Pemerintah Berharap Kampung Budaya dan Ramah Anak Bisa Menarik Wisatawan

di kampung puncak

Halimah Munawir (kedua dari kiri), Tazbir, dan Ninik Irawan (Ist)

Kementerian Pariwisata berharap keberadaan Kampung Budaya dan Ramah Anak di kawasan Puncak, Jawa Barat bisa menambah destinasi baru wisata budaya dan pendidikan di kawasan Puncak.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Tazbir menjelaskan bahwa masyarakat sekitar bisa menjadikan kegiatan berbudaya dan berkesenian ini sebagai tontonan yang menarik bagi para wisatawan.

Ia pun menyarankan anak-anak tampil dalam sebuah pertunjukan di hotel atau pada objek wisata yang tersebar di Puncak. Sebaiknya pengelola hotel atau objek wisata bisa merangkul keberadaan seniman dan budayawan cilik tersebut.

Halimah Munawir, penggagas dan pemilik Kampung Budaya dan Ramah Anak mengaku dirinya dibantu beberapa pengajar dari mahasiswa dan penggiat seni, mengajarkan beberapa kesenian seperti musik tradisional, tarian, teater, pencak silat, pelatihan membuat handy craft, membatik, pembelajaran paket C dan lainnya.

“Saya mengajarkan kesenian di Kampung Budaya dan Ramah Anak ini agar anak-anak di kawasan Puncak ke depan tidak lagi terlibat dalam kenakalan, tidak lagi menjadi korban eksploitasi seksual dan bisa mendapatkan rezeki dari keterampilannya dalam berkesenian,” ujar Halimah belum lama ini.

Ibu tiga anak ini melanjutkan, Kampung Budaya dan Ramah Anak ini melibatkan masyarakat untuk ikut serta dalam menciptakan lingkungannya menjadi lingkungan yang berbudaya dan ramah anak.

“Saya melihat pengajaran budaya dan agama bisa menjadi benteng anak dalam serbuan budaya asing yang buruk dan kenakalan remaja seperti seks bebas, tawuran dan lainnya,” tandasnya.

Sementara Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata ketika dihubungi patainanews.com beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

Taiwan Travel Fair Didukung Travel Agent Indonesia

Taiwan (Ist) Saat pemerintah tengah bekerja keras merealisasikan target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang, negara lain juga gencar melakukan promosi pariwisata

World Heritage

Potensi Wisata Religi di Maumere

Patung Kristus Raja di Maumere (Ist) Maumere yang terletak di Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur rupanya banyak potensi wisata. Tak hanya Taman Laut di Teluk Maumere yang terkenal dengan keindahannya,

Heritage

Tanjung Lesung Hadir di Deep and Extreme Indonesia 2018

Berita Foto: Destinasi wisata Tanjung Lesung yang terletak di Pandeglang, Banten ikut serta mempromosikan keindahan destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru ini di Deep and Extreme Indonesia 2018.

Slideshow

Jababeka Bantu Korban Tsunami Banten

Bantuan dari Jababeka Group untuk korban tsunami di Banten (Ist) Jababeka Group menyerahkan bantuan kepada para pengungsi terdampak tsunami di posko pengungsian Kampung Cikadu, Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. “Bantuan

SightSeeing

Tak Perlu ke Luar Negeri, Bulan Madu di Bali Saja

Bali (Ist) Pulau Dewata harus diakui selama ini punya daya tarik yang memikat wisatawan dalam negeri maupun turis asing. Tak hanya menjadi tujuan berlibur semata sebab Bali ternyata juga masuk

Tourism

2017, 1000 Turis Perancis ke Indonesia

Presentasi mengenai Indonesia di Kineapolis di Mulhouse, Perancis (Ist) Promosi Indonesia di Perancis tidak pernah berhenti. Setelah mengalami peningkatan keberangkatan dari Perancis ke Indonesia pada Januari hingga Oktober 2016 sekitar