Pelindo III Gandeng PGN Garap Bisnis Gas di Pelabuhan

Direktur Utama Pelindo III dengan Direktur Komersial PGN (2)

Direktur Utama PT Pelindo III dengan Director of Commerce PGN (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sepakat untuk melakukan kerja sama terkait dengan pengelolaan gas alam cair (LNG) untuk mendukung kegiatan bisnis masing-masing. 

Kerja sama ini menyangkut bisnis pasokan gas bumi untuk operasional pelabuhan, pembangkit listrik, pemanfaatan dan pengembangan infrastrukut gas bumi dan gas alam cair (LNG).  Kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak dan Director of Commerce PGN Danny Praditya, Jumat (10/3/2017).

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak menyebut kerja sama dengan PGN sebagai bentuk sinergi BUMN untuk memanfaatkan potensi gas bumi maupun gas alam cair yang ada di Indonesia.  Pelindo III selaku pengelola pelabuhan memiliki komitmen dalam hal pemanfaatan energi yang ramah lingkungan dalam operasional pelabuhan. 

Orias mencontohkan Terminal Teluk Lamong di Surabaya telah membatasi operasional truk di terminal hanya untuk truk berbahan bakar gas. “Kami juga memiliki unit bisnis yang bergerak dalam bidang terminal LNG yang bertempat di Pelabuhan Benoa, Bali yang saat ini juga menyalurkan gas untuk pembangkit listrik PLTDG Pesanggaran,” ucap Orias dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Orias menyebut kerja sama dengan PGN dapat meningkatkan kinerja perusahaan baik untuk Pelindo III maupun PGN.  Sebagai operator terminal, Pelindo III memiliki rencana untuk memenuhi pasokan listrik melalui pembangkit yang dibangun oleh perusahaan. 

Hal itu dimaksudkan agar pasokan listrik yang tadinya untuk pelabuhan dapat kembali dialokasikan kepada masyarakat. “Yang pasti dengan kerja sama ini masing-masing pihak dapat saling belajar dan saling mengisi untuk kepentingan bisnis masing-masing yang tentunya untuk bangsa dan negara,” tambahnya.

Sementara Director of Commerce PGN Danny Praditya menyatakan bahwa sebagai pemain utama bisnis gas bumi di Indonesia, PGN akan terus memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.  “Dengan kerja sama ini kami dapat membantu Pelindo III dalam hal pemenuhan kebutuhan gas bumi di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III,” kata Danny.

PGN, lanjut Danny juga akan membantu Pelindo III dalam hal penyiapan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), sumber daya manusia dalam bidang teknik, pembangkit listrik, dan penyediaan layanan jaringan telekomunikasi melalui jaringan kabel serat optik. 

Tidak hanya itu, PGN pun mengajak Pelindo III untuk bersama-sama menyiapkan infrastruktur dan gas bumi untuk kepentingan pembangkitan listrik, terutama di Indonesia bagian tengah dan timur yang merupakan wilayah kerja Pelindo III.

“Dalam pelaksanaan kerja sama tentunya akan kami bicarakan bersama untuk hal-hal yang lebih bersifat teknis, yang pasti kami akan jalan bersama untuk kepentingan bangsa dan negara untuk dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien sesuai dengan core competency kita masing-masing,” imbuhnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Pemerintah Ajak Swiss Bangun Sekolah Pariwisata di Lombok

Wisatawan mancanegara melintas di kawasan Pantai Kuta Lombok  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta bantuan pemerintah Swiss untuk membangun sekolah pariwisata. “Kami ingin minta tolong kepada pemerintah Swiss untuk

Tour Package

Wartawan Indonesia Berjaya di PATA Gold Awards 2016

PATA Gold Awards 2016 (Ist) Wartawan Indonesia Mimi Hudoyo mengukir prestasi membanggakan di pentas pariwisata internasional, PATA Gold Awards 2016. Ya, jurnalis Indonesia yang bergabung di TTG Asia ini mencetak

Hotel

Melihat Destinasi Wisata Indonesia Melalui Wisata Kebun Kopi

Madame Coffee Diah Ayu Olif (tengah) dalam event Ngopi dan Diskusi bersama pakar dan pemerhati kopi Indonesia dengan tema ‘Perempuan, Kopi dan Cinta’ di Jakarta, Senin (19/12/2016) (Ist) Indonesia memang

Travel Operator

Pelajari Strategi Membangun Kota Wisata, Teguh Santosa Berkunjung ke Melaka

Teguh Santosa (Ist) Melaka merupakan salah satu kota bersejarah di kawasan Asia Tenggara. Di masa lalu, Melaka adalah titik yang menghubungkan kawasan ini dengan dunia luar, Asia Selatan, Timur Tengah,

World Heritage

Layanan Kereta Wisata ke Semarang Perkuat Joglosemar

Kereta wisata Priority nyaman (Ist) Wisatawan kini semakin mudah berkunjung ke destinasi wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) sebab manajemen PT Kereta Api Pariwisata merencanakan pada akhir tahun ini akan membuka

Tour Package

Kampung Lawas Maspati Cetak Entrepreneur

Turis asing di Kampung Lawas Maspati (Ist)  Kampung Lawas Maspati di Surabaya, Jawa Timur memang pantas dikunjungi Presiden Jokowi sebab kampung wisata di Kota Pahlawan ini ternyata mampu mencetak entrepreneur