Pemerintah Berharap Kampung Budaya dan Ramah Anak Bisa Menarik Wisatawan

di kampung puncak

Halimah Munawir (kedua dari kiri), Tazbir, dan Ninik Irawan (Ist)

Kementerian Pariwisata berharap keberadaan Kampung Budaya dan Ramah Anak di kawasan Puncak, Jawa Barat bisa menambah destinasi baru wisata budaya dan pendidikan di kawasan Puncak.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Tazbir menjelaskan bahwa masyarakat sekitar bisa menjadikan kegiatan berbudaya dan berkesenian ini sebagai tontonan yang menarik bagi para wisatawan.

Ia pun menyarankan anak-anak tampil dalam sebuah pertunjukan di hotel atau pada objek wisata yang tersebar di Puncak. Sebaiknya pengelola hotel atau objek wisata bisa merangkul keberadaan seniman dan budayawan cilik tersebut.

Halimah Munawir, penggagas dan pemilik Kampung Budaya dan Ramah Anak mengaku dirinya dibantu beberapa pengajar dari mahasiswa dan penggiat seni, mengajarkan beberapa kesenian seperti musik tradisional, tarian, teater, pencak silat, pelatihan membuat handy craft, membatik, pembelajaran paket C dan lainnya.

“Saya mengajarkan kesenian di Kampung Budaya dan Ramah Anak ini agar anak-anak di kawasan Puncak ke depan tidak lagi terlibat dalam kenakalan, tidak lagi menjadi korban eksploitasi seksual dan bisa mendapatkan rezeki dari keterampilannya dalam berkesenian,” ujar Halimah belum lama ini.

Ibu tiga anak ini melanjutkan, Kampung Budaya dan Ramah Anak ini melibatkan masyarakat untuk ikut serta dalam menciptakan lingkungannya menjadi lingkungan yang berbudaya dan ramah anak.

“Saya melihat pengajaran budaya dan agama bisa menjadi benteng anak dalam serbuan budaya asing yang buruk dan kenakalan remaja seperti seks bebas, tawuran dan lainnya,” tandasnya.

Sementara Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata ketika dihubungi patainanews.com beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Destinations

Perpaduan Budaya Bisa Mengundang Wisatawan

Anak TK memainkan angklung dalam acara bernuansa Imlek gabungan antara TK Santa Cicilia dan TK Emanuel di Jakarta belum lama ini  Perayaan Imlek dan Cap Go Meh memang identik dengan

Airlines

Bali yang tak Pernah Membosankan

Kearifan lokal di Bali jadi daya tarik wisatawan (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu meyakini culture Pulau Dewata, Bali selalu menjadi magnet yang sulit ditandingi oleh destinasi manapun di muka

SightSeeing

Presiden Jokowi Permudah Yacht Asing ke Indonesia

Ilustrasi Yacht asing (Ist) Guna lebih meningkatkan kunjungan kapal wisata (yacht) asing ke Indonesia, pemerintah memandang perlu mengatur kembali kemudahan dalam hal pengurusan dokumen untuk memasuki wilayah perairan Indonesia bagi kapal wisata (yacht)

World Heritage

Mempertahankan Wastra Tradisional yang Diminati Wisatawan Mancanegara

Ella V Brizadly (Ist) Kain tradisional asal negeri ini, batik memang semakin diminati masyarakat dunia. Namun, tak hanya batik yang merupakan wastra kebanggaan Indonesia lantaran masih ada lainnya, seperti tenun,

Destinations

Panorama Gandeng Perusahaan Travel Terbesar di Dunia

Turis Jepang di Indonesia (Ist) PT Panorama Sentrawisata Tbk telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Japan Travel Bureau/JTB Corporation (JTB), salah satu perusahaaan travel terbesar di dunia untuk melepas saham

Nature

Obama, Endorser Gratis untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisara (Forwapar) selepas buka puasa bersama (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan bahwa Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack