Pelaku Bisnis Pariwisata di NTB Apresiasi Arief Yahya

hadi dan cita

LA Hadi Faishal (kiri) bersama aktris Cita Citata (tengah) tengah menanam pohon di d’Praya Lombok Hotel

 

Sebagai daerah yang punya potensi wisata dan menjadi andalan Indonesia dimasa mendatang setelah Bali, Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) pantas diprioritaskan menjadi destinasi pariwisata unggulan dan ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Terpadu.

Demikian tanggapan Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB LA Hadi Faishal ketika dihubungi patainanews.com, Senin (29/6/2015). “Saya menyampaikan apresiasi terhadap Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mempunyai perhatian untuk pariwisata NTB. Ini adalah wujud komitmen Presiden Jokowi dan Menteri Arief Yahya yang secara terus-menerus memberikan atensi khusus bagi pembangunan dan pengembangan pembangunan sektor pariwisata NTB,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pariwisata mengapresiasi kiprah para Senator Senayan, seperti yang dilakukan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) beserta senator dari NTB yang mendukung Lombok Utara (Bandar Kayangan) dan Mandalika Resort, NTB sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menindaklanjuti pembicaraan yang pernah dilakukan sebelumnya dengan Presiden Joko Widodo, DPD RI telah mengadakan pertemuan dengan berbagai pihak secara komprehensif mengenai langkah-langkah pembangunan Kota Baru Global Hub Bandar Kayangan di Kabupaten Lombok Utara dan pengembangan Kawasan Mandalika.

Adapun Bandar Kayangan dan Mandalika Resort memiliki potensi pariwisata serta ekonomi yang luar biasa. “Kawasan ini telah diusulkan menjadi kawasan prioritas pengembangan, namun dalam perkembangannya mengalami beberapa kendala teknis maupun non teknis, seperti lahan dan infrastruktur pendukung yang belum memadai. Karenanya DPD RI menginisiasi untuk memfasilitasi  solusi dengan seluruh pemangku  kepentingan,” ungkap Farouk Muhammad, senator dari NTB yang juga merupakan Wakil Ketua DPD RI.

Hadi yang juga Wakil Ketua PHRI NTB ini menjelaskan bahwa sebagai daerah yang punya potensi geografis strategis dan terletak di wilayah segi tiga emas, NTB kedepan akan menjadi strategis karena menghubungkan wilayah pelayaran menuju Indonesia timur.

Dan, lanjut Hadi, ini sesuai dengan program pemerintahan Jokowi-JK dalam konteks Tol Laut. “Pengembangan Global hub ataupun sea port yang akan mengambil lokasi di Kahyangan Lombok Utara adalah pilihan cerdas dalam pengembangan di wilayah Indonesia Timur, dan lokasi ini berhadapan lansung dengan Selat Lombok, selat yang termasuk selat terdalam dan terderas di dunia,” urainya.

Sedangkan, lanjut Hadi yang juga sebagai General Manager d’Praya Lombok Hotel ini, di Lombok bagian selatan bisa dikembangkan menjadi satu kawasan dengan panorama pantai dan pegunungan yang sangat indah dan tentu menjadi jawaban untuk menghadirkan resort berkelas dunia.

Apalagi, lanjut Hadi, transportasi udara begitu lancar dengan dibangunnya Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) yang bisa didarati pesawat middle body dan pesawat komersial Indonesia lainnya.

Jadi, lanjutnya, ini betul-betul konsep pembangunan yang sangat terintegrasi dengan penyiapan infrastruktur laut darat dan udara. “Pengembangan pembangunan pariwisata di Lombok menjadi sangat mudah karena lokasi dan tanah untuk penataan seluruh jaringan transportasi pun tersedia dan belum terbangun. Kami berharap agar pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan bandar laut Kahyangan dan pembangunan Mandalika Resort serta menambah run way dan apron bandara BIL karena semuanya saling terkait untuk mengangkat kualitas perekonomian masyarakat serta penopang utama fasilitas pembangunan pariwisata lombok NTB,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Hotel

Akses Kian Banyak, Jumlah Kunjungan Wisman Melonjak

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya boleh tersenyum. Upaya menjaring wisatawan mancanegara semakin menunjukkan progress positif. Kegetolan Menteri Pariwisata yang mantan Dirut PT Telkom ini dalam

Tourism

2017, Operasional BIJB Dimulai

Virda Dimas Ekaputra (Ist) Peletakan batu pertama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ditargetkan bisa dilakukan pada November mendatang setelah pembebasan lahan mencapai 873 Ha

World Heritage

Kapal Pesiar Genting Dream Bawa Wisatawan ke Indonesia

Celebrate the Arrival of Genting Dream di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Rabu, 4 April 2018 Kapal pesiar Genting Dream ternyata membawa wisatawan yang tertarik traveling ke Indonesia lantaran Genting Dream datang

Tour Package

International Musi Triboatton 2016, Sumsel Targetkan 1000 Wisatawan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengaku optimistis penyelenggaraan Intetnational Musi Triboatton 2016 bisa mendatangkan banyak wisatawan yang berkunjung ke

Investments

Orias Petrus Moedak Nakhoda Baru Pelindo III

Logo PT Pelindo III (Ist) Menteri BUMN Rini Soemarno melalui  Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) telah memutuskan pergantian Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III. Efektif mulai 16 Mei 2016, Orias Petrus Moedak

Tourism

2017, Fremantle to Banyuwangi Yacht Race & Rally

Djarwo Surjanto (Ist) Manajemen PT Pelindo III merencanakan pada 2017 mendatang menggelar Fremantle to Banyuwangi Yacht Race & Rally. Event dua tahunan ini bertujuan menunjang wisata bahari di Bali. Demikian