Pelindo III Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Penumpang Kapal Laut

logo Pelindo III yg baru

Logo PT Pelindo III (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 pada ajang yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Pelindo III yang diwakili Direktur Keuangan Saefudin Noer pada Rakornas Kepegawaian di Jakarta, Kamis (26/5).

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi Pelindo III dalam mengelola Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur sehingga dapat menjadi pionir modernisasi terminal penumpang kapal laut di Indonesia.

Asdep Perumusan Kebijakan Inovasi dan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Muhammad Imanuddin pada keterangan tertulisnya menjelaskan, kompetisi inovasi tersebut merupakan wujud dari Program One Agency, One Innovation yang mewajibkan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, serta BUMN/BUMD untuk menciptakan minimal satu inovasi pelayanan publik pada setiap tahunnya.

Kompetisi serupa juga digelar secara international oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu United Nation Public Services Award (UNPSA).

Dalam daftar peraih penghargaan Top 35 itu terdapat tiga kementerian, dua lembaga, delapan provinsi, 14 kabupaten, lima kota, tiga BUMN/BUMD.

Pada penyelenggaraan tahun ini menjadi tahun yang pertama untuk keikutsertaan BUMN/BUMD. Pada tahap sebelumnya, Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016, Pelindo III bahkan menempatkan dua karyanya sebagai nominasi.

Selain inovasi dalam pelayanan penumpang kapal laut di Terminal GSN, BUMN kepelabuhanan ini juga mencatatkan nominasi untuk inovasi pelayanan pada pengguna jasa Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, yakni penerapan teknologi sistem polder yang menjadi solusi masalah banjir rob (limpasan air laut pasang) di pelabuhan yang menjadi gerbang Provinsi Jawa Tengah itu.

Saefudin Noer mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diterima oleh Pelindo III tersebut. “Apresiasi ini semakin mendorong Pelindo III untuk lebih mengoptimalkan lagi pelayanan yang diberikan. Tidak hanya kepada para pengguna jasa logistik, tetapi juga pada masyarakat penumpang kapal laut yang berangkat dan tiba di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (26/5/2016).

Presiden Jokowi saat melakukan inspeksi mendadak ke Terminal GSN bersama Menteri BUMN Rini Soemarno pada awal tahun lalu langsung menekankan bahwa pelayanan pada terminal modern tersebut dijadikan standar pelayanan untuk terminal penumpang lainnya di Indonesia.

MenPAN RB juga sudah mengunjungi terminal tersebut pada Oktober tahun lalu, jauh sebelum utusan juri Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik meninjau untuk melakukan penilaian.

“Inovasi Pelindo III menjadikan Terminal GSN sebagai terminal penumpang kapal laut pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas garbarata dan juga ruang tunggu yang senyaman lounge pada bandara-bandara utama di Indonesia,” ungkap Saefudin Noer.

Dengan fasilitasnya tersebut, Terminal GSN juga sudah rutin menerima kunjungan turis kapal pesiar internasional yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, termasuk menggelar pameran Wonderful East Java di lantai tiga terminal yang menampilkan aneka kesenian budaya Jawa Timur demi memberikan kesan yang lebih mendalam pada kunjungan turis.

“Bahkan Pelindo III mengoptimalkan infrastruktur kepelabuhannya itu (Terminal GSN) untuk penyelenggaraan kegiatan pariwisata maritim yang disebut Surabaya North Quay. Kini warga Surabaya memiliki destinasi wisata baru untuk menikmati pemandangan sunset perairan Selat Madura  sekaligus juga menjadi wahana edukasi potensi maritim bagi warga. Karena dapat melihat langsung dengan aman, kesibukan aktivitas logistik di Pelabuhan Tanjung Perak sebagai gerbang perekonomian untuk kawasan timur Nusantara,” tandasnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Yuk Menangkan Bandara Soekarno Hatta di Skytrax World Airport Awards

Menangkan Bandara Soekarno Hatta di Skytrax World Airport Awards (Ist) Siapa yang tidak bangga jika Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta lolos ke papan 50 besar dunia? Apalagi bisa lebih fantastis

Nature

Lombok Incar Wisman Lewat Wisata Bahari

Lobster juga dijadikan sebagai pendukung wisata bahari  Lombok Wisata bahari semakin populer di Tanah Air sejak Presiden Jokowi mengandalkan potensi wisata bahari untuk mewujudkan target 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung

Indonesiaku

TPS Ajak Anak Peduli Keselamatan melalui Lomba Gambar

Lomba gambar TPS (Ist) Untuk membentuk perilaku, dibutuhkan kesadaran Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (K3). “Jangan salah, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bukan hanya berlaku di perusahaan atau saat bekerja saja.

Hotel

Ada KA Bandara, Soekarno-Hatta Bakal Jadi Bandara Bintang 5 Dunia

KA Bandara (Ist) Bicara Kereta Api Bandara seperti tak ada habisnya. Selain layanan dan fasilitas yang mumpuni, metode pembayarannya pun dilakukan secara cashless. Dan semuanya diset dengan mengacu pada standar

Tourism

12 September Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata Indonesia Berhadiah Voucher Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Indonesia memang dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Contohnya Lombok di Nusa Tenggara Barat. Wisatawan banyak yang suka

Tour Package

Turis Jepang Suka ke Karawang

Press Conference Karawang Fashion Culture 2018 yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Okih Hermawan (kedua dari kiri) Turis Jepang ternyata suka berkunjung ke Karawang, Jawa Barat. Pilihan