Pemerintah Berharap Kampung Budaya dan Ramah Anak Bisa Menarik Wisatawan

di kampung puncak

Halimah Munawir (kedua dari kiri), Tazbir, dan Ninik Irawan (Ist)

Kementerian Pariwisata berharap keberadaan Kampung Budaya dan Ramah Anak di kawasan Puncak, Jawa Barat bisa menambah destinasi baru wisata budaya dan pendidikan di kawasan Puncak.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Tazbir menjelaskan bahwa masyarakat sekitar bisa menjadikan kegiatan berbudaya dan berkesenian ini sebagai tontonan yang menarik bagi para wisatawan.

Ia pun menyarankan anak-anak tampil dalam sebuah pertunjukan di hotel atau pada objek wisata yang tersebar di Puncak. Sebaiknya pengelola hotel atau objek wisata bisa merangkul keberadaan seniman dan budayawan cilik tersebut.

Halimah Munawir, penggagas dan pemilik Kampung Budaya dan Ramah Anak mengaku dirinya dibantu beberapa pengajar dari mahasiswa dan penggiat seni, mengajarkan beberapa kesenian seperti musik tradisional, tarian, teater, pencak silat, pelatihan membuat handy craft, membatik, pembelajaran paket C dan lainnya.

“Saya mengajarkan kesenian di Kampung Budaya dan Ramah Anak ini agar anak-anak di kawasan Puncak ke depan tidak lagi terlibat dalam kenakalan, tidak lagi menjadi korban eksploitasi seksual dan bisa mendapatkan rezeki dari keterampilannya dalam berkesenian,” ujar Halimah belum lama ini.

Ibu tiga anak ini melanjutkan, Kampung Budaya dan Ramah Anak ini melibatkan masyarakat untuk ikut serta dalam menciptakan lingkungannya menjadi lingkungan yang berbudaya dan ramah anak.

“Saya melihat pengajaran budaya dan agama bisa menjadi benteng anak dalam serbuan budaya asing yang buruk dan kenakalan remaja seperti seks bebas, tawuran dan lainnya,” tandasnya.

Sementara Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata ketika dihubungi patainanews.com beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Investments

Kinerja Keuangan 2016, PT Pelindo III Bukukan Laba Rp1,51 Triliun

TPS bird view PT Pelindo III (Ist) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III menunjukkan peningkatan kinerja perusahaan dari berbagai sisi pada akhir tahun 2016. 

Tourism

MESA Hotel and Resorts Memperkenalkan Emeralda Resort Ninh Binh

Emeralda Resort Ninh Binh (Ist) MESA Hotel and Resorts menawarkan berbagai pilihan pengalaman yang berbeda di masing-masing unitnya dengan keunggulan dalam pelayanan dan setiap harinya menginspirasi para tamu untuk memberikan

Nature

Changing Story from Indonesia (That You Haven’t Heard)

Elizabeth Gilbert (Ist) Harus diakui, Indonesia banyak menyimpan kisah inspiratif bagi banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara yang berkunjung ke negeri ini. Sebut saja Elizabeth Gilbert, penulis Eat Pray and Love.

World Heritage

Jelang PATA Travel Mart 2016, Pemkab Kotabaru Siap Jadi Member PATA Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo di Kotabaru Tahun depan Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016, kegiatan internasional dalam dunia pariwisata. Momen tersebut terasa pas dengan

Tourism

President University Perkenalkan RI ke Dunia

  President University terus memperkenalkan Indonesia ke pentas dunia. Dan, tak sia-sia sebab banyak mahasiswa asing yang tertarik datang ke negeri ini untuk menimba ilmu. Adapun beragam cara dilakukan kampus

Travel Operator

Kapal Phinisi Ikon Wisata Bahari Indonesia

Berpose di depan Kapal Phinisi yang menjadi Pavilion Indonesia d PATA Travel Mart 2016 (Ist) Kapal Phinisi selama ini kerap menghiasi stan Kementerian Pariwisata di berbagai acara pariwisata internasional, termasuk