Pemprov Maluku akan Gelar Tour de Molvccas

Foto soft launching

Suasana soft launching Tour de Molvccas (TdM) dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 (Ist)

Pemerintah provinsi Maluku melakukan soft launching Tour de Molvccas (TdM) di Islamic Center, Ambon. Soft launching TdM merupakan rangkaian pembuka menuju puncak TdM yang diselenggarakan pada 14 hingga 22 September mendatang dan dilakukan di sela-sela seminar dengan tema ‘The Power of Brand, Menjadikan Maluku Tujuan Wisata Indonesia’.  

Seminar itu diselenggarakan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang dilaksanakan di kota Ambon pada Kamis, 9 Februari 2017.

Seminar sekaligus soft launching dibuka dan dilakukan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dan hadir Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Pusat Margiono, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, pakar dan guru marketing Indonesia yang juga menjadi pembicara utama seminar, Hermawan Kartajaya dan sejumlah pembicara lainnya.

Zeth Sahuburua menegaskan, Pemprov Maluku ingin serius di bidang pariwisata.  “Kita mau pariwisata juga bisa maju di Maluku. Kita punya potensi wisata alam, kita juga punya potensi wisata bahari dan alam bawah laut kita bagus dan eksotis, kita punya beberapa situs sejarah peninggalan leluhur dan peninggalan penjajah Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris yang ada di kota Ambon, Pulau Banda dan beberapa pulau lainnya, Maluku juga punya makanan khas yang dikembangkan sebagai wisata kuliner dan lainnya,” paparnya.

Ia mengakui pariwisata Maluku kurang promosi. “Seminar dapat menjadi forum melahirkan gagasan untuk mencari jalan keluar terhadap persoalan promosi pariwisata Maluku. Saya setuju kita ciptakan banyak event pariwisata. Event Tour de Molvccas diharapkan menjadi salah satu ajang promosi. Ini salah satu kegiatan penting yang harus didukung,” demikian Wagub berpendapat dan berharap.

TdM merupakan event balap sepeda internasional yang rencananya dihadiri 30 negara, ditambah tuan rumah Indonesia atau sekitar 20 tim dengan jumlah pembalap 100 orang atau total rombongan 700 orang.

Para pebalap dan tim yang turut serta dalam TdM 2017 adalah pebalap yang sering mengikuti kejuaraan balap sepeda profesional yang tercatat dalam kalender badan sepeda dunia atau Union Cycliste Internationale (UCI).

Tim teknis dari Indonesia Grand Prix (IGP) dan pihak event organizer (EO), PT Mitra Lintas,  telah melakukan survei pada awal Januari  2017 lalu, terkait jalan atau rute, hotel, lokasi wisata dan berbagai faktor pendukung lainnya.

TdM juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, UCI, PB ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia), ISI Maluku dan lainnya.

Adapun Pemprov Maluku bekerja sama dengan Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Pemerintah  Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Pemerintah  Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) atau daerah-daerah yang akan dilewati rute TdM 2017.

Pemerintah Provinsi Maluku menegaskan, TdM adalah kegiatan pariwisata berbasis olahraga (sport tourism) yang  menjadi sarana promosi pariwisata Maluku.

Tim survei yang dipimpin Jamalaudin Mahmood dari IGP, konsultan utama dengan reputasi internasional yang diakui UCI, menyatakan, Pemerintah Maluku memiliki keseriusan untuk menyelenggarakan lomba balap sepeda internasional TdM.

Dari hasil survei, pihak Jamaludin dan pihak Pemprov Maluku telah menetapkan bahwa rute TdM yang akan dilewati terdiri dari lima etape, antara lain, melintasi Pulau Seram dan Pulau Ambon dengan pembagiannya, yakni Etape I Piru – Masohi (184,5 km), Etape II Sawai-Bula (228,8 km), Etape III Bula-Wahai (159,2 km), Etape IV Masohi – Kairatu (142,4 km), Etape V Namalatu – Ambon (87,2 km) dan grand finish di Lapangan Merdeka kota Ambon.

Total jarak yang ditempuh 802,1 km.

TdM Event Strategis

“TdM ini event strategis yang diharapkan dapat mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan domestik, regional dan global untuk berwisata ke Maluku. TdM juga diharapkan menjadi branding Maluku, menaikkan popularitas, citra, reputasi dan trust Maluku. Kami ingin banyak media nasional dan internasional yang meliput TdM dan kami percaya media massa dapat membantu memberitakan potensi pariwsiata Maluku. Kami juga ingin media sosial bergerak dan menjadi sarana promosi pariwisata Maluku pada umumnya dan TdM khususnya,” papar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Habiba Saimima dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (7/2/2017).

Sementara Ketua ISI Maluku Eddy Tauran berharap TdM harus menjadi momentum untuk memasyarakatkan olahraga sepeda di Maluku dan diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk menjadi atlet sepeda berprestasi nasional dan global.

“TdM ini juga kan bagus untuk kampanye hemat energi, cinta bumi dan lingkungan yang sehat sebab sepeda yang dapat menjadi alat transportasi tidak menggunakan bahan bakar,” demikian Eddy.

Pemprov Maluku juga mengharapkan TdM menggerakkan industri pariwisata dan perekonomian masyarakat Maluku. Diharapkan semakin banyak orang Maluku menjadi pelaku wisata dengan menjadi pengusaha di bidang pariwisata seperti perhotelan, kuliner, merchandise, souvenir atau industri kreatif, kerajinan dan berbagai usaha kecil-menengah berikut dapat merangsang kedatangan investor dari luar daerah dan luar negeri.

Rencananya akan diegelar sejumlah kegiatan pendukung TdM seperti pameran produk pariwisata, kuliner, produk kreatif dan UKM, atraksi seni-budaya, festival jazz dan lainnya.

Akan diselenggarakan touring sepeda atau fun bike menjelang hari H yang melintas kota Ambon, lomba foto selfie hingga lomba cipta lagu atau theme song khusus TdM. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Investments

Perkuat Bisnis Media Digital, AMDI Gandeng Djarum

Pengurus AMDI (Ist) Global Digital Prima (GDP) Venture, unit usaha Grup Djarum yang fokus di bisnis internet consumer tengah menjajaki peluang kerja sama dengan Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI). Adapun

Nature

Pelindo III Serius Majukan Wisata Bahari

Logo PT Pelindo III (Ist) Sebagai upaya mendukung pemerintah merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga 2019 mendatang, manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengaku sangat serius

Slideshow

‘Wanita Indonesia itu Unik dengan Ragam Budaya’

Buku Magnificent Indonesia (Ist) Peringatan Hari Kartini 21 April 2016 terjadi dalam berbagai bidang, termasuk sektor pariwisata Indonesia. Sosok RA Kartini begitu melekat dalam masyarakat Indonesia. Dan, selama ini rakyat negeri

Tour Package

Roadshow Putri Pariwisata Indonesia 2017

Founder and Chairman ELJOHN Pageants Johnnie Sugiarto (batik) (Ist) Tahun ini ELJOHN Pageants kembali menggelar pemilihan Putri Pariwisata Indonesia yang rencananya dilaksanakan pada Agustus mendatang. Untuk mendukung hal tersebut, ELJOHN

Destinations

Promosikan Wisata, KRI Dewaruci tiba di Lombok

logo PT Pelindo III (Ist) Kapal legendaris, KRI Dewaruci sandar di PT Pelindo III Lembar, Nusa Tenggara Barat di Dermaga Nusantara II pada Senin (12/9/2016) . Kapal yang telah mengelilingi

Slideshow

Pelesir di Yogyakarta

Turis Asing Naik Becak di Yogyakarta (Ist) Pulang ke kotamu Ada setangkup haru dalam rindu Masih seperti dulu Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna Terhanyut aku akan nostalgi Saat