Pelindo III Dukung Pengembangan Wisata Bahari

dirut pelindo 3

Djarwo Surjanto (Ist)

Manajemen PT Pelindo III menyadari sebagai badan usaha milik negara (BUMN) mempunyai fungsi menjadi agent of development. Karenanya manajemen PT Pelindo III mendukung pengembangan marina di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur.

“Memenuhi fungsi BUMN sebagai agent of development di bidang pariwisata bahari, walaupun secara finansial tidak terlalu menarik,” ujar Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (10/9/2015).

Adapun PT Pelindo III mendukung pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk mengelola kawasan wisata di Pantai Boom dengan menandatangani kerja sama dengan pemerintah daerah di ujung timur Pulau Jawa itu.

“Prinsipnya kita sepakat untuk membuat marina di Pantai Boom Banyuwangi,” kata Djarwo. Perjanjian kerja sama tersebut diatur mengenai uraian hak dan kewajiban masing-masing pihak, baik Pemkab Banyuwangi dan Pelindo III, seperti pengelolaan tiket masuk, jasa parkir, kebersihan, keamanan hingga promosi dan pemasaran di wilayah wisata Pantai Boom Banyuwangi.

Pada kawasan seluas 44,2 hektar tersebut akan dibagi dalam beberapa zona, seperti kawasan komersial, publik dan kawasan perikanan sehinngga tidak semua dikembangkan secara komersial dan masyarakat masih bisa masuk, serta nelayan juga masih bisa beraktivitas.

Karenanya Pelindo III akan melibatkan anak perusahaannya, yaitu PT Pelindo Properti Indonesia (PPI) bersama Pemkab Banyuwangi membentuk semacam perusahaan patungan yang akan mengurusi semua hal tersebut terkait pengembangan Pantai Boom.

Rupanya Pantai Boom diproyeksikan sebagai kawasan wisata maritim terlengkap di Indonesia. Kawasan ini akan dilengkapi marina (dermaga sandar yacht/kapal pesiar), hotel, restoran dan pusat hiburan. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Cuisine

Indonesia yang Indah itu Bukan Hanya Bali

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Ketua AKSES Suroto, GM Pacto Baliprima Holidays Rika Larasati, dan Praktisi MICE PNJ Christina L Raudatin menjadi narasumber dalam FGD

Tourism

Perayaan Natal Bersama Discovery Hotels & Resorts

Christmas Eve Buffet di Hotel Borobudur Jakarta (Ist) Pada Desember 2015 yang penuh dengan suka cita, Discovery Hotels & Resorts merayakan Natal dengan menawarkan berbagai macam acara kepada para tamu.

Festival

Transportasi Dukung Pariwisata Indonesia

Menikmati layanan kereta wisata Priority (Ist) Pariwisata Indonesia selama ini tak pernah bisa dilepaskan dari peran transpotasi sebab wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara yang ingin berkunjung ke beragam destinasi wisata

Tourism

Museum Lesung di Festival Pesona Bahari

Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Banten bakal menggelar Pesona Bahari Tanjung Lesung pada 18 hingga 20 November 2016. Pastikan traveler berkunjung ke ujung barat

World Heritage

Promosi Indonesia di Tiongkok Lewat Wisata Kuliner

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Tiongkok ketika meresmikan Restoran Wonderful Indonesia (Ist) Wisata kuliner ternyata bisa diandalkan untuk mengajak turis asing berkunjung ke Indonesia. Dan, pemerintah pun jeli mempromosikan restoran

All About Indonesia

PWI Lakukan Diplomasi Pers ke China Bahas Sejumlah Isu Penting Dua Negara dan Keamanan Kawasan

Delegasi PWI ke Tiongkok (Ist) Delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berangkat ke Republik Rakyat China untuk melakukan serangkaian pembicaraan, baik dengan partner Persatuan Wartawan Tiongkok (All China Journalist Association/ACJA), media