Pemprov Jateng akan Dorong UKM Bertumbuh

masih nyempil

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tengah melayani pertanyaan wartawan (Ist)

Pemerintah provinsi Jawa Tengah (Jateng) akan terus mendorong bertumbuhnya usaha kecil dan menengah (UKM) di Jawa Tengah seiring meningkatnya kunjungan wisatawan ke Jateng.

Adapun Pemprov Jateng meminta adanya pembangunan rest area  Jalan Tol Bawen-Salatiga. Hal tersebut dinilai penting lantaran jalan tol ini punya panorama wisata, yakni Gunung Merbabu yang menjadi daya tarik traveler serta potensial untuk pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Saya sudah minta, banyak peminat termasuk Jasa Marga yang mengelola. Saya minta tolong dong mereka (pengusaha UKM) didorong supaya agar mereka semua mendapatkan tempat,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selepas meresmikan acara Borobudur Internasional Festival 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Ganjar mengaku telah meminta arsitek untuk merancang rest area Tol Bawen-Salatiga agar dibuat menarik. Salah tempat yang diajukan oleh Ganjar adalah di sekitar Rawa Pening. “Kemarin itu di sebelah Rawa Pening ada satu tempat bagus. Tempatnya tinggi. Kalau rest area di samping itu saya bayangkan itu tempat menggantung. Bisa lihat di bawahnya,” tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya rest area di Tol Bawen-Salatiga, maka pengendara tak hanya sekadar mampir untuk istirahat, melainkan juga bisa berbelanja produk-produk masyarakat. “Itu bisa jualan baru. Cuma latar belakang Gunung Merbabu pas di atas pintu tol itu orang sudah berebut ke sana. Maka orang-orang berhenti. Kalau dia berhenti, maka ekonomi kreatif, potensi desa bisa ditingkatkan,” ungkapnya.

Rest area tersebut nantinya akan diisi oleh gerai-gerai UKM milik masyarakat. Diharapkan ekonomi masyarakat bisa meningkat. Ia tak menampik batik bisa menjadi andalan UKM di Jateng. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

Anggrek Executive Lounge di Stasiun Tugu Yogyakarta

Kereta wisata Priority nyaman (Ist) Kereta Api kini semakin diminati wisatawan untuk traveling ke Yogyakarta. Destinasi wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) kini semakin komplet sebab sudah ada layanan kereta wisata

Tourism

Tanjung Lesung Hadir di Deep and Extreme Indonesia 2018

Berita Foto: Destinasi wisata Tanjung Lesung yang terletak di Pandeglang, Banten ikut serta mempromosikan keindahan destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru ini di Deep and Extreme Indonesia 2018.

Tour Package

Kenapa Harus Ikut PATA Travel Mart 2016?

PATA Travel Mart 2016 (Ist) PATA Travel Mart 2016 sudah didepan mata. Kenapa harus ikut PATA Travel Mart 2016? Temukan jawabannya di https://www.youtube.com/watch?v=EHgSRZUDTrY (Gabriel Bobby)  

Slideshow

ICE Jadi Venue GIIAS 2016

ICE (Ist) Menjelang penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 pada 7 hingga 9 September mendatang, Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten dipercaya sebagai venue penyelenggaraan event berskala internasional, Gaikindo

Culture

Arief Yahya Siapkan 19 Calon Jawara di UNWTO

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Semangat 3 C (Calibration, Confidence, Credibility) terus digelorakan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menjadi pemain global. Semua lini di konversi ke dalam global standar agar

Destinations

Pokemon GO Resmi di Indonesia

Pokemon GO (Ist) Pokemon Go akhirnya sudah bisa di-download secara resmi di Indonesia. Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis di Apple App Store (untuk iOS) dan Google Play Store (untuk Android).