Pelabuhan Lembar Ramai Dikunjungi Kapal Pesiar Internasional

Pelindo III_Turis tiba di dermaga Pelabuhan Lembar

Turis asing di Pelabuhan Lembar (Ist)

Kapal pesiar internasional berukuran besar, Down Princess, yang membawa hingga 1.959 wisatawan dengan 843 kru kapal sandar di Pelabuhan Lembar, Mataram, NTB, Kamis (11/8/2016).

Kapal yang dinakhodai oleh Jason Paul Slight tersebut sebelumnya sandar di Pelabuhan Benoa Bali yang juga dikelola PT Pelindo III. Sore ini juga, cruise berbendera Bermuda itu akan kembali berlayar ke Fremantle di Australia.

GM Pelindo III Lembar Baharudin mengungkapkan, persinggahan kapal pesiar internasional di Pelabuhan Lembar biasanya untuk mengajak para turis mengikuti tur di Pulau Lombok.

“Ada banyak travel agent yang siap memfasilitasi agenda wisata ke berbagai destinasi pilihan di Pulau Lombok yang bisa melengkapi kunjungan mereka ke Bali sebelumnya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (11/8/2016).

Selain itu banyak di antara para turis yang berbelanja suvenir lokal dan mengunjungi sentra kerajinan gerabah. “Sentra kerajinan gerabah menjadi favorit karena para wisatawan bisa turut mencoba membuat karya gerabahnya sendiri. Pendekatan partisipatori yang membuat para turis tidak hanya melihat, namun memiliki pengalaman langsung dalam berwisata akan membawa mereka datang lagi atau turut mempromosikannya,” ungkap Baharudin lagi.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Lombok menggunakan kapal pesiar terlihat dari data Pelindo III sebagai pengelola pelabuhan tersebut.

“Selama tahun 2016, ditargetkan ada 24 kapal pesiar yang datang. Hingga saat ini sudah tercapai 11 kapal pesiar yang sandar. Pada tahun 2015 yang lalu dari 26 kapal pesiar yang datang berkunjung, setidaknya wisatawan yang masuk ke Lombok melalui Pelabuhan Lembar mencapai 36 ribu orang,” papar Baharudin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pelabuhan-pelabuhan Pelindo III berada di tujuh provinsi yang menjadi lokasi berbagai destinasi wisata menarik, baik wisata bahari maupun historis.

Untuk itu, BUMN kepelabuhanan yang berpusat di Surabaya tersebut terus merevitalisasi terminal-terminal penumpang dan fasilitas lainnya.

Seperti di Lembar, agar dapat lebih menarik wisatawan untuk datang. “Jadi dukungan Pelindo III untuk peningkatan perekonomian di Pulau Lombok dan NTB, tidak hanya dengan mengefektifkan kinerja bongkar muat logistik, tetapi juga pada sektor pariwisata dengan menarik lebih banyak turis domestik dan mancanegara untuk datang,” pungkasnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Wisatawan Australia Lebih Suka Indonesia

Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri yang merangkap Menteri Pariwisata Selandia Baru H E Mr John Philip Key menyaksikan penandatanganan MoU Kerja Sama di Bidang Pariwisata antarkedua negara yang ditandatangani Menteri

Nature

Tanjung Lesung Workshop Photography

Membuat Foto Layak Jual di Tanjung Lesung Pada 27 Juni lalu, PT Tanjung Lesung Leisure Industry kembali menyelenggarakan acara workshop fotografi yang bertajuk ‘Membuat Foto Layak Jual di Tanjung Lesung’

Airlines

12 September Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata Indonesia Berhadiah Voucher Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Indonesia memang dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Contohnya Lombok di Nusa Tenggara Barat. Wisatawan banyak yang suka

Nature

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari PT BRI

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Culture

Sambut Obama, Kemenpar Siap Promosi Pariwisata di Times Square

Barack Obama (Ist) Setelah Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud berkunjung ke Indonesia kini giliran mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama yang dijadwalkan datang ke Indonesia. Dari paparan Menteri Pariwisata Arief Yahya, 

Travel Operator

Menteri Pariwisata Minta Sail Sabang 2017 Tingkatkan Perekonomian

Launching Sail Sabang 2017 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Provinsi Aceh Irwandi Yusuf dan Walikota Sabang Nazaruddin telah memperkenalkan Sail Sabang 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta