Pemerintah Serius Kembangkan Wisata Bahari

menteri pariwisata arief yahya pidato

Menteri Pariwisata Arief Yahya 

Presiden Jokowi memasang target untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, pemerintah pun merespons dengan bekerja keras mengembangkan potensi beragam wisata di negeri ini, termasuk wisata bahari hingga ke mancanegara.

Adapun upaya pemerintah mendorong peningkatan wisata bahari di Tanah Air sepertinya didukung banyak pihak, termasuk WWF Indonesia. “Pemerintah sudah pasti serius mengembangkan wsiata bahari di Indonesia. Menterinya sudah mencanangkan,” ucap Indar Aminuddin, Marine Tourism Coordinator WWF Indonesia ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Seperti diketahui, pemerintah menyatakan serius untuk menggarap wisata bahari, menjadikannya prioritas untuk dikembangkan hingga 2019. “Wisata bahari itu porsinya 35 persen dari jenis wisata yang akan dikembangkan pada 2015 sampai 2019,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Arief mengatakan, wisata bahari telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai salah satu program unggulan dalam pembangunan kepariwisataan nasional.

Menteri Pariwisata menekankan fokus pengembangan wisata bahari, yakni pada destinasi pantai, selam dan selancar (surfing), yacht, cruise, serta kegiatan terkait laut dan masyarakat pesisir.

“Kita juga akan mendukung kampanye pelestarian lingkungan bahari dan peningkatan budaya bahari itu sendiri,” paparnya. Ia berharap kelak Indonesia akan menjadi destinasi bahari utama di dunia.

Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara meningkat. Target 2014 yakni 1 juta orang, naik menjadi 1,3 juta pada 2015, 1,8 juta pada 2016. Kemudian 2,3 juta pada 2017, dan 3 juta pada 2018, serta mencapai 4 juta orang pada 2019.

Wisata bahari juga ditargetkan mampu menyumbangkan devisa hingga 4 miliar US$ pada 2019. Sementara untuk target tahun ini mencapai 1 miliar US$.

“Kami akan mengembangkan kawasan strategis pariwisata nasional khusus untuk bahari di sebanyak 25 titik pada lima tahun ke depan,” ujarnya. Ia menambahkan, pada tahap pertama pada tahun ini, kementerian akan mengembangkan delapan kawasan strategis pariwisata nasional khusus bahari.

Selain itu pemerintah akan membangun 100 marina, 10 pelabuhan kapal pesiar, serta 45 destinasi selam. Pada tahun pertama, kata Arief, sebanyak 25 destinasi wisata selam akan dikembangkan hingga akhir tahun ini, selain pembangunan marina di sejumlah daerah yang memungkinkan 750 kapal untuk bersandar, serta 400 call untuk pelabuhan kapal pesiar.

“Sebagian besar wisatawan mancanegara meminati wisata pantai lalu yacht, kemudian cruise dan selam,” ucapnya. Menteri Pariwisata mengakui Indonesia belum optimal memanfaatkan wisata bahari sebagai sumber devisa padahal banyak negara lain sudah mengoptimalkannya.

Ke depan Arief menekankan pentingnya mengoptimalkan wisata bahari untuk menggenjot kinerja sektor pariwisata di Indonesia termasuk untuk mencapai target 20 juta wisatawan asing sekaligus memeratakan distribusi wisatawan mancanegara ke seluruh pelosok Nusantara. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Bandara Banyuwangi, Bali, Lombok akan Jadi Tourism Triangle

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Kementerian Pariwisata terus berupaya menggandeng berbagai pihak untuk mencapai target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Menariknya manajemen PT Angkasa Pura II telah berkomitmen

Destinations

Wisata Bahari Ala TNI AL Meriahkan HPN 2016

KRI Soeharso (Ist) Persiapan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang akan berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 6-9 Februari 2016 mendatang terus dilakukan, baik Panitia Pusat HPN 2016

Festival

Menteri Pariwisata Arief Yahya Apresiasi El John Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya tampak hadir dalam bukber El John Indonesia Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri buka puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu dengan tema ‘Keindahan Berkah Ramadan yang diselenggarakan

Destinations

PATA Indonesia Dukung Soppeng Promosi Pariwisata

Sambutan dari Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak (Ist) Selama ini destinasi wisata yang sudah dikenal wisatawan di Sulawesi Selatan, seperti Makassar dan Toraja. Padahal, masih banyak destinasi wisata yang menarik

Destinations

Pariwisata Indonesia, Potongan Sorga yang Jatuh ke Bumi

Turis asing menyatu dengan warga setempat di Gli Trawangan, Lombok (Ist) Pariwisata bisa membuat Indonesia menjadi negara maju dan menciptakan masyarakat negeri ini sejahtera.  Deputi Bidang Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata

World Heritage

Optimistis Pariwisata Indonesia Menyambut 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menggelar Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Rabu (21/12/2016). Menpar