Pemerintah Kembangkan UKM Dukung Pariwisata Indonesia

ay dan mark plus

Menteri Pariwisata Arief Yahya (jas hitam) (Ist)

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sepertinya tak bisa dilepaskan dari sektor pariwisata nasional. Dan, pemerintah akan mengembangkan UKM guna mendukung bidang pariwisata di Tanah Air.

Karenanya Wonderful Startup Academy pun diresmikan. Adapun UKM pariwisata memang tidak secara langsung mendatangkan banyak wisman ke Indonesia. Namun tentunya ikut berperan dalam berbagai hal, seperti mengembangkan sektor bisnis kepariwisataan Indonesia.

Dalam event Wonderful Wow Night di The Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Kamis (8/12/2016), Kementerian Pariwisata meresmikan Wonderful Startup Academy dimana startup bidang pariwisata yang dibuat oleh anak muda dari sejumlah daerah di Indonesia, yang nantinya bisa merangkul banyak UKM lokal, yang akan diberi pelatihan dan modal.

“Intinya begini, kita punya banyak koperasi dan UKM total lebih dari 50 juta. Untuk mengelola yang banyak ini tidak mungkin dengan cara biasa. Poin utamanya koperasi ini ingin kita kelola secara korporasi seperti perusahaan besar,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Wonderful Startup Academy ini dibentuk adanya kerja sama Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, MarkPlus,dan PT Telkom. Ada 10 tim yang memulai startup dan akan dibina mulai Januari hingga September 2017 mendatang.

“Secara digital akan kita bina. Lalu secara entrepreneurship akan kita latih. Salah satunya kita akan kerjasama dengan SBM ITB,” katanya.¬†Arief Yahya mengatakan, pengelolaan UKM dengan memanfaatkan teknologi digital lebih diunggulkan karena menekan biaya dan banyak UKM yang bisa dirangkul secara bersamaan.

“Pengelolaan koperasi dan UKM yang sedemikian banyak akan lebih mudah dan lebih murah kalau menggunakan digital,” ucap dia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

Dukung HPN 2017, Kemenpar Gelar Pameran dengan Dua Tema Berkelas

Logo HPN 2017 (Ist) Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang akan dilaksanakan di Ambon, Maluku pada 4 Februari hingga 10 Februari mendatang sepertinya akan semakin bertambah meriah. Itu setelah Kementerian

Nature

ASITA Jakarta Dukung Lampung Promosi Pariwisata

Ninik Irawan (kedua dari kanan) (Ist) ASITA Jakarta mendukung penuh upaya pemerintah daerah Lampung mempromosikan beragam destinasi yang tersebar di Lampung sehingga semakin banyak wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara yang

Airlines

patainanews.com Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2016

Hari Pers Nasional (HPN) 2016 (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Adapun Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri puncak

Nature

Puncak HUT RI ke-71, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Siap Digelar Pemerintah

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ‘Indonesia Kerja Nyata’ di Gedung Sapta Pesona Kemenpar (Ist) Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dalam rangka perayaan HUT

All About Indonesia

Miss Earth Indonesia Fokus Kelestarian Lingkungan Hidup

Pemilihan Miss Earth Indonesia 2016 kembali digelar (Ist) Pemilihan Miss Earth Indonesia kembali digelar. Miss Earth Indonesia 2016 kali ini sedikit berbeda karena diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berbeda dan bermanfaat.

Slideshow

Menanti Rumah Kita

Nota Kesepahaman Rumah Kita (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) merespons cepat program Rumah Kita yang digagas oleh Kementerian Perhubungan. Bersama Bulog dan Pelni, Pelindo III merencanakan penyiapan pusat-pusat