Pemimpin adalah Teladan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Presiden Jokowi telah menetapkan pariwisata sebagai leading sector pembangunan, yang berarti persaingan sektor pariwisata sebagai industri jasa juga banyak diperebutkan negara lain. Persaingan kedepan adalah siapa yang cepat memakan yang lambat, bukan yang besar mengalahkan yang kecil.

Thailand, Malaysia, dan Singapura menjadi kompetitor Indonesia dalam persaingan sektor pariwisata. Karenanya jika regulator masih lelet, maka daya saing negeri ini tidak akan sanggup berkompetisi di level global. Menyikapi hal tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus memperbaiki diri dengan membangun budaya kerja untuk meninggalkan pola dan kebiasaan lama yang buruk.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya secara resmi meluncurkan budaya kerja WIN Way bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Rabu (23/5/2018). WIN Way adalah implementasi Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden RI di level internal Kementerian Pariwisata.

WIN Way menjadi jurus atau cara untuk memenangkan kompetisi, yaitu dengan Solid, Speed, dan Smart (3S). Budaya kerja menjadi pilar pembentuk karakter. Menpar Arief menginginkan setiap ‘bukit-bukit kemenangan’ haruslah dicapai dengan cara-cara WIN Way.

“Misi terbesar saya memimpin adalah membentuk sebuah perusahaan yang berkarakter dan memiliki daya saing global. The Corporate Culture menjadi pilar pembentuk karakter,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam peluncuran Budaya Kerja Kementerian Pariwisata.

Di hadapan seluruh pejabat mulai dari pejabat struktural eselon I, II, III, dan IV hingga pejabat fungsional maupun pejabat perbendaharaan di lingkungan Kementerian Pariwisata, Menpar Arief mengatakan, untuk menjadi pemenang seorang pemimpin harus memiliki dua elemen dasar, yaitu Great Spirit dan Grand Strategy.

Yang pertama menyangkut Heart (hati), yang kedua menyangkut Head (pikiran). Yang pertama menyangkut karakter sebagai hasil olah ruh dan olah rasa, yang kedua menyangkut kompetensi sebagai hasil dari olah rasio dan olah raga.

Great Spirit berkaitan dengan semangat tinggi yang terbentuk oleh keyakinan (belief), nilai-nilai (values), dan perilaku (behavior) yang utama dan mulia. Sementara Grand Strategy berkaitan dengan visi, strategi, model bisnis, atau eksekusi ekselen yang terbangun dari analisis dan daya pikir yang mumpuni.

Spirit dan strategy merupakan dua elemen dasar yang saling melengkapi dan mengisi, sehingga tidak bisa dipisahkan satu dari yang lain. Itu sebabnya kunci kesuksesan pemimpin ditentukan oleh kemampuannya menyeimbangkan dan mengharmonikan keduanya.

Menpar Arief berpesan bahwa setiap pegawai di Kemenpar adalah seorang agen perubahan dan harus menjadi seorang pemenang atau culture champions. Para pemimpin di Kemenpar mempunyai peran sebagai teladan dan panutan (role model), penjaga nilai-nilai WIN Way (guardian), pembimbing (coach), penerjemah nilai-nilai WIN Way (translator) serta motivator bagi anak buahnya.

“Pemimpin tidak pernah merasakan lelah, sebelum berhasil mencapai mimpinya. Hanya energi yang besar dari seorang pemimpin yang dapat menularkan semangat kerja pada seluruh pasukannya,” ujar Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (23/5/2018).

Pada kesempatan ini, Menpar Arief sekaligus meluncurkan rangkaian Calendar of Events (CoE) sebagai aktivasi budaya kerja, yang dimulai dari WIN Way Ramadhan yang sedang berjalan, kemudian dilanjutkan dengan WIN Way Champions, WIN Way Merdeka Cup hingga puncaknya di akhir tahun nanti WIN Way Summit sebagai ajang penghargaan bagi insan terbaik di Kemenpar. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesia itu Bagus

Bersama Coca-Cola, Koin Kemanusiaan Donasi ke Panti Asuhan

Anton Ristiono (kanan) perwakilan dari Koin Kemanusiaan menyerahkan donasi Coca-Cola kepada pengurus Panti Asuhan Putra Nusa Putra Ramadan 1439 H adalah bulan baik. Karenanya Koin Kemanusiaan kembali menyalurkan donasi untuk

Tourism

Tanjung Lesung, Contoh Nyata Wisata Bahari yang Memerhatikan Konservasi Alam

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo hadir dalam acara Signing Blue WWF Indonesia (Ist) Kawasan wisata di Tanjung Lesung terus berkembang. Destinasi wisata yang terletak di Banten ini bisa disebut

Heritage

IATA Gandeng PATA Indonesia Kembangkan Pariwisata Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik) bersama Rektor President University Chandra Setiawan (tengah) dan Country Manager IATA Indonesia Rita Rompas berjabat tangan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) (Ist) International

World Heritage

Tebing Breksi, Destinasi Wisata yang Diminati di Yogyakarta

Wisatawan di Tebing Breksi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama ini identik dengan daerah yang dikenal melestarikan budaya Jawa. DIY ternyata dilengkapi dengan beragam destinasi wisata yang menjadi daya tarik wisatawan

Destinations

Dieng Culture Festival 2016 Diminati Turis Asing

Ribuan orang baik wisatawan maupun wisnus memadati Dieng Culture Festival 2016 di Candi Dieng (Ist) Dieng Culture Festival (DCF) 2016 memberi dampak positif bagi perekonomian Banjarnegara dan Wonosobo. Ada sekitar

Hotel

Target 17 Juta Wisman akan Tercapai di 2018

Tedjo Iskandar (duduk ketiga dari kanan) Target pemerintah untuk kunjungan wisatawan mancanegara yang mencapai 17 juta wisman pada tahun ini diperkirakan akan tercapai. Hal tersebut disampaikan Founder TTC Travel Mart