Pemerintah Berharap Kampung Budaya dan Ramah Anak Bisa Menarik Wisatawan

di kampung puncak

Halimah Munawir (kedua dari kiri), Tazbir, dan Ninik Irawan (Ist)

Kementerian Pariwisata berharap keberadaan Kampung Budaya dan Ramah Anak di kawasan Puncak, Jawa Barat bisa menambah destinasi baru wisata budaya dan pendidikan di kawasan Puncak.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Tazbir menjelaskan bahwa masyarakat sekitar bisa menjadikan kegiatan berbudaya dan berkesenian ini sebagai tontonan yang menarik bagi para wisatawan.

Ia pun menyarankan anak-anak tampil dalam sebuah pertunjukan di hotel atau pada objek wisata yang tersebar di Puncak. Sebaiknya pengelola hotel atau objek wisata bisa merangkul keberadaan seniman dan budayawan cilik tersebut.

Halimah Munawir, penggagas dan pemilik Kampung Budaya dan Ramah Anak mengaku dirinya dibantu beberapa pengajar dari mahasiswa dan penggiat seni, mengajarkan beberapa kesenian seperti musik tradisional, tarian, teater, pencak silat, pelatihan membuat handy craft, membatik, pembelajaran paket C dan lainnya.

“Saya mengajarkan kesenian di Kampung Budaya dan Ramah Anak ini agar anak-anak di kawasan Puncak ke depan tidak lagi terlibat dalam kenakalan, tidak lagi menjadi korban eksploitasi seksual dan bisa mendapatkan rezeki dari keterampilannya dalam berkesenian,” ujar Halimah belum lama ini.

Ibu tiga anak ini melanjutkan, Kampung Budaya dan Ramah Anak ini melibatkan masyarakat untuk ikut serta dalam menciptakan lingkungannya menjadi lingkungan yang berbudaya dan ramah anak.

“Saya melihat pengajaran budaya dan agama bisa menjadi benteng anak dalam serbuan budaya asing yang buruk dan kenakalan remaja seperti seks bebas, tawuran dan lainnya,” tandasnya.

Sementara Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata ketika dihubungi patainanews.com beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Travel Operator

Dikna Faradiba akan Juara di Miss Tourism International 2016

Putri Pariwisata 2015 Dikna Faradiba (Ist) CEO dan Founder El John Pageants Johnnie Sugiarto optimistis Putri Pariwisata 2015 Dikna Faradiba  yang mengikuti ajang Miss Tourism International 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia

Indonesiaku

Aksi Kreatif Roche Children’s Walk 2016 Dukung Anak Kanker di Indonesia

Roche (Ist) Karyawan PT Roche Indonesia di Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia bersama dengan ribuan karyawan Roche di 141 lokasi di 70 negara kembali bergabung dalam kegiatan tahunan, Roche

Culture

Keragaman Budaya Negeri Diminati Masyarakat Dunia

Ella V Brizadly (Ist) Keragaman budaya milik negeri ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah agar semakin diminati masyarakat internasional. Sumber daya manusia diyakini sebagai modal untuk mengembangkan untuk membangun industri

Heritage

Wapres JK akan Kunjungi Toraja

Tongkonan, Rumah Adat Toraja (Ist) Keunikan tradisi dan budaya khas Toraja menarik perhatian Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pria yang lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942 silam

Cuisine

Ramadan Penuh Berkah di Hotel Mercure Jakarta Sabang

Menyambut  bulan suci Ramadan yang penuh berkah, Hotel Mercure Jakarta Sabang menghadirkan beberapa paket promo, antara lain paket berbuka puasa di The Lobby Restaurant & Lounge dan paket Gift Hampers

Festival

Menyambut PATA Travel Mart 2016 di ICE

Berita Foto: Menyambut PATA Travel Mart 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang di BSD arah menuju ICE (Ist)