Pemkab Sikka Pastikan Gelar Festival Teluk Maumere 2016

teluk maumere di jkt

Peluncuran Festival Teluk Maumere 2016 (Ist)

Destinasi wisata Maumere di Flores, Nusa Tenggara Timur terkesan masih terdengar asing bagi wisatawan. Tak salah memang lantaran destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Sikka, tepat di tengah Pulau Flores, ini memang tak setenar wilayah lain di Flores seperti Labuan Bajo atau Alor. 

Pariwisata Maumere, si jantung hati Pulau Flores sempat lesu karena gempa tektonik yang menyebabkan tsunami pada 1992 silam.

“Pada 1970-an dan 1980-an Maumere sudah terkenal di dunia. Bahkan sebelum Bunaken (di Sulawesi Utara) terkenal. Setelah tahun 1992 terkena gempa tektonik yang menyebabkan tsunami, 2.000 orang tewas, banyak karang rusak. Setelah itu dilakukan pemulihan dan tidak diekspos karena tidak mungkin diekspos saat rusak,” kata Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera pada peluncuran paket wisata Festival Teluk Maumere di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Berbagai upaya dilakukan untuk mengembalikan kejayaan pariwisata Maumere, yakni mempopulerkan kembali Maumere, yakni pembenahan destinasi, membuat acara menarik dan berkelanjutan, paket wisata, dan promosi.

Sedangkan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan, “Promosi perlu tapi kita harus tahu bahwa produk yang akan dipromosikan sangat segmented, yakni diving. Perlu promosi tetapi juga ada perlu pembatas. Jangan sampai dibuka diekspos kemudian rusak”.

Sebagai destinasi wisata, Maumere menawarkan pantai berpasir putih, situs diving dari patahan gempa tektonik sedalam sepuluh meter yang ditumbuhi terumbu karang, migrasi ikan paus, ikan predator seperti black tip shark dan pari, air laut jernih, serta wisata kebudayaan, wisata religi, dan kuliner yang layak dieksplor.

Tahun 2015 ada sekitar 6.000 wisatawan mancanegara dan 20.000 wisatawan nusantara yang berkunjung ke Maumere di Kabupaten Sikka.

Tahun ini Pemda Sikka menargetkan jumlah wisatawan yang sama kembali ke Maumere. “Sekarang kita ingin mengembalikan popularitas Maumere, supaya bisa dikenang dan dipopulerkan kembali,” tuturnya. (Gabriel Bobby) 



About author



You might also like

Tourism

Selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fa Cai

Imlek (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2567 Gong Xi Fa Cai Semoga Tahun Monyet Api membawa kedamaian, kebaikan, dan keberuntungan bagi kita semua, termasuk

World Heritage

Menikmati Lupis Ala Hotel Berbintang

Lupis di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Lupis atau biasa disebut juga dengan lopis merupakan salah satu jajanan khas tradisional Indonesia yang termasuk dalam kategori kue basah. Jajanan yang

World Heritage

Segera ke Sangihe, Ada Gunung Berapi di Bawah Laut

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluincurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016) Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara (Sulut)

Cuisine

2019, Pemerintah Optimistis 20 Juta Wisatawan Mancanegara Tercapai

Indonesia berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan asing (Ist) Pemerintah mengaku tetap optimistis bisa merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman)

Airlines

Keliling Indonesia Bersama Pigijo

Claudia Ingkiriwang, co founder blog.pigijo.com (tengah) Indonesia dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang indah, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal sehingga wisatawan bisa menikmati negeri ini dengan cara traveling

Heritage

Sumsel Optimistis Turis Tiongkok Jalan-Jalan ke Palembang

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kaca mata) berpose bersama wartawan (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) optimistis turis asal Tiongkok akan semakin banyak berkunjung ke Bumi