Pelaku Bisnis Pariwisata di NTB Apresiasi Arief Yahya

hadi dan cita

LA Hadi Faishal (kiri) bersama aktris Cita Citata (tengah) tengah menanam pohon di d’Praya Lombok Hotel

 

Sebagai daerah yang punya potensi wisata dan menjadi andalan Indonesia dimasa mendatang setelah Bali, Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) pantas diprioritaskan menjadi destinasi pariwisata unggulan dan ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Terpadu.

Demikian tanggapan Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB LA Hadi Faishal ketika dihubungi patainanews.com, Senin (29/6/2015). “Saya menyampaikan apresiasi terhadap Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mempunyai perhatian untuk pariwisata NTB. Ini adalah wujud komitmen Presiden Jokowi dan Menteri Arief Yahya yang secara terus-menerus memberikan atensi khusus bagi pembangunan dan pengembangan pembangunan sektor pariwisata NTB,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pariwisata mengapresiasi kiprah para Senator Senayan, seperti yang dilakukan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) beserta senator dari NTB yang mendukung Lombok Utara (Bandar Kayangan) dan Mandalika Resort, NTB sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menindaklanjuti pembicaraan yang pernah dilakukan sebelumnya dengan Presiden Joko Widodo, DPD RI telah mengadakan pertemuan dengan berbagai pihak secara komprehensif mengenai langkah-langkah pembangunan Kota Baru Global Hub Bandar Kayangan di Kabupaten Lombok Utara dan pengembangan Kawasan Mandalika.

Adapun Bandar Kayangan dan Mandalika Resort memiliki potensi pariwisata serta ekonomi yang luar biasa. “Kawasan ini telah diusulkan menjadi kawasan prioritas pengembangan, namun dalam perkembangannya mengalami beberapa kendala teknis maupun non teknis, seperti lahan dan infrastruktur pendukung yang belum memadai. Karenanya DPD RI menginisiasi untuk memfasilitasi  solusi dengan seluruh pemangku  kepentingan,” ungkap Farouk Muhammad, senator dari NTB yang juga merupakan Wakil Ketua DPD RI.

Hadi yang juga Wakil Ketua PHRI NTB ini menjelaskan bahwa sebagai daerah yang punya potensi geografis strategis dan terletak di wilayah segi tiga emas, NTB kedepan akan menjadi strategis karena menghubungkan wilayah pelayaran menuju Indonesia timur.

Dan, lanjut Hadi, ini sesuai dengan program pemerintahan Jokowi-JK dalam konteks Tol Laut. “Pengembangan Global hub ataupun sea port yang akan mengambil lokasi di Kahyangan Lombok Utara adalah pilihan cerdas dalam pengembangan di wilayah Indonesia Timur, dan lokasi ini berhadapan lansung dengan Selat Lombok, selat yang termasuk selat terdalam dan terderas di dunia,” urainya.

Sedangkan, lanjut Hadi yang juga sebagai General Manager d’Praya Lombok Hotel ini, di Lombok bagian selatan bisa dikembangkan menjadi satu kawasan dengan panorama pantai dan pegunungan yang sangat indah dan tentu menjadi jawaban untuk menghadirkan resort berkelas dunia.

Apalagi, lanjut Hadi, transportasi udara begitu lancar dengan dibangunnya Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) yang bisa didarati pesawat middle body dan pesawat komersial Indonesia lainnya.

Jadi, lanjutnya, ini betul-betul konsep pembangunan yang sangat terintegrasi dengan penyiapan infrastruktur laut darat dan udara. “Pengembangan pembangunan pariwisata di Lombok menjadi sangat mudah karena lokasi dan tanah untuk penataan seluruh jaringan transportasi pun tersedia dan belum terbangun. Kami berharap agar pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan bandar laut Kahyangan dan pembangunan Mandalika Resort serta menambah run way dan apron bandara BIL karena semuanya saling terkait untuk mengangkat kualitas perekonomian masyarakat serta penopang utama fasilitas pembangunan pariwisata lombok NTB,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Heritage

Borobudur Jadi Centrum Events Pariwisata 2017

Candi Borobudur (Ist) Borobudur tak ingin tertinggal dari Banyuwangi, Solo, dan NTB dalam hal penyelenggaraan event dan festival. Memasuki bulan kedua 2017, destinasi yang sedang dikembangkan menjadi ’10 Bali Baru’

SightSeeing

patainanews.com Mengucapkan Dirgahayu HUT RI ke-72

Manajemen, Staf dan Redaksi patainanews.com mengucapkan Dirgahayu HUT RI ke-72. Semoga pariwisata Indonesia semakin dikenal di mancanegara dan sebagai leading sector pembangunan nasional bisa mensejahterakan masyarakat negeri ini

Investments

Creating New Cities, Semangat Anak Bangsa Membangun Kota Baru di Indonesia

SD Darmono, Founder Jababeka Group PT Jababeka Tbk selama ini dikenal menjadi top of mind di bidang Kawasan Industri. Sudah lebih dari 27 tahun perusahaan ini berkiprah membangun negeri sehingga

Hotel

Nikmati Nobar UEFA 2016 di grandkemang Jakarta

Piala Eropa 2016 (Ist) Mata dunia kini tertuju pada kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2016 di Perancis. Lebih dari 20 tim sedang berlomba untuk memenangkan piala bergengsi tersebut. Ini akan

Culture

Batik Membuat Warga Dunia Jatuh Hati pada Indonesia

Koleksi batik milik Lindy Ann (Ist) Batik selama ini dikenal sebagai wastra tradisional asli Nusantara. Dan, kesadaran mengenakan batik semakin menguat sejak 2009 silam batik telah secara resmi diakui UNESCO

Slideshow

Menanti PATA Travel Mart 2016 di ICE

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 di ICE (Ist) Presiden Director Deutsche Messe Venue Operations selaku pengelola ICE Aage Hansen menyambut positif kesempatan yang diberikan kepada ICE sebagai tempat penyelenggaraan