilihan di Pulau Lombok yang bisa melengkapi kunjungan mereka ke Bali sebelumnya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (11/8/2016).

Selain itu banyak di antara para turis yang berbelanja suvenir lokal dan mengunjungi sentra kerajinan gerabah. “Sentra kerajinan gerabah menjadi favorit karena para wisatawan bisa turut mencoba membuat karya gerabahnya sendiri. Pendekatan partisipatori yang membuat para turis tidak hanya melihat, namun memiliki pengalaman langsung dalam berwisata akan membawa mereka datang lagi atau turut mempromosikannya,” ungkap Baharudin lagi.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Lombok menggunakan kapal pesiar terlihat dari data Pelindo III sebagai pengelola pelabuhan tersebut.

“Selama tahun 2016, ditargetkan ada 24 kapal pesiar yang datang. Hingga saat ini sudah tercapai 11 kapal pesiar yang sandar. Pada tahun 2015 yang lalu dari 26 kapal pesiar yang datang berkunjung, setidaknya wisatawan yang masuk ke Lombok melalui Pelabuhan Lembar mencapai 36 ribu orang,” papar Baharudin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pelabuhan-pelabuhan Pelindo III berada di tujuh provinsi yang menjadi lokasi berbagai destinasi wisata menarik, baik wisata bahari maupun historis.

Untuk itu, BUMN kepelabuhanan yang berpusat di Surabaya tersebut terus merevitalisasi terminal-terminal penumpang dan fasilitas lainnya.

Seperti di Lembar, agar dapat lebih menarik wisatawan untuk datang. “Jadi dukungan Pelindo III untuk peningkatan perekonomian di Pulau Lombok dan NTB, tidak hanya dengan mengefektifkan kinerja bongkar muat logistik, tetapi juga pada sektor pariwisata dengan menarik lebih banyak turis domestik dan mancanegara untuk datang,” pungkasnya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

Pentas Wayang Kulit di Keraton Kasepuhan Cirebon

Wayang Kulit (Ist) Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat akan menggelar pagelaran wayang kulit. Pagelaran ini terbuka untuk umum. Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat ketika dihubungi patainanews.com,

Travel Operator

BRI Dukung Perempuan Indonesia Kibarkan Merah Putih di Puncak Everest

Dua perempuan Indonesia, Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari mengibarkan Merah Putih di Puncak Everest (Ist) Dua perempuan Indonesia, Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari yang tergabung dalam The Women of

Nature

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Pemerintah Perlu Perhatikan Kantong Destinasi Wisata Penyumbang Wisman

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn Sinaga (kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Meski pemerintah tengah giat mempromosikan dan mengembangkan 10 destinasi wisata unggulan yang

Destinations

Libur Lebaran, Pengunjung Naik 200%

Lebaran tahun ini boleh jadi spesial bagi sejumlah destinasi wisata yang ada di Solo dan sekitarnya lantaran jumlah pengunjung naik mencapai 200 persen. Demikian disampaikan Istar Yunianto, Staf Ahli Bupati

Slideshow

Perayaan Malam Tahun Baru Bersama Discovery Hotels & Resorts

Acara Malam Tahun Baru Di Discovery Hotels & Resorts (Ist) Menjelang pergantian tahun, Discovery Hotels & Resorts merayakan malam tahun baru dengan mengadakan berbagai acara yang menarik untuk keluarga. Perayaan

Airlines

Halimah Munawir Mencurahkan Perhatian untuk Pariwisata dan Budaya Indonesia

Halimah Munawir Anwar begitu mencintai pariwisata dan budaya Indonesia (Ist) Sosok satu ini dikenal begitu besar perhatiannya terhadap perkembangan pariwisata dan budaya Indonesia. Ya, Halimah Munawiw Anwar tak segan mencurahkan