Pelindo III Goes to Campus

Pelindo III Goes to Campus_Mataram_3

Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar program Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (26/8/2016) untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan kemaritiman pada generasi muda Indonesia.

Adapun Universitas Mataram menjadi lokasi ketiga dari program tersebut. Sebelumnya kegiatan yang sama telah diadakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada Februari dan April 2016.

Tema yang diusung untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut ‘Peran Pemuda Menyongsong Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia 2045’ yang dilaksanakan selama dua hari dengan rangkaian kegiatan seminar berupa aksi ‘go green’ dengan melakukan penanaman ratusan pohon di lingkungan kampus.

Rektor Universitas Mataram Prof Ir H Sunarpi, Ph D pada sambutannya saat pembukaan acara, mengungkapkan bahwa pengetahuan tentang kemaritiman sangat dibutuhkan generasi muda sebagai penerus bangsa karena Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

“Posisi yang strategis di jalur persilangan dunia, membuat Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengembangkan kemaritiman yang akan memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dan perdagangan Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sementara Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto yang hadir pada hari pertama menuturkan bahwa program Pelindo III Goes to Campus tersebut merupakan bentuk dukungan Pelindo III dalam mengenalkan dunia maritim kepada generasi muda.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga guna mendukung program Tol Laut yang digagas oleh pemerintahan Jokowi-JK. Karenanya sebagai BUMN kepelabuhanan Pelindo III memiliki peranan dalam menyukseskan program tersebut.

“Jadi selain mendukung program pemerintah, kami juga ingin mengedukasi dan berbagi seputar perkembangan maritim di Indonesia,” ujarnya lagi.

Pada kegiatan seminar kemaritiman yang diselenggarakan di Ruang Rapat Senat Universitas Mataram dihadiri tiga narasumber diantaranya Asisten Kepala Biro Perencananaan Strategis Korporat Pelindo III Edward D P Napitupulu.

Ia memaparkan tentang strategi pengembangan pelabuhan untuk pertumbuhan ekonomi nasional dan penguatan ekonomi lokal salah satunya, yaitu pengembangan Terminal Gilimas yang terletak di sebelah barat Pelabuhan Lembar.

“Melalui pembangunan Terminal Gilimas, Pelindo III mengembangkan Pelabuhan Lembar untuk meningkatkan pelayanan pada kapal cruise agar kapal cruise yang bisa sandar di pulau destinasi favorit pariwisata tersebut semakin besar ukurannya dan semakin banyak jumlahnya. Di samping itu juga sebagai terminal peti kemas baru untuk meningkatkan kelancaran logistik sehingga mendorong geliat perekonomian kawasan di sekitarnya,” paparnya.

Selain itu, pakar kemaritiman Son Diamar, yang juga sebagai narasumber berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang konsep Poros Maritim Dunia.

Tidak hanya itu, Guru Besar Universitas Mataram Prof Dr Muchlis, M.Si turut memberikan paparan pada seminar yang diikuti oleh 300 mahasiswa tersebut. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Cuisine

Pembangunan Boom Marina Banyuwangi Terus Digenjot

Koordinasi perizinan di BLH Jatim (Ist) Pembangunan kompleks wisata Boom Marina Banyuwangi yang dinanti masyarakat Banyuwangi terus digenjot. Marina bertaraf internasional tersebut nantinya akan menjadi destinasi wisata bahari yang terintegrasi

Nature

Kaltara Dukung Menteri Pariwisata Majukan Pariwisata Indonesia

Pembukaan Kaltara Explore 2015 di TMII Pemerintah provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendukung upaya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengembangkan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara sebab sektor pariwisata kini menjadi andalan mendulang

Tour Package

Budaya Indonesia akan Diperkenalkan di Inggris

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti melepas tim Al Izhar Tim misi budaya Al Izhar Pondok Labu Jakarta, yang didukung oleh Kementerian Pariwisata akan menampilkan empat tarian di

Culture

Kepri Mendulang Wisman Singapura

Daya tarik wisatawan di Kepri (Ist) Bisnis pariwisata di Kepualauan Riau (Kepri) semakin bergairah. Salah satu yang membuat atmosfer itu bergairah adalah serangkaian events yang di-posting di akhir tahun 2016.

Tour Package

ICE Semakin Siap untuk PATA Travel Mart 2016

Presiden Jokowi meresmikan  Indonesia Fintech Festival and Conference (IFFC) 2016 di ICE (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten sudah semakin

Slideshow

Mengembangkan Potensi Wisata Bahari di Merauke

Pantai Wendu (youtube) Sudah sejak lama Merauke yang terletak di Bumi Cendrawasih dikenal orang hingga ke mancanegara dengan budaya milik Suku Asmat. Namun, ketika terjadi pemekaran di tanah Papua, Kabupaten