Pelindo III Jajaki Wisata MICE

Pelindo III_Dirut Djarwo Surjanto

Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto (Ist)

Berakhir sudah rangkaian kegiatan Pre Launching Surabaya North Quay (SNQ) yang diselenggarakan PT Pelindo Properti Indonesia dan Radio Suara Surabaya di Gedung Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Senin (29/02/2016).

Perhelatan yang berupaya mengenalkan GSN sebagai wahana rekreasi baru di Surabaya Utara ini mampu menyedot minat masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Pengunjung memanfaatkan hari terakhir penyelenggaraan SNQ untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti berfoto dengan latar kapal pesiar MS Rotterdam, menikmati hidangan khas Jawa Timur di festival kuliner, menikmati pertunjukan seni tradisional maupun modern hingga berbelanja suvenir cantik buatan lokal.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap acara hiburan sekelas SNQ menjadi indikator peluang ekspansi peruntukan GSN selain sebagai terminal penumpang kapal laut.

PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak pun mulai menjajaki potensi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, Event) di Pelabuhan Tanjung Perak melalui GSN.

Wisata MICE memang masih terbilang baru di Indonesia. Motif wisatawan berkunjung ke Indonesia masih didominasi dorongan menyaksikan kebudayaan Indonesia.

“Sebanyak 60 persen karena budaya, 35 persen karena alam atau nature, dan 5 persen karena man-made, seperti MICE, sport tourism, showbiz, dan buatan manusia lainnya,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata.

Jika dikonversikan dengan capaian jumlah wisatawan asing tahun 2015, maka kontribusi sektor MICE sebesar 520.338 orang. Mencermati hal tersebut, Pelindo III Cabang Tanjung Perak masih berpeluang besar menggarap wisata MICE melalui optimalisasi fungsi GSN sebagai tempat penyelenggaraan (venue).

“Sepanjang tahun 2016, GSN sudah menjadi venue untuk penyelenggaraan MICE, yaitu Maritime Development Workshop in East Java tanggal 15 Januari 2016, Pertemuan Forum Komunikasi Hotel dan Media (FKHM) pada 22 Januari 2016 dan Surabaya North Quay pada 27 hingga 29 Februari 2016,” papar Oscar Yogi, Kahumas Pelindo III Cabang Tanjung Perak di sela-sela acara SNQ dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (7/3/2016).

Bahkan, menurutnya, kegiatan SNQ menjadi katalisator munculnya even-even rekreatif dan eksibisi di masa mendatang. “Responnya luar biasa. Sejumlah pengusaha dan pegiat komunitas malah berminat menggelar kegiatan gathering maupun pemasaran di GSN,” katanya penuh antusias.

Lokasi GSN yang terletak di tepi paling utara Jawa Timur memang menjadi keunikan tersendiri sebagai venue MICE. Para peserta atau pengunjung dapat menikmati suasana pelabuhan Tanjung Perak mulai dari wilayah perairan, Pulau Madura, Jembatan Suramadu, Patung Jalesveva Jayamahe sampai dengan pemandangan crane pelabuhan.

Bahkan, Pelindo III Cabang Tanjung Perak siap melengkapi keunikan tersebut dengan tur pelabuhan yang memang sarat dengan nilai historis.

MICE_Perak_800

Pelindo III Cabang Tanjung Perak (Ist)

Sesuatu yang belum dapat ditawarkan oleh hotel-hotel dan gedung pertemuan di Surabaya. GSN juga memiliki area terbuka berupa atap taman (garden roof)yang mampu mendekatkan para peserta atau pengunjung dengan kondisi nyata Pelabuhan Tanjung Perak.

Sebagai BUMN kepelabuhanan yang berkedudukan di Surabaya, Pelindo III turut berperan aktif dalam menumbuhkan sektor pariwisata daerah, seperti mendorong PT Pelindo Marine Service untuk mengembangkan wisata kapal pesiar, yaitu Artama Harbour Cruise.

Kemudian, Pelindo III juga turut berkontribusi dalam revitalisasi wahana akuarium di Kebun Binatang Surabaya (KBS) serta peluncuran Kampung Maspati. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

28 April, Budi Daya Salak Birus di Tanjung Lesung

Wisata bahari seperti diving juga bisa dilakukan di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) Tourism Development merencanakan pada 28 April mendatang melakukan budi daya Salak Birus kepada

Cuisine

Ke Palembang, Jangan Lupa Pindang Patin Musi Rawas

Pindang Musi Rawas (Ist) Di Palembang, Sumatera Selatan, wisatawan akan dimanjakan wisata kuliner khas yang beragam. Ya, tak hanya pempek saja, melainkan ada juga ikan patin. Rupanya pindang ikan patin

Tour Package

ASITA DKI Jakarta Launching ASITA Jakarta Travel Mart 2016

Pengurus Baru ASITA DKI Jakarta (Ist) Sebagai upaya mempertemukan buyer dan seller di Indonesia dalam industri pariwisata nasional, maka DPD ASITA DKI Jakarta memperkenalkan ASITA Jakarta Travel Mart 2016. Launching

Slideshow

Arief Yahya Paparkan Sukses Pariwisata Indonesia di Forum Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri WTTC/UNWTO Ministerial Dialogue with Private Sectors CEO’s Investments and Partnerships for Sustainable Tourism Development, yang diselenggarakan di Grand Hyatt Erawan, Bangkok Thailand (25 April 2017)

SightSeeing

Hari Batik Nasional, Ayo Pakai Batik!

Hari Batik Nasional 2 Oktober (Ist) Batik, kain tradisional khas Nusantara yang merupakan salah satu bentuk kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia pada masa lalu dan sudah mulai dikenal sejak kerajaan Majapahit.

Slideshow

Ketika Rina Darmawan Ikut Terlibat dalam Circus World

Circus World di Podomoro Golf View Cimanggis Oriental Circus Indonesia (OCI) bekolaborasi dengan Podomoro Golf View mempersembahkan Circus World di Podomoro Golf View Cimanggis. Adapun sirkus ini mengusung tema Family