Pelindo III Gandeng PGN Garap Bisnis Gas di Pelabuhan

Direktur Utama Pelindo III dengan Direktur Komersial PGN (2)

Direktur Utama PT Pelindo III dengan Director of Commerce PGN (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sepakat untuk melakukan kerja sama terkait dengan pengelolaan gas alam cair (LNG) untuk mendukung kegiatan bisnis masing-masing. 

Kerja sama ini menyangkut bisnis pasokan gas bumi untuk operasional pelabuhan, pembangkit listrik, pemanfaatan dan pengembangan infrastrukut gas bumi dan gas alam cair (LNG).  Kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak dan Director of Commerce PGN Danny Praditya, Jumat (10/3/2017).

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak menyebut kerja sama dengan PGN sebagai bentuk sinergi BUMN untuk memanfaatkan potensi gas bumi maupun gas alam cair yang ada di Indonesia.  Pelindo III selaku pengelola pelabuhan memiliki komitmen dalam hal pemanfaatan energi yang ramah lingkungan dalam operasional pelabuhan. 

Orias mencontohkan Terminal Teluk Lamong di Surabaya telah membatasi operasional truk di terminal hanya untuk truk berbahan bakar gas. “Kami juga memiliki unit bisnis yang bergerak dalam bidang terminal LNG yang bertempat di Pelabuhan Benoa, Bali yang saat ini juga menyalurkan gas untuk pembangkit listrik PLTDG Pesanggaran,” ucap Orias dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Orias menyebut kerja sama dengan PGN dapat meningkatkan kinerja perusahaan baik untuk Pelindo III maupun PGN.  Sebagai operator terminal, Pelindo III memiliki rencana untuk memenuhi pasokan listrik melalui pembangkit yang dibangun oleh perusahaan. 

Hal itu dimaksudkan agar pasokan listrik yang tadinya untuk pelabuhan dapat kembali dialokasikan kepada masyarakat. “Yang pasti dengan kerja sama ini masing-masing pihak dapat saling belajar dan saling mengisi untuk kepentingan bisnis masing-masing yang tentunya untuk bangsa dan negara,” tambahnya.

Sementara Director of Commerce PGN Danny Praditya menyatakan bahwa sebagai pemain utama bisnis gas bumi di Indonesia, PGN akan terus memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.  “Dengan kerja sama ini kami dapat membantu Pelindo III dalam hal pemenuhan kebutuhan gas bumi di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III,” kata Danny.

PGN, lanjut Danny juga akan membantu Pelindo III dalam hal penyiapan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), sumber daya manusia dalam bidang teknik, pembangkit listrik, dan penyediaan layanan jaringan telekomunikasi melalui jaringan kabel serat optik. 

Tidak hanya itu, PGN pun mengajak Pelindo III untuk bersama-sama menyiapkan infrastruktur dan gas bumi untuk kepentingan pembangkitan listrik, terutama di Indonesia bagian tengah dan timur yang merupakan wilayah kerja Pelindo III.

“Dalam pelaksanaan kerja sama tentunya akan kami bicarakan bersama untuk hal-hal yang lebih bersifat teknis, yang pasti kami akan jalan bersama untuk kepentingan bangsa dan negara untuk dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien sesuai dengan core competency kita masing-masing,” imbuhnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesia itu Bagus

Pondok Pesantren Baitul Arqom Dukung KH Ma’ruf Amin Menang di Pilpres 2019

Sambutan Ketua Umum IM/Ikhwanul Muballighin KH Mujib Khudori (berdiri)  dalam acara gerakan IM JAMIN Jabar II di Pondok Pesantren Baitul Arqom, Pacet, Bandung, Jawa Barat dilanjutkan pelantikan oleh Calon Wakil Presiden no urut

Slideshow

Masyarakat Pandeglang Banten Dibekali Cara Mengelola Desa Wisata

Pengembangan Desa Wisata di Pandeglang (Ist) Masyarakat Pandeglang, Banten, dibekali oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) cara mengelola desa wisata termasuk langkah pengembangan destinasi, penyusunan story telling, dan pembentukan kelompok sadar wisata

Cuisine

EO Ciptakan Event Kreatif

Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pengembangan Indistri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Tidak dapat dipungkiri lagi, jika sport event (event olahraga) mampu memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Indonesia. Studi dampak

World Heritage

Putri Pariwisata 2016 Promosi Pariwisata Indonesia di AS

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel dan Miss Culinary 2016 Dewa Ayu Windu Sari Devi ikut terlibat langsung dalam kegiatan dan

Cuisine

Dari Lembata Nusa Tenggara Timur Membangun Potensi Maritim Nusantara

Launching Hari Nusantara 2016 (Ist) Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya meluncurkan Hari Nusantara 2016 di Balairung Soesilo

Tourism

PHRI NTB Dukung FPMDI Majukan Pariwisata Indonesia

LA Hadi Faishal (Ist) Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung keberadaan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) dalam upaya ikut mengembangkan potensi pariwisata nasional hingga