Pemerintah Dukung PATA Travel Mart 2016 di Jakarta

menteri pariwisata arief yahya pidato

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Pemerintah menyatakan dukungan penuh DKI Jakarta menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016. Kegiatan berskala internasional yang digelar setiap tahun ini akan diselenggarakan pada 7-9 September tahun depan.

Kendati masih tahun depan, namun Kementerian Pariwisata, Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter dan pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah mulai menjalin kerja sama guna mensukseskan acara berkelas dunia ini demi mendorong potensi pariwisata nasional dikenal hingga ke mancanegara.

“Kegiatan PATA Travel Mart ini adalah kegiatan hard selling. Kita harus menjual produk-produk pariwisata kita. Ini kesempatan bagi para pelaku usaha pariwisata untuk bertransaksi dengan para buyer dari luar negeri,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Adapun kegiatan PATA Travel Mart akan diikuti oleh ribuan pelaku usaha dari ratusan negara anggota PATA di seluruh dunia. Event ini merupakan bursa pariwisata tahunan yang murni perdagangan business to business (B to B) terbesar di kawasan Asia Pasifik.

Sementara Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono mengemukakan bahwa PATA Indonesia Chapter akan bekerja keras menyiapkan stakeholder pariwisata agar siap menyambut buyer dari luar negeri.

Darmono juga menjelaskan tiga tugas utama yang harus dilakukan PATA Indonesia Chapter menjelang PATA Travel Mart 2016. “Kita ada tiga tugas utama, pertama, manghubungi cabang PATA di 189 negara agar menyiapkan buyer yang kompeten. Kedua, kita mengadakan banyak MoU dengan asosiasi-asosiasi pariwisata seperti ASITA dan PHRI agar mereka menyiapkan produknya. Terakhir, memberi pendidikan kepada para kepala daerah Gubernur, Bupati, dan Walikota agar siap menyambut wisatawan mancanegara dari luar negeri,” tuturnya.

Pemprov Jakarta Optimistis

Seperti diketahui, Indonesia sudah beberapa kali terpilih menjadi tuan rumah PATA Travel Mart. Dan, Jakarta mendapat kesempatan dipilih karena ingin mengenalkan Jakarta sebagai Ibukota Pariwisata Indonesia selain Bali.

Terkait kesiapan untuk penyelenggaraan PATA Travel Mart tahun depan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta Purba Hutapea sudah melakukan beberapa langkah.

“Meski Jakarta macet, tapi kita sudah bekerja sama dengan Kapolda Metro Jaya untuk program tertib lalu lintas dan tertib pedagang kaki lima. Tahun ini kita juga siap mendatangkan 200 unit bus Transjakarta baru untuk transportasi massal dan diharapkan bisa mengurangi kemacetan,” kata Purba. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Wisatawan Mancanegara Siap Lari di Gunung di RI

Press Conference MesaStila Challenge & Utral 2015 Pesona alam Indonesia selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke negeri ini. Gunung pun disukai turis asing sehingga ketika mengetahui

SightSeeing

Masuk Pasar Dunia Butuh Dukungan Pemerintah

Batik yang merupakan warisan wastra Nusantara memang digemari wisatawan asing dan telah menjadi kebanggaan warga dunia lantaran sudah diterima pasar internasional. Kendati demikian, pemerintah dinilai tetap tak bisa lepas tangan

Cuisine

Festival Dawai Nusantara IV di Malang

Festival Dawai Nusantara ke-4 di Malang (Ist) Festival Dawai Nusantara IV akan digelar di Jalan Simpang Balapan, Malang, Jawa Timur Sabtu, (28/7/2018) mendatang. Konsep yang digunakan berbeda dengan gelaran sebelumnya.

Tourism

Pemkab Kotabaru Mengunjungi PATA Indonesia

Pj Bupati Kotabaru Isra (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kedua dari kiri) berfoto bersama selepas bertemu di kantor PATA Indonesia Chapter (Ist) 

Heritage

Warga Semarang Antusias Ikut Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel melakukan wawancara dengan Jazzy Anastassia Kinsky, peserta audisi pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 di Hotel Horison NJ Semarang. (Ist) Warga Semarang, Jawa Tengah

Slideshow

Menelusuri Kebesaran Sejarah Kota Lewat Bagansiapiapi Heritage

Wisatawan menikmati gelaran Festival Bakar Tongkang 2019 (Ist) Gelaran Festival Bakar Tongkang 2019 menjadi momentum yang baik untuk menelusuri sejarah Kota Bagansiapiapi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Bupati Rohil