Pemerintah Pilih Sumsel Role Model Sport Tourism Nasional

pata Indonesia dan AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya memilih Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai role model destinasi sport tourism di Indonesia.

Arief Yahya sepakat menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, ia juga mengusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia.

“Saya tidak akan salah memilih Sumatera Selatan sebagai contoh,” ungkapnya kepada pers di Jakarta, Kamis (7/4/2016). Hal ini diungkapkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam acara peluncuran ajang International Musi Triboatton 2016.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata mengungkapkan perlu pembedaan khusus untuk lebih menjual Sumsel kepada wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

“Kalau untuk Sumsel, kita sepakat Sungai Musi yang jadi ikonnya. Secara atraksi sudah bagus, kuliner bagus, budaya bagus. Nah kalau wisata man made, termasuk di dalamnya ada sport tourism, inilah yang jadi keunggulan Sumsel. Saya sering diskusi, bagaimana kalau Sumsel dikembangkan jadi model nasional untuk sport tourism,” ungkapnya.

Model nasional ini, menurutnya, yaitu seperti daerah percontohan atau role model, dimana Sumsel nantinya akan dikenal sebagai kota penyelenggara ajang-ajang wisata olahraga yang levelnya mendunia, seperti contohnya Asian Games hingga Moto GP.

Menurutnya, ajang balap Moto GP punya media value yang sangat tinggi sehingga akan menjadi keuntungan tersendiri jika nantinya Palembang bisa jadi tuan rumah.

Bayangkan saja, Moto GP disiarkan secara live oleh 62 jaringan TV global di hampir 207 negara. Itu akan jadi media promosi yang bagus bagi pariwisata Indonesia, terlebih untuk Sumsel khususnya.

“Palembang layak kita pilih. 2018 kita punya event besar, Asian Games. Saran saya, buatlah sport event untuk menuju Asian Games, bisa 8-10 event, sehingga puncaknya langsung kita mainkan besar-besaran. Musi Triboatton ini event besar yang harus dipromosikan besar-besaran juga,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Belajar Mengelola Destinasi Wisata di Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) berpose bersama mahasiswa UNIKOM  Riordan Immanuel Siregar Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung, Riordan Immanuel Siregar memilih PATA Indonesia Chapter

Tour Package

Patung Garuda, Ikon Baru Bandara Soekarno-Hatta yang Bakal Menarik Wisman

Bandara Soekarno-Hatta (Ist) Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan segera memiliki ikon baru. Selain Patung Proklamator, juga akan ada Patung Garuda pada Agustus mendatang. Dan, patung terbaru ini direncanakan bisa menarik minat

Nature

Anugerah Kebudayaan PWI 2017 Kembali Digelar

Batik adalah salah satu budaya Indonesia (Ist) Kebudayaan adalah roh suatu bangsa. Sedangkan media massa adalah mata dan hatinya. Di era otonomi daerah, sesungguhnya ujung tombak kebudayaan nasional ada di

Slideshow

Lima Pendekar President University Berjaya di Pakubumi Open III 2017 Nasional Asia Eropa

Prestasi mahasiswa President University dalam Pencak Silat (Ist) Olah raga pencak silat yang merupakan seni beladiri asli Indonesia saat ini sudah bisa disejajarkan dengan seni beladiri dari negara lain, seperti

Tour Package

Wisata Museum Potensi Datangkan Wisatawan Mancanegara ke RI

Museum Perjuangan Yogyakarta (Ist) Potensi wisata di destinasi Indonesia beragam. Rupanya tak hanya keindahan alam dan pesona budaya yang bisa menjadi daya tarik bagi turis asing datang ke negeri ini,

Destinations

Menuju Ruwat-Rawat Borobudur 2018

Candi Borobudur (Ist) Agendakan ke Magelang, Jawa Tengah pada Maret hingga Mei mendatang. Dan datanglah ke kawasan sekitar Candi Borobudur. Nikmati kegiatan seni dan budaya selama dua bulan penuh yang