Pelatihan Tourism Goes To Campus Digelar di Batam

Wisatawan di destinasi wisata di Kepulauan Riau (Ist)

Pelatihan SDM kepariwisataan atau “tourism goes to campus” digelar di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai salah satu upaya mendukung pengembangan sektor pariwisata yang kini menjadi primadona di wilayah itu.

Pariwisata di Provinsi Kepri memang sedang menjadi primadona dilihat pada 2017 silam sektor tersebut menyumbang pendapatan daerah (PAD) hingga Rp4,8 triliun.

Oleh sebab itu Kepri dianggap membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) andal dan kompeten di bidang pariwisata.

Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Alfin Merancia saat Pelatihan SDM Kepariwisataan Goes To Campus di Aula STT Ibnu Sina, Batam Kepulauan Riau, Kamis (13/6/2019) mengatakan, pengembangan SDM pariwisata memainkan peranan yang sangat penting guna mewujudkan masyarakat sadar wisata.

“Sektor pariwisata telah tumbuh dengan sangat baik di Kepulauan Riau. Karena itu dibutuhkan SDM-SDM pariwisata dengan karakter pemimpin. Tentunya yang dapat menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa muncul SDM pariwisata andal bidang pariwisata,” kata Alfin dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, Alfin mengungkapkan, program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan masyarakat. Hal itu berguna untuk memberikan layanan yang baik kepada wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Dengan kegiatan ini, kami harap para peserta mampu memahami pengertian daya tarik dan destinasi wisata. Serta meningkatan kapasitas dan juga ‘awareness’ mengenai kepariwisataan bagi mahasiswa” katanya.

Selain dihadiri 300 orang perserta, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Ardiwinata, Ketua STT Ibnu Sina Batam Larisang, Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari Kepulauan Riau Surya Wijaya, dan Widyaiswara Kementerian Pariwisata, Aryanti Prima Restu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Ardiwinata mengatakan, pengembangan SDM pariwisata memainkan peranan yang sangat penting guna mewujudkan masyarakat sadar wisata.

“Untuk meningkatkan citra dan mutu produk serta pelayanan wisata, dituntut tenaga-tenaga pengelola juga pelaksana yang profesional, baik di kalangan industri pariwisata dan destinasi wisata serta instansi terkait,” katanya. (Gabriel Bobb)

About author



You might also like

Festival

Presiden Jokowi Resmikan Kereta Bandara

Presiden Jokowi mencoba KA Bandara (Ist) Semangat Presiden Jokowi membangun Indonesia semakin terlihat. Pariwisata yang dijadikan core economy bangsa juga semakin terdengar dan terus viral. Semua sektor pun ikut support

Culture

Wonderful Indonesia Tebar Pesona di Seatrade Cruise Global 2016

Logo country branding Wonderful Indonesia (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Konsulat Jenderal RI di Houston USA kompak. Kali ini keduanya menggarap pasar kapal pesiar atau cruise yang amat terkenal di

Slideshow

Direksi Pelindo III Lantik Direksi Anak Perusahaan

Pelantikan pejabat di PT Pelindo III (Ist) Sebanyak dua belas orang pejabat struktural di lingkungan Pelindo III dilantik Direksi Pelindo III  di Surabaya, Rabu (1/3/2017). Adapun enam orang pejabat dilantik

Slideshow

Mempromosikan Desa Wisata Melalui Famtrip

Rapat sinkronisasi program famtrip di Gedung Sapta Pesona, Jakarta (Ist) Tim Percepatan Wisata Desa dan Kota yang dibentuk Kementerian Pariwisata memunyai terobosan dalam mengangkat potensi desa wisata di Indonesia, sejumlah

World Heritage

Menjaga Kelestarian Wisata Bahari Indonesia dengan Tas Jaring

Menteri Pariwisata Arief Yahya memperkenalkan tas jaring yang biasa dipakai penyelam (Ist) Ketua Scuba Diver AustalAsia Ocean Planet Edisi Indonesia Nunung Hasana bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya memperkenalkan tas jaring

Heritage

Sumsel Menuju Destinasi Sport Tourism

Seorang anak kecil yang merupakan warga Tanjung Raya, Empat Lawang tampak antusias melihat persiapan peserta menjelang pembukaan Etape I International Musi Triboatton 2016 Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mampu menjawab