Pemerintah Serius Kembangkan Wisata Bahari

menteri pariwisata arief yahya pidato

Menteri Pariwisata Arief Yahya 

Presiden Jokowi memasang target untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, pemerintah pun merespons dengan bekerja keras mengembangkan potensi beragam wisata di negeri ini, termasuk wisata bahari hingga ke mancanegara.

Adapun upaya pemerintah mendorong peningkatan wisata bahari di Tanah Air sepertinya didukung banyak pihak, termasuk WWF Indonesia. “Pemerintah sudah pasti serius mengembangkan wsiata bahari di Indonesia. Menterinya sudah mencanangkan,” ucap Indar Aminuddin, Marine Tourism Coordinator WWF Indonesia ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Seperti diketahui, pemerintah menyatakan serius untuk menggarap wisata bahari, menjadikannya prioritas untuk dikembangkan hingga 2019. “Wisata bahari itu porsinya 35 persen dari jenis wisata yang akan dikembangkan pada 2015 sampai 2019,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Arief mengatakan, wisata bahari telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai salah satu program unggulan dalam pembangunan kepariwisataan nasional.

Menteri Pariwisata menekankan fokus pengembangan wisata bahari, yakni pada destinasi pantai, selam dan selancar (surfing), yacht, cruise, serta kegiatan terkait laut dan masyarakat pesisir.

“Kita juga akan mendukung kampanye pelestarian lingkungan bahari dan peningkatan budaya bahari itu sendiri,” paparnya. Ia berharap kelak Indonesia akan menjadi destinasi bahari utama di dunia.

Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara meningkat. Target 2014 yakni 1 juta orang, naik menjadi 1,3 juta pada 2015, 1,8 juta pada 2016. Kemudian 2,3 juta pada 2017, dan 3 juta pada 2018, serta mencapai 4 juta orang pada 2019.

Wisata bahari juga ditargetkan mampu menyumbangkan devisa hingga 4 miliar US$ pada 2019. Sementara untuk target tahun ini mencapai 1 miliar US$.

“Kami akan mengembangkan kawasan strategis pariwisata nasional khusus untuk bahari di sebanyak 25 titik pada lima tahun ke depan,” ujarnya. Ia menambahkan, pada tahap pertama pada tahun ini, kementerian akan mengembangkan delapan kawasan strategis pariwisata nasional khusus bahari.

Selain itu pemerintah akan membangun 100 marina, 10 pelabuhan kapal pesiar, serta 45 destinasi selam. Pada tahun pertama, kata Arief, sebanyak 25 destinasi wisata selam akan dikembangkan hingga akhir tahun ini, selain pembangunan marina di sejumlah daerah yang memungkinkan 750 kapal untuk bersandar, serta 400 call untuk pelabuhan kapal pesiar.

“Sebagian besar wisatawan mancanegara meminati wisata pantai lalu yacht, kemudian cruise dan selam,” ucapnya. Menteri Pariwisata mengakui Indonesia belum optimal memanfaatkan wisata bahari sebagai sumber devisa padahal banyak negara lain sudah mengoptimalkannya.

Ke depan Arief menekankan pentingnya mengoptimalkan wisata bahari untuk menggenjot kinerja sektor pariwisata di Indonesia termasuk untuk mencapai target 20 juta wisatawan asing sekaligus memeratakan distribusi wisatawan mancanegara ke seluruh pelosok Nusantara. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Heritage

Menanti Turis Tiongkok ke Indonesia Usai PATA Travel Mart 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) dan SD Darmono, Chairman PATA Indonesia Chapter (paling kanan) (Ist) Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016 yang diselenggarakan di

Destinations

Istana Peringati Sumpah Pemuda dengan Nusantara Berdendang

Budaya Indonesia (Ist) Istana Kepresidenan Jakarta akan menggelar peringatan 88 Tahun Sumpah Pemuda tahun 2016 dengan pergelaran seni dan budaya ‘Nusantara Berdendang’. Acara ini akan dilaksanakan tepat pada Hari Sumpah

Airlines

Batam Aman dari Ancaman Terorisme

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan situasi keamanan pasca bom di Solo sudah sangat kondusif, baik di destinasi wisata maupun di semua pintu masuk, termasuk di

Slideshow

Andil Prakarsa Parahiyangan dalam Pilkada Indonesia

Foto bersama FPMDI (Ist) Para pimpinan media digital yang tergabung dalam Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) menyatakan akan turut berpartisipasi dalam Pilkada serempak 2017 nanti. Hal ini dibuktikan dengan

SightSeeing

Mencari Putri Pariwisata Indonesia 2017 Penerus Lois Merry Tangel

Herliansa Chrisnasari Puspita (Ist) Yayasan El John Indonesia akan menggelar kontes pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017. Event tahunan untuk generasi muda negeri ini, khususnya kaum perempuan yang akan ikut mempromosikan

Festival

Menanti Cerita Rakyat yang Menyertai GMT

Acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) selama ini yang terjadi di Indonesia selalu tak bisa dilepaskan dengan cerita rakyat. Bagi masyarakat negeri ini, cerita