Pelindo III Dukung Pengembangan Pariwisata Joglosemar

Pelindo III_Sinergi BUMN Dukung Pariwisata_2

Sinergi BUMN dukung pengembangan Joglosemar (Ist)

Dua belas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan komitmennya dalam mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar) di hadapan Menteri BUMN Rini Soemarno di Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (27/4/2016).

Komitmen tersebut diwujudkan dalam perjanjian kerja sama untuk promosi pariwisata, pengembangan kawasan wisata, dan integrasi antarmoda transportasi di koridor Joglosemar.

Menteri BUMN mengatakan komitmen bersama 12 BUMN dalam mendukung tercapainya targetkunjungan 2 juta wisatawan di kawasan Joglosemar pada 2019 mendatang.

Saat ini, kunjungan ke kawasan tersebut masih sekitar 200 ribu wisatawan setiap tahunnya. “Kalau dihitung akan ada peningkatan 10 kali dari jumlah kunjungan saat ini,” terangnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (27/4/2016).

Sejumlah rencana besar telah disiapkan BUMN dalam mendukung peningkatan kunjungan wisatawan. Seperti pembangunan bandara baru di Kulon Progo, Yogyakarta dan revitalisasi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebagai pintu masuk wisatawan dengan kapal pesiar.

Selain itu, ada rencana pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo,Solo, dengan jalur kereta api ke Yogyakarta.

“Di darat, Damri juga harus siap mendukung integrasi intermoda transportasi,” tambah Rini Soemarno. Sementara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan, kawasan Joglosemar merupakan kawasan segitiga ekonomi di Pulau Jawa. Kawasan tersebut memiliki daya tarik wisata yang sangat khas, khususnya terkait dengan budaya daerah.

“Joglosemar ini memiliki banyak peninggalan budaya yang terkenal di dunia. Ada (Candi) Borobudur, Keraton Jogja dan Solo, (Candi) Prambanan, dan masih ada daya tarik wisata lainnya,” papar Sri Sultan.

Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia III Toto Heliyanto menjelaskan, peran Pelindo III dalam pengembangan pariwisata di kawasan Joglosemar melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Menurutnya, Pelabuhan Tanjung Emas merupakan pintu masuk wisatawan mancanegara pengguna sarana kapal pesiar. Tahun ini, direncanakan ada 20 kapal pesiar yang akan singgah di Pelabuhan Tanjung Emas.

“Sekali datang bisa mencapai 2 ribu wisatawan mancanegara. Mereka biasanya ke Candi Borobudur,” katanya. Dukungan pengembangan pariwisata diwujudkan Pelindo III dalam bentuk revitalisasi pelabuhan.

Sebelumnya pelabuhan itu terkendala rob (limpasan air laut pasang), kini kendala tersebut sudah diatasi dengan teknologi sistem polder untuk mengeringkan.

Pelindo III juga telah merevitalisasi terminal penumpang pelabuhan melalui berbagai penataan interior yang menyamankan para penumpang kapal laut.

Kedua belas BUMN dan anak usaha BUMN yang turut dalam kerja sama tersebut, yaitu Pelindo III, Garuda Indonesia, Angkasa Pura I, PT Kereta Api Indonesia, Perum Perhutani, PTPN IX, Perum Damri, Taman Wisata Candi, Hotel Indonesia Natour, ITDC, Patra Jasa, Aerowisata.

Turut hadir Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Ari Wibowo. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

GMT 2016, Ajang Promosi Wisata dan Maritim Indonesia

Wonderful Indonesia (Ist) Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membentuk acara promosi wisata dan maritim Indonesia saat gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang. “Dari hasil rapat, intinya kami

World Heritage

Bali Tuan Rumah Kejuaraan Selancar Dunia

Surfer di Bali (Ist) Bali menjadi tuan rumah seri ke-3 kejuaraan dunia selancar (surfing) dari Liga Selancar Dunia atau WSL Champions Tour 2019 yang rencananya akan digelar di Pantai Keramas

Slideshow

Wisatawan Mancanegara di Ijen Bawa Keberuntungan untuk Warga Banyuwangi

Billy Joe Nugroho (tengah) Wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Banyuwangi yang ada di Jawa Timur banyak yang tertarik untuk melihat dari dekat kawah Ijen. Traveler dari luar negeri yang datang

Slideshow

Indonesia Promosi Wisata di Selandia Baru

Jelang Natal 2016, Indonesia promosi pariwisata di Selandia Baru (Ist) Indonesia memboyong dan menampilkan mobil parade bertema ‘kapal Phinisi’ dalam event menyambut Natal terbesar di Kota Auckland, Selandia Baru, yakni

Tourism

Silaturahmi DPD ASTINDO Jakarta

‘Lebih Dekat dengan Airlines’ serta buka puasa bersama dengan anggota ASTINDO (Ist) DPD ATINDO DKI Jakarta menggelar silaturahmi yang mengusung tema ‘Lebih Dekat dengan Airlines’ serta buka puasa bersama dengan

SightSeeing

Tanjung Lesung, Destinasi Wisata Bahari yang Sekaligus Sport Tourism

Wartawan foto bersama di Tanjung Lesung (Ist) Tanjung Lesung yang selama ini punya daya tarik wisata bahari bagi traveler ternyata juga punya dari tersendiri untuk sport tourism yang semakin banyak