Pemerintah Kembangkan UKM Dukung Pariwisata Indonesia

ay dan mark plus

Menteri Pariwisata Arief Yahya (jas hitam) (Ist)

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sepertinya tak bisa dilepaskan dari sektor pariwisata nasional. Dan, pemerintah akan mengembangkan UKM guna mendukung bidang pariwisata di Tanah Air.

Karenanya Wonderful Startup Academy pun diresmikan. Adapun UKM pariwisata memang tidak secara langsung mendatangkan banyak wisman ke Indonesia. Namun tentunya ikut berperan dalam berbagai hal, seperti mengembangkan sektor bisnis kepariwisataan Indonesia.

Dalam event Wonderful Wow Night di The Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Kamis (8/12/2016), Kementerian Pariwisata meresmikan Wonderful Startup Academy dimana startup bidang pariwisata yang dibuat oleh anak muda dari sejumlah daerah di Indonesia, yang nantinya bisa merangkul banyak UKM lokal, yang akan diberi pelatihan dan modal.

“Intinya begini, kita punya banyak koperasi dan UKM total lebih dari 50 juta. Untuk mengelola yang banyak ini tidak mungkin dengan cara biasa. Poin utamanya koperasi ini ingin kita kelola secara korporasi seperti perusahaan besar,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Wonderful Startup Academy ini dibentuk adanya kerja sama Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, MarkPlus,dan PT Telkom. Ada 10 tim yang memulai startup dan akan dibina mulai Januari hingga September 2017 mendatang.

“Secara digital akan kita bina. Lalu secara entrepreneurship akan kita latih. Salah satunya kita akan kerjasama dengan SBM ITB,” katanya. Arief Yahya mengatakan, pengelolaan UKM dengan memanfaatkan teknologi digital lebih diunggulkan karena menekan biaya dan banyak UKM yang bisa dirangkul secara bersamaan.

“Pengelolaan koperasi dan UKM yang sedemikian banyak akan lebih mudah dan lebih murah kalau menggunakan digital,” ucap dia. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Cuisine

Pemerintah Beri Diskon Biaya Sandar, Kapal Cruise di Benoa Meningkat

Ilustrasi kapal cruise (Ist) Pelabuhan Benoa di Denpasar, Bali Selatan mengalami kenaikan jumlah kunjungan kapal pesiar atau cruise ship yang mengangkut wisatawan mancanegara (wisman). Kendati demikian, itu pun masih jauh

SightSeeing

Ke Tanjung Lesung Long Weekend

Berita Foto: Memanfaatkan libur long weekend, yakni Jumat, 25 Maret mendatang merupakan hari libur nasional Wafat Isa Almasih yang telah ditetapkan pemerintah tak salah jika wisatawan memilih berlibur ke Tanjung Lesung.

Tourism

Pantai Angsana, Destinasi Wisata Bahari yang Diminati Turis Asing

Biota laut di Karang Anjir, salah satu spot untuk melihat terumbu karang dari Pantai Angsana yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Pantai Angsana (Ist) Indonesia memang menyimpan banyak potensi wisata,

Heritage

Presiden Jokowi ke Sukabumi Menggunakan Kereta Wisata Bali

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Ist) Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan berangkat dari Jakarta ke Sukabumi, Jawa Barat menggunakan kereta wisata Bali

Investments

Strategi Badan Usaha Pelabuhan Hadapi Konsesi

Diskusi Panel Persiapan BUP Dalam Menghadapi Konsesi Pelabuhan (Ist) Konsesi merupakan hak dan kewajiban bagi setiap perusahaan/badan yang akan membuka usaha di atas tanah milik negara. Dalam kurun waktu yang

Culture

Garuda Indonesia Pastikan Terbang ke Silangit, Pariwisata Danau Toba Bakal Maju

Garuda Indonesia (Ist) Sebagai wujud komitmen maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Danau Toba dan meningkatkan konektivitas di wilayah Silangit dan sekitarnya, maka Garuda Indonesia melayani