Pemerintah Pilih Sumsel Role Model Sport Tourism Nasional

pata Indonesia dan AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya memilih Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai role model destinasi sport tourism di Indonesia.

Arief Yahya sepakat menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, ia juga mengusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia.

“Saya tidak akan salah memilih Sumatera Selatan sebagai contoh,” ungkapnya kepada pers di Jakarta, Kamis (7/4/2016).┬áHal ini diungkapkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam acara peluncuran ajang International Musi Triboatton 2016.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata mengungkapkan perlu pembedaan khusus untuk lebih menjual Sumsel kepada wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

“Kalau untuk Sumsel, kita sepakat Sungai Musi yang jadi ikonnya. Secara atraksi sudah bagus, kuliner bagus, budaya bagus. Nah kalau wisata man made, termasuk di dalamnya ada sport tourism, inilah yang jadi keunggulan Sumsel. Saya sering diskusi, bagaimana kalau Sumsel dikembangkan jadi model nasional untuk sport tourism,” ungkapnya.

Model nasional ini, menurutnya, yaitu seperti daerah percontohan atau role model, dimana Sumsel nantinya akan dikenal sebagai kota penyelenggara ajang-ajang wisata olahraga yang levelnya mendunia, seperti contohnya Asian Games hingga Moto GP.

Menurutnya, ajang balap Moto GP punya media value yang sangat tinggi sehingga akan menjadi keuntungan tersendiri jika nantinya Palembang bisa jadi tuan rumah.

Bayangkan saja, Moto GP disiarkan secara live oleh 62 jaringan TV global di hampir 207 negara. Itu akan jadi media promosi yang bagus bagi pariwisata Indonesia, terlebih untuk Sumsel khususnya.

“Palembang layak kita pilih. 2018 kita punya event besar, Asian Games. Saran saya, buatlah sport event untuk menuju Asian Games, bisa 8-10 event, sehingga puncaknya langsung kita mainkan besar-besaran. Musi Triboatton ini event besar yang harus dipromosikan besar-besaran juga,” ujarnya. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Tourism

Pesan Mulai September, Kereta Wisata Priority akan ke Surabaya

Penumpang menikmati layanan kereta wisata Priority ke Yogyakarta (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata memastikan meluncurkan kereta wisata Priority ke Surabaya, Jawa Timur. Hal tersebut dikatakan President Director PT Kereta

Tour Package

Mahasiswa STP Bandung ‘Kuliah’ di PATA Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswopraestijo (batik biru) berpose bersama dengan mahasiswa STP Bandung (Ist) Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung mencoba menggali ilmu pariwisata secara langsung dengan mendatangi PATA

Hotel

Turis Timur Tengah Suka Traveling ke Bogor

Festival Pesona Kabupaten Bogor 2017 (Ist) Wisatawan asing dari kawasan Timur Tengah diketahui suka traveling ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal tersebut dikatakan Kepala

Slideshow

Merawat Laut Indonesia, Permata Bahari yang Rentan Rusak

Taman Nasional Taka Bonerate Tidak ada yang meragukan kekayaan bahari Indonesia yang luar biasa indah. Deretan pantai berpasir putih, ikan dan spesies laut yang beragam, aneka jenis terumbu karang, bahkan

Slideshow

HUT ke-23 Pelindo III, Dedikasi untuk Negeri

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memperingati hari ulang tahunnya yang ke-23 pada 1 Desember 2015. BUMN kepelabuhanan tersebut kini telah memiliki 17 kantor cabang yang mengelola 43 pelabuhan di tujuh

Slideshow

Mengemas Budaya Betawi dalam Puisi

Halimah Munawir Anwar (Ist) Keanekaragaman budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ketika berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Indonesia. Termasuk Budaya Betawi tentunya yang kini