Pemerintah Serius Kembangkan Wisata Bahari

menteri pariwisata arief yahya pidato

Menteri Pariwisata Arief Yahya 

Presiden Jokowi memasang target untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, pemerintah pun merespons dengan bekerja keras mengembangkan potensi beragam wisata di negeri ini, termasuk wisata bahari hingga ke mancanegara.

Adapun upaya pemerintah mendorong peningkatan wisata bahari di Tanah Air sepertinya didukung banyak pihak, termasuk WWF Indonesia. “Pemerintah sudah pasti serius mengembangkan wsiata bahari di Indonesia. Menterinya sudah mencanangkan,” ucap Indar Aminuddin, Marine Tourism Coordinator WWF Indonesia ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Seperti diketahui, pemerintah menyatakan serius untuk menggarap wisata bahari, menjadikannya prioritas untuk dikembangkan hingga 2019. “Wisata bahari itu porsinya 35 persen dari jenis wisata yang akan dikembangkan pada 2015 sampai 2019,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Arief mengatakan, wisata bahari telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai salah satu program unggulan dalam pembangunan kepariwisataan nasional.

Menteri Pariwisata menekankan fokus pengembangan wisata bahari, yakni pada destinasi pantai, selam dan selancar (surfing), yacht, cruise, serta kegiatan terkait laut dan masyarakat pesisir.

“Kita juga akan mendukung kampanye pelestarian lingkungan bahari dan peningkatan budaya bahari itu sendiri,” paparnya. Ia berharap kelak Indonesia akan menjadi destinasi bahari utama di dunia.

Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara meningkat. Target 2014 yakni 1 juta orang, naik menjadi 1,3 juta pada 2015, 1,8 juta pada 2016. Kemudian 2,3 juta pada 2017, dan 3 juta pada 2018, serta mencapai 4 juta orang pada 2019.

Wisata bahari juga ditargetkan mampu menyumbangkan devisa hingga 4 miliar US$ pada 2019. Sementara untuk target tahun ini mencapai 1 miliar US$.

“Kami akan mengembangkan kawasan strategis pariwisata nasional khusus untuk bahari di sebanyak 25 titik pada lima tahun ke depan,” ujarnya. Ia menambahkan, pada tahap pertama pada tahun ini, kementerian akan mengembangkan delapan kawasan strategis pariwisata nasional khusus bahari.

Selain itu pemerintah akan membangun 100 marina, 10 pelabuhan kapal pesiar, serta 45 destinasi selam. Pada tahun pertama, kata Arief, sebanyak 25 destinasi wisata selam akan dikembangkan hingga akhir tahun ini, selain pembangunan marina di sejumlah daerah yang memungkinkan 750 kapal untuk bersandar, serta 400 call untuk pelabuhan kapal pesiar.

“Sebagian besar wisatawan mancanegara meminati wisata pantai lalu yacht, kemudian cruise dan selam,” ucapnya. Menteri Pariwisata mengakui Indonesia belum optimal memanfaatkan wisata bahari sebagai sumber devisa padahal banyak negara lain sudah mengoptimalkannya.

Ke depan Arief menekankan pentingnya mengoptimalkan wisata bahari untuk menggenjot kinerja sektor pariwisata di Indonesia termasuk untuk mencapai target 20 juta wisatawan asing sekaligus memeratakan distribusi wisatawan mancanegara ke seluruh pelosok Nusantara. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

BRI Peduli Korban Gempa Lombok

Suasana pelepasan tim dokter IDI untuk bantuan medis bencana alam gempa di Lombok (Ist) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk kembali menunjukkan perhatian kepada para korban bencana gempa Lombok. Bekerja sama

Airlines

ASITA Jakarta Menuju Era Digital

Foto bersama dalam Rakerda I ASITA DKI Jakarta (Ist) Perkembangan zaman semakin memudahkan banyak orang untuk melakukan beragam aktivitas, termasuk ketika wisatawan memutuskan untuk berlibur. Tekonologi yang canggih kini bisa

Hotel

Korsel Kritik Menteri Pariwisata untuk Majukan Pariwisata Indonesia

Foto bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama delegasi Indonesia, termasuk Presiden Direktur PT Jababeka Tbk Budianto Liman (keempat dari kiri) dengan Minister of Culture, Sports and Tourism of Republic of

Hotel

2019, Indonesia Siap Jadi Nomor Satu Wisata Halal

Wisatawan asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Tren wisata halal kian nyaring di industri pariwisata dunia. Karenanya Indonesia tak mau kalah dengan negara-negara lain, seperti Thailand,

Destinations

Yogyakarta, Setiap Sudut tak Membosankan

Menikmati Kalibiru (Ist) Bagi banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara boleh jadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu akan menarik untuk dikunjungi. Bahkan, tak hanya sekali karena tak tertutup kemungkinan mereka akan

Slideshow

Wisatawan Asing tak Pernah Lupa ke Kota Tua

Kota Tua Jakarta (Ist) Jakarta sebagai destinasi wisata di Indonesia diminati wisatawan asing sebab keberadaan Jakarta selalu menarik untuk diceritakan. Tak hanya itu, sejarah Ibukota negeri ini juga tak kalah