Pemerintah Pilih Sumsel Role Model Sport Tourism Nasional

pata Indonesia dan AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya memilih Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai role model destinasi sport tourism di Indonesia.

Arief Yahya sepakat menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, ia juga mengusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia.

“Saya tidak akan salah memilih Sumatera Selatan sebagai contoh,” ungkapnya kepada pers di Jakarta, Kamis (7/4/2016). Hal ini diungkapkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam acara peluncuran ajang International Musi Triboatton 2016.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata mengungkapkan perlu pembedaan khusus untuk lebih menjual Sumsel kepada wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

“Kalau untuk Sumsel, kita sepakat Sungai Musi yang jadi ikonnya. Secara atraksi sudah bagus, kuliner bagus, budaya bagus. Nah kalau wisata man made, termasuk di dalamnya ada sport tourism, inilah yang jadi keunggulan Sumsel. Saya sering diskusi, bagaimana kalau Sumsel dikembangkan jadi model nasional untuk sport tourism,” ungkapnya.

Model nasional ini, menurutnya, yaitu seperti daerah percontohan atau role model, dimana Sumsel nantinya akan dikenal sebagai kota penyelenggara ajang-ajang wisata olahraga yang levelnya mendunia, seperti contohnya Asian Games hingga Moto GP.

Menurutnya, ajang balap Moto GP punya media value yang sangat tinggi sehingga akan menjadi keuntungan tersendiri jika nantinya Palembang bisa jadi tuan rumah.

Bayangkan saja, Moto GP disiarkan secara live oleh 62 jaringan TV global di hampir 207 negara. Itu akan jadi media promosi yang bagus bagi pariwisata Indonesia, terlebih untuk Sumsel khususnya.

“Palembang layak kita pilih. 2018 kita punya event besar, Asian Games. Saran saya, buatlah sport event untuk menuju Asian Games, bisa 8-10 event, sehingga puncaknya langsung kita mainkan besar-besaran. Musi Triboatton ini event besar yang harus dipromosikan besar-besaran juga,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

2018, Bakal Ada Beach Flight dari Helicity

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) PT Whitesky Aviation pada tahun ini akan terus mengembangkan layanan untuk meningkatkan kualitas

Slideshow

WPC Pastikan Ikut PATA Travel Mart 2017

PATA Travel Mart 2017 (Ist) Womanpreneur Community (WPC) memastikan ikut berpartisipasi dalam PATA Travel Mart 2017 di Makau. Adapun penyelenggaraan PATA Travel Travel Mart 2017 dimulai dari 13 hingga 15

SightSeeing

Menariknya Kaligrafi Mongolia

Hasil karya kaligrafi Mongolia yang penuh seni memikat pengunjung Sosok Jengis Khan dan Kubilai Khan begitu dikenal dari Mongolia. Dua nama itu pada masa lalu populer di dunia. Menariknya selama

Festival

TTC BeerFest: Fun & Charity

TTC BeerFest!2018 (Ist) Banyak cara bagi penduduk urban untuk menikmati hidup, berkumpul dan membangun networking dengan sesamanya, bahkan melakukan kegiatan kemanusian. Adalah TTC BeerFest—social event, yang mampu menggabungkan beberapa hal

Heritage

Akses ke Danau Toba Dipermudah untuk Wisatawan

Danau Toba (Ist) Angin segar datang dari Danau Toba Sumatera Utara. Tidak lama lagi, diperkirakan akhir tahun ini, tol dari Medan-Kuala Namu ke Tebing Tinggi sudah bisa dilewati. Tentunya itu

Slideshow

Pemkab Sikka Pastikan Gelar Festival Teluk Maumere 2016

Peluncuran Festival Teluk Maumere 2016 (Ist) Destinasi wisata Maumere di Flores, Nusa Tenggara Timur terkesan masih terdengar asing bagi wisatawan. Tak salah memang lantaran destinasi wisata yang terletak di Kabupaten