Pemimpin adalah Teladan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Presiden Jokowi telah menetapkan pariwisata sebagai leading sector pembangunan, yang berarti persaingan sektor pariwisata sebagai industri jasa juga banyak diperebutkan negara lain. Persaingan kedepan adalah siapa yang cepat memakan yang lambat, bukan yang besar mengalahkan yang kecil.

Thailand, Malaysia, dan Singapura menjadi kompetitor Indonesia dalam persaingan sektor pariwisata. Karenanya jika regulator masih lelet, maka daya saing negeri ini tidak akan sanggup berkompetisi di level global. Menyikapi hal tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus memperbaiki diri dengan membangun budaya kerja untuk meninggalkan pola dan kebiasaan lama yang buruk.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya secara resmi meluncurkan budaya kerja WIN Way bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Rabu (23/5/2018). WIN Way adalah implementasi Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden RI di level internal Kementerian Pariwisata.

WIN Way menjadi jurus atau cara untuk memenangkan kompetisi, yaitu dengan Solid, Speed, dan Smart (3S). Budaya kerja menjadi pilar pembentuk karakter. Menpar Arief menginginkan setiap ‘bukit-bukit kemenangan’ haruslah dicapai dengan cara-cara WIN Way.

“Misi terbesar saya memimpin adalah membentuk sebuah perusahaan yang berkarakter dan memiliki daya saing global. The Corporate Culture menjadi pilar pembentuk karakter,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam peluncuran Budaya Kerja Kementerian Pariwisata.

Di hadapan seluruh pejabat mulai dari pejabat struktural eselon I, II, III, dan IV hingga pejabat fungsional maupun pejabat perbendaharaan di lingkungan Kementerian Pariwisata, Menpar Arief mengatakan, untuk menjadi pemenang seorang pemimpin harus memiliki dua elemen dasar, yaitu Great Spirit dan Grand Strategy.

Yang pertama menyangkut Heart (hati), yang kedua menyangkut Head (pikiran). Yang pertama menyangkut karakter sebagai hasil olah ruh dan olah rasa, yang kedua menyangkut kompetensi sebagai hasil dari olah rasio dan olah raga.

Great Spirit berkaitan dengan semangat tinggi yang terbentuk oleh keyakinan (belief), nilai-nilai (values), dan perilaku (behavior) yang utama dan mulia. Sementara Grand Strategy berkaitan dengan visi, strategi, model bisnis, atau eksekusi ekselen yang terbangun dari analisis dan daya pikir yang mumpuni.

Spirit dan strategy merupakan dua elemen dasar yang saling melengkapi dan mengisi, sehingga tidak bisa dipisahkan satu dari yang lain. Itu sebabnya kunci kesuksesan pemimpin ditentukan oleh kemampuannya menyeimbangkan dan mengharmonikan keduanya.

Menpar Arief berpesan bahwa setiap pegawai di Kemenpar adalah seorang agen perubahan dan harus menjadi seorang pemenang atau culture champions. Para pemimpin di Kemenpar mempunyai peran sebagai teladan dan panutan (role model), penjaga nilai-nilai WIN Way (guardian), pembimbing (coach), penerjemah nilai-nilai WIN Way (translator) serta motivator bagi anak buahnya.

“Pemimpin tidak pernah merasakan lelah, sebelum berhasil mencapai mimpinya. Hanya energi yang besar dari seorang pemimpin yang dapat menularkan semangat kerja pada seluruh pasukannya,” ujar Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (23/5/2018).

Pada kesempatan ini, Menpar Arief sekaligus meluncurkan rangkaian Calendar of Events (CoE) sebagai aktivasi budaya kerja, yang dimulai dari WIN Way Ramadhan yang sedang berjalan, kemudian dilanjutkan dengan WIN Way Champions, WIN Way Merdeka Cup hingga puncaknya di akhir tahun nanti WIN Way Summit sebagai ajang penghargaan bagi insan terbaik di Kemenpar. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Menteri Pariwisata Ajak ASITA Promosikan Milenial Tourism di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Ketua Umum DPP ASITA N Rusmiati (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak para pelaku industri pariwisata yang tergabung dalam ASITA untuk menggalakkan digital dan

Nature

10 Bali Baru akan Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2017 (Ist) Indonesia dikenal kaya akan destinasi wisata. Kendati demikian, Bali masih saja menjadi primadona destinasi wisata pilihan wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara. Namun, pemerintah

Destinations

Menangkan Indonesia dalam World Halal Tourism Award 2016

Turis asing menyatu dengan warga setempat di Lombok (Ist) Yuk… ikut menangkan pariwisata Indonesia dalam World Halal Tourism Award 2016 http://bit.ly/VOTEIndonesia Vote nominator dari Indonesia dalam World Halal Tourism Award

All About Indonesia

Legalitas Mutlak untuk Anggota FPMDI

FPMDI buka puasa bersama (Ist) Media online yang tergabung di Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) menyadari pentingnya legalitas sehingga keberadaan FPMDI bisa semakin banyak mendapat pengakuan publik. Adanya legalitas

Heritage

Stan PATA Indonesia Ramai

Suasana pembukaan Astindo Fair 2016 di JCC, Jumat (23/3/2016) (Ist) Hari terakhir penyelenggaraan Astindo Fair 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) stan PATA Indonesia Chapter ramai dikunjungi pengunjung. Ya, Minggu

Nature

Tanjung Lesung akan Gelar Rhino XTriathlon

Rhino XTriathlon (Rhino Cross Triathlon) (Ist) Rhino XTriathlon (Rhino Cross Triathlon) adalah event cross triathlon pertama yang ada di Indonesia. Informasi yang diterima patainanews.com, Rabu (26/7/2017) menulis, sebagai rangkaian dari perhelatan akbar tahunan Tanjung Lesung