Pelindo Daya Sejahtera Bersiap Lakukan Ekspansi Usaha

logo pelindo 3 terbaru

Logo PT Pelindo III (Ist)

PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) pada tahun ini genap berusia dua tahun, tepatnya 19 Maret 2016. Hari jadi diperingati secara sederhana, diawali dengan makan bersama ‘Tenaga Kebersihan PDS’ di halaman kantor PDS Jalan Perak Timur Surabaya, disusul dengan peluncuran website dan aplikasi e-recruitment, serta kick off budaya perusahaan, dan komitmen etika perilaku PDS.

PDS semakin mantap menapakkan kaki dalam bisnis alih daya. “Alhamdulillah, dalam usia yang baru dua tahun, PDS mampu memperlihatkan kinerja yang melebihi harapan. Dalam satu tahun terakhir, PDS mencatatkan pendapatan sebesar Rp98,4 miliar atau naik lebih dari dua kali lipat dibanding tahun 2014 yang mencatatkan pendapatkan sebesar Rp42,55 miliar. Laba perusahaan juga meningkat 458 persen, dan aset perusahaan meningkat 152 persen dari tahun sebelumnya, menjadi Rp 39,93 miliar,” tutur Direktur Utama PDS Gugus Wijonarko.

Pencapaian kinerja keuangan tersebut disokong antara lain pertama karena keberhasilan program efisiensi. Hal ini diperlihatkan dengan penurunan operating ratio dari 98 persen menjadi 95 persen. Efisiensi dilakukan  tanpa mengurangi kualitas layanan.

Kedua adanya peningkatan kepercayaan pelanggan. Hal ini terlihat dari jumlah karyawan PDS yang meningkat dari 1.360 orang di tahun 2014 menjadi lebih dari 2.600 orang di tahun 2015.

Ketiga terjadi perluasan cakupan usaha. PDS yang sebelumnya hanya menangani beberapa jenis pekerjaan kini telah menyediakan belasan layanan antara lain call center, rekrutmen, layanan pelanggan, pass gate, administrasi, sekretaris, resepsionis, security, house keeping, tally, perawatan gedung, pengemudi, payroll, operator armada & alat  berat, pendukung operasi energi & logistik, serta pelatihan SDM.

Gugus mengungkapkan, beberapa produk unggulan PDS, seperti hospital house keeping sudah mulai dilirik beberapa rumah sakit di luar Pelindo III.

“Ini merupakan sesuatu yang membanggakan, yang memacu semangat untuk mampu menciptakan produk-produk unggulan lain yang tentunya dapat memasuki pangsa pasar yang lebih luas,” tambahnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com beberapa waktu lalu.

Prestasi yang tak kalah membanggakan adalah penghargaan dari kementerian dan lembaga independen, yang antara lain Penghargaan Indonesia Entrepreneur and Education Award 2015 dari Kementerian Koperasi dan UKM, dan Indonesia Business Quality Award 2015 dari Indonesia Development Achievement Foundation. PDS masuk kategori The Most Trusted Company in Company Outsourcing of the Year 2015.

Memasuki tahun ketiga, PDS telah berancang-ancang melebarkan sayap bisnis, dengan memberikan layanan ke Pelindo III Group (anak perusahaan dan perusahaan afiliasi), serta ke perusahaan-perusahaan lain di luar Pelindo III Group.

Manajemen PDS melihat peluang alih daya masih terbuka lebar, karena dalam beberapa tahun terakhir ini para pelaku usaha, baik di lingkungan pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  maupun swasta lebih memfokuskan diri pada core business.

Terkait dengan launching website dan e-recruitment baru-baru ini, menurut Gugus Wijonarko akan memegang peranan penting dalam bisnis PDS.

Website dimanfaatkan sebagai sarana memperkenalkan perusahaan ke masyarakat, khususnya calon costumer. Sementara e-recruitment akan mempercepat proses rekuitmen karyawan, karena akan memangkas sejumlah aktivitas yang selama ini cukup menyita waktu dan tenaga.

Hal ini juga sebagai wujud komitmen PDS sebagai perusahaan alih daya berbasis IT. Sedangkan budaya perusahaan yang ditetapkan diharapkan mampu membentuk karakter dan budaya kerja karyawan yang merupakan aset utama perusahaan.

Begitu juga sikap dan perilaku merupakan komitmen insan PDS untuk menjaga etika dan perilaku 24 sehari dan 7 hari seminggu. Budaya perusahaan serta sikap dan perilaku tersebut akan menjadi unggulan perusahaan dan sekaligus akan meningkatkan layanan ke costumer.

PDS adalah anak perusahaan PT Pelindo III di bidang alih daya yang didirikan 19 Maret 2014 silam. Keberadaan PDS tidak lepas dari komitmen manajemen Pelindo III terhadap kesejahteraan tenaga outsourcing.

Manajemen Pelindo III menilai kesejahteraan tenagaoutsourcing perlu ditingkatkan, dan hal itu dapat terwujud jika tenaga outsourcing dikelola secara profesional. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Sriwijaya Ekspansi ke Timur

Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air (Ist) Mengawali ekspansi bisnis di tahun 2016, Sriwijaya Air Group (Sriwijaya Air dan NAM Air) membuka dua rute baru sebagai upaya memperluas konektivitas antarkota di Indonesia

Slideshow

Potensi Turis Korsel ke Indonesia Besar

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan asal Korea Selatan (Korsel) semakin suka berkunjung ke Indonesia. Mereka datang ke negeri ini menikmati beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Kehadiran

Nature

Menikmati Pantai Angsana yang Cantik di Tanah Bumbu

Pesona bawah laut di Karang Anjir, salah satu spot menarik melihat terumbu karang di Pantai Angsana (Ist) Pemerintah memanfaatkan momen Idul Fitri 1437 H dengan menggelar Pesona Lebaran 2016. Pemudik

Cuisine

Pemerintah Perlu Kembangkan Wisata Kuliner Indonesia

Rendang, Kuliner Khas Indonesia (Ist) Sebagai upaya melestarikan kuliner khas Indonesia, maka pemerintah harus melindungi dan mengembangkan wisata kuliner negeri ini yang dimulai dari dalam negeri hingga ke mancanegara sehingga

World Heritage

Jogja Fashion Rendezvous 2017 Ikut Melestarikan Kain Tradisional Nusantara

Rika Hermalin, desainer asal Semarang, Jawa Tengah (tengah) yang ikut tampil dalam Jogja Fashion Rendezvous 2017 (Ist) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diketahui tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia, budaya khas

Slideshow

Turis dari Riau Suka ke Bukittinggi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut wisatawan dari Riau suka traveling ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Hal tersebut disampaikan Menpar Arief dalam launching ‘Calender of Event (CoE)