Pelatihan Tourism Goes To Campus Digelar di Batam

Wisatawan di destinasi wisata di Kepulauan Riau (Ist)

Pelatihan SDM kepariwisataan atau “tourism goes to campus” digelar di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai salah satu upaya mendukung pengembangan sektor pariwisata yang kini menjadi primadona di wilayah itu.

Pariwisata di Provinsi Kepri memang sedang menjadi primadona dilihat pada 2017 silam sektor tersebut menyumbang pendapatan daerah (PAD) hingga Rp4,8 triliun.

Oleh sebab itu Kepri dianggap membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) andal dan kompeten di bidang pariwisata.

Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Alfin Merancia saat Pelatihan SDM Kepariwisataan Goes To Campus di Aula STT Ibnu Sina, Batam Kepulauan Riau, Kamis (13/6/2019) mengatakan, pengembangan SDM pariwisata memainkan peranan yang sangat penting guna mewujudkan masyarakat sadar wisata.

“Sektor pariwisata telah tumbuh dengan sangat baik di Kepulauan Riau. Karena itu dibutuhkan SDM-SDM pariwisata dengan karakter pemimpin. Tentunya yang dapat menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa muncul SDM pariwisata andal bidang pariwisata,” kata Alfin dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, Alfin mengungkapkan, program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan masyarakat. Hal itu berguna untuk memberikan layanan yang baik kepada wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Dengan kegiatan ini, kami harap para peserta mampu memahami pengertian daya tarik dan destinasi wisata. Serta meningkatan kapasitas dan juga ‘awareness’ mengenai kepariwisataan bagi mahasiswa” katanya.

Selain dihadiri 300 orang perserta, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Ardiwinata, Ketua STT Ibnu Sina Batam Larisang, Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari Kepulauan Riau Surya Wijaya, dan Widyaiswara Kementerian Pariwisata, Aryanti Prima Restu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Ardiwinata mengatakan, pengembangan SDM pariwisata memainkan peranan yang sangat penting guna mewujudkan masyarakat sadar wisata.

“Untuk meningkatkan citra dan mutu produk serta pelayanan wisata, dituntut tenaga-tenaga pengelola juga pelaksana yang profesional, baik di kalangan industri pariwisata dan destinasi wisata serta instansi terkait,” katanya. (Gabriel Bobb)

About author



You might also like

All About Indonesia

Rakyat Merdeka ‘Menyebalkan’ Presiden Jokowi

Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi kembali mengocok perut para hadirin yang menyimaknya berpidato. Kali ni terjadi dalam puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018, di Danau Cimpago Pantai Padang, Sumatera Barat,

Festival

Wisata Bahari Andalan Lombok

LA Hadi Faishal (Ist) Upaya pemerintah melalui wisata bahari guna mewujudkan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga 2019 mendatang direspons positif industri pariwisata yang ada di Lombok,

Indonesiaku

Meneg BUMN dan KPK perlu bahas PT Nindya Karya

Tito Hananta Kusuma (Ist) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memblokir rekening PT Nindya Karya senilai Rp44 miliar dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dermaga di Pelabuhan bebas Sabang, Aceh. KPK sebelumnya

SightSeeing

Calendar Events 2016, Panduan Kegiatan Menarik untuk Wisatawan

Calendar of Events 2016 yang berisi beragam acara pariwisata di negeri ini bisa menjadi panduan bagi wisatawan, termasuk turis asing ketika berkunjung ke Indonesia. Eksotisnya negeri ini memang menjadi daya

Slideshow

Emas, Merah Putih, dan Indonesia Raya di ASIAN GAMES 2018

Jonatan Christie (kaos putih) sukses mempersembahkan medali emas ke-23 untuk Indonesia Indonesia terus mendulang medali emas di ASIAN GAMES 2018. Penyelenggaraan pesta olahraga di kawasan Asia ke-18 ini yang digelar

Slideshow

Memandang Laut dari Bintang Galesong Takalar

Sunset di Bintang Galesong (Ist) Wisata bahari sepertinya kental dengan Takalar. Sejumlah destinasi wisata bahari di kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan memang mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis