Pelindo III Ajak Siswa SMA Peduli Pelabuhan di Daerah

penyampain materi oleh narasumber

Penyampaian materi oleh narasumber Pelindo III Goes to School (Ist)

Bagaimana jika ada kapal yang mogok di pelabuhan? Bagaimana menangani kapal yang tenggelam di pelabuhan? Apa keistimewaan Pelindo ketimbang kompetitornya?

Itulah beberapa pertanyaan menarik saat Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak menyelenggarakan kegiatan Pelindo III Goes to School (P3TGS) dihadapan sekitar 100 murid di Sekolah Citra Berkat, Citraland, Surabaya, 2 November 2016.

’’Ide dan pertanyaan dari para siswa selalu mengelitik karena diluar dari prediksi kami,’’ kata Manager SDM dan Umum Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Mohammad Syafiudin, yang didaulat sebagai narasumber di dalam kegiatan tersebut.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengenalkan pelabuhan kepada para siswa dan siswi di Sekolah Citra Berkat, yang meliputi bidang usaha utama dan pendukung Pelindo III dan aktivitas bisnis Pelindo III serta peran dan fungsi pelabuhan.

’’Smartphone yang adik-adik gunakan saat ini sebelum sampai ke tangan adik-adik, diangkut dengan kapal dan dibongkar muat di Pelabuhan,’’ ujar pria yang akrab dipanggil Syafiudin yang diterima patainanews.com, Kamis (3/1`1/2016).

Menurutnya, banyak kebutuhan sehari-hari dari masyarakat di Surabaya dan Jatim diangkut dengan kapal dan dibongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, diantaranya raw sugar (gula coklat), soya bean meal, dan soda ash serta gandum.

’’Apa jadinya apabila barang-barang tersebut diangkut dengan pesawat terbang? Biaya logistik pastilah sangat tinggi,’’ ujarnya.

Oleh karena itu Pelindo III telah merevitalisasi alur pelayaran Barat Surabaya yang semula memiliki kedalaman 9,5 meter menjadi 13 meter, kemudian untuk memperlebar dari 100 meter menjadi 150 meter.’

’Dengan dilakukan revitalisasi maka kapal yang datang akan semakin besar sehingga akan semakin efisien dan efektif,’’ terang pria asal Madura ini.

Selain itu, para murid yang berasal dari bangku SMA Sekolah Citra Berkat ini juga dibekali dengan profesi atau pekerjaan yang ada di Pelabuhan, seperti petugas pandu, operator alat bongkar muat hingga para pekerja di back office.

’’Jadi tidak hanya jadi pengusaha atau dokter dan tukang insinyur saja,’’ katanya. Perlu diketahui para murid juga diberikan tantangan dengan mengikuti lomba pembuatan maket pelabuhan untuk murid SD, infografis untuk murid SMP dan problem solving untuk murid SMA.

’’Kami tidak mengira karya-karya mereka sungguh luar biasa,’’ kata Syafiudin. Nantinya, para pemenang lomba akan mendapatkan kesempatan tour keliling pelabuhan dan naik kapal Artama.

’’Kami tidak memberikan uang tapi pengalaman menarik bagi mereka,’’ tambahnya. Khususnya, untuk lomba problem solving para siswa secara beregu diminta mengidentifikasi potensi bisnis yang dimiliki pada daerah-daerah tempat cabang-cabang Pelindo III berada, seperti di Banyuwangi, Kalimantan, Bali dan Lombok serta Bima.

’’Setelah mengetahui potensinya mereka diminta membuat business plan-nya agar nantinya potensi tersebut dapat dikembangkan dan men-support pelabuhan di daerah,’’ terangnya.

Dengan demikian jika pelabuhan di daerah bisa berkembang dapat mendukung pelabuhan Tanjung Perak. Ester Christine Huliselan, salah satu guru dari Sekolah Citra Berkat mengaku senang dengan kegiatan ini karena para murid selama ini belum banyak mengetahui tentang pelabuhan dan aktivitasnya serta perubahannya.

’’Kalau begini kan para murid tahu ada SNQ dan Terminal Penumpang GSN,’’ katanya sambil tersenyum. Hal yang sama juga diungkapkan Alfrida, salah satu murid, merasa senang bisa ikut tantangan dari Pelindo III karena bisa belajar tentang peran dan manfaat pelabuhan bagi masyarakat.

’’Awalnya kita tidak tahu Pelindo itu apa, dan kini kita tahu ternyata Pelindo itu punya pelabuhan yang besar dan cukup modern,’’ katanya sambil tersenyum. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

120 Tour Operator ASEAN Jelajah Samosir

Jelajah wisata budaya Sumatera Utara di Samosir (Ist) 120 tour operator dari Indonesia dan negara-negara di ASEAN diketahui menikmati menjelajah Samosir di Sumatera Utara. “Amazing dan luar biasa. Itulah kata-kata

Tour Package

SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce

Irma Sustika (Ist) Womanpreneur Community (WPC), komunitas perempuan Indonesia mengenai entrepreneurship sekelas usaha UMKM mendapat kabar baik untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International

Festival

Country Branding ‘Wonderful Indonesia’ Promosi di Argentina

Sabar Gorky (kanan) saat bertemu Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Ist) ‘Wonderful Indonesia’ akan ikut dipromosikan di Argentina. Country branding negeri ini dipastikan turut serta dalam Ekspedisi

Tour Package

Dari Lembata Nusa Tenggara Timur Membangun Potensi Maritim Nusantara

Launching Hari Nusantara 2016 (Ist) Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya meluncurkan Hari Nusantara 2016 di Balairung Soesilo

Airlines

Pariwisata Danau Toba Dijual di Yogyakarta

Pembukaan table top Kementerian Pariwisata mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba melalui kegiatan sales mssion yang diadakan di Hartono Mal dan Hotel Marriot, Yogyakarta mulai Jumat, 7 September lalu hingga 9

Travel Operator

Menteri Pariwisata Ikut Bukber El John Pageants

Menteri Pariwisata Arief Yahya tampak hadir dalam bukber El John Pageants Sebagai wujud berbagi kasih dan kebahagiaan di bulan Ramadan, EL JOHN  Pageants menyelenggarakan buka puasa bersama anak yatim piatu