Pelindo III Dukung Pengembangan Wisata Bahari

dirut pelindo 3

Djarwo Surjanto (Ist)

Manajemen PT Pelindo III menyadari sebagai badan usaha milik negara (BUMN) mempunyai fungsi menjadi agent of development. Karenanya manajemen PT Pelindo III mendukung pengembangan marina di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur.

“Memenuhi fungsi BUMN sebagai agent of development di bidang pariwisata bahari, walaupun secara finansial tidak terlalu menarik,” ujar Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (10/9/2015).

Adapun PT Pelindo III mendukung pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk mengelola kawasan wisata di Pantai Boom dengan menandatangani kerja sama dengan pemerintah daerah di ujung timur Pulau Jawa itu.

“Prinsipnya kita sepakat untuk membuat marina di Pantai Boom Banyuwangi,” kata Djarwo. Perjanjian kerja sama tersebut diatur mengenai uraian hak dan kewajiban masing-masing pihak, baik Pemkab Banyuwangi dan Pelindo III, seperti pengelolaan tiket masuk, jasa parkir, kebersihan, keamanan hingga promosi dan pemasaran di wilayah wisata Pantai Boom Banyuwangi.

Pada kawasan seluas 44,2 hektar tersebut akan dibagi dalam beberapa zona, seperti kawasan komersial, publik dan kawasan perikanan sehinngga tidak semua dikembangkan secara komersial dan masyarakat masih bisa masuk, serta nelayan juga masih bisa beraktivitas.

Karenanya Pelindo III akan melibatkan anak perusahaannya, yaitu PT Pelindo Properti Indonesia (PPI) bersama Pemkab Banyuwangi membentuk semacam perusahaan patungan yang akan mengurusi semua hal tersebut terkait pengembangan Pantai Boom.

Rupanya Pantai Boom diproyeksikan sebagai kawasan wisata maritim terlengkap di Indonesia. Kawasan ini akan dilengkapi marina (dermaga sandar yacht/kapal pesiar), hotel, restoran dan pusat hiburan. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Heritage

Bebas Visa untuk Turis Asing Untungkan Pariwisata Indonesia

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist) Pemerintah Indonesia diketahui sudah memberikan izin bebas visa untuk turis asing

Festival

Enny Kwan yang Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia ke Malaysia

KRIJA Indonesia, boneka yang menggunakan pakaian adat khas Nusantara (Ist) Pariwisata Indonesia selama tak bisa lepas dari budaya khas Nusantara dan kearifan lokal yang beragam terus dipromosikan hingga ke mancanegara.

Tour Package

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Penuh untuk PATA Travel Mart 2016

Sky Lounge 15 di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9

Travel Operator

Penerbangan Internasional Mulai Pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Seluruh penerbangan Saudi Arabian Airlines (SV) mulai beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekano-Hatta. PT JAS Airport Services (JAS) selaku penyedia jasa ground handling bagi salah satu anggota Sky Team

Culture

Memadukan Wisata Halal dengan Wisata Bahari

Menyatunya turis asing dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9

Slideshow

Pentingnya SDM untuk Pengembangan Pariwisata Nasional

Langkawi, Malaysia (Ist) Universitas Taylor, Malaysia meraih PATA Grand Award 2015 untuk kategori Pendidikan dan Pelatihan melalui proyek ‘Akademi Pariwisata di Community College Langkawi, Malaysia’. Ini adalah Public Private Partnership