Pengukuhan Pengurus DPP PUTRI Masa Bakti 2016-2021 oleh Menteri Pariwisata

dpp putri AY

Pengukuhan Pengurus DPP PUTRI Masa Bakti 2016-2021 oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (30/06/2016) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengukuhkan Dewan Pengurus Pimpinan Pusat Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPP-PUTRI) Masa Bakti 2016-2021 hasil Musyawarah Nasional (Munas) PUTRI di Jakarta pada 23 hingga 24 April lalu, dan pengukuhan mengacu pada Surat Keputusan Nomor 01/DPP-PUTRI/IV/Tahun 2016 tanggal 30 April 2016 tentang Pengesahan Susunan Pengurus DPP PUTRI Masa Bakti Tahun 2016-2021.

Adapun Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) wadah perjuangan kepentingan bersama para pengelola usaha-usaha Taman Rekreasi yang berperan aktif memajukan dan mengembangkan industri kepariwisataan untuk kesejahteraan masyarakat.

PUTRI didirikan padal 10 November 1977 silam oleh sekelompok pimpinan obyek wisata di Jakarta antara lain Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Ismail Marzuki, Museum Nasional, Museum Satria Mandala, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja Senayan, Taman Anggrek dan lain sebagainya atas dorongan KADIN Indonesia.

“Kami menyambut baik kepengurusan DPP-PUTRI Periode 2016 – 2021. Semoga PUTRI mampu menempatkan diri dalam eksistensinya di antara jajaran Industri Kepariwisataan di Indonesia dan bisa menjadi salah satu pendukung pengembangan kepariwisataan dan peningkatan kunjungan wisatawan,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (30/6/2016)

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata menambahkan, pihaknya berharap agar Dewan Pengurus terpilih bisa semakin meningkatkan kemitraan yang selama ini dibangun dengan Kemenpar dan memberikan kontribusi terbaik untuk perkembangan organisasi ini sehingga keberadaan taman rekreasi bisa menjadi salah satu daya tarik pariwisata guna mendongkrak kunjungungan wisatawan.

Menurut AT, PUTRI agar lebih inovatif dalam menarik minat kunjungan wisatawan ke obyek wisata yang dikelola, mengingat target pertumbuhan pariwisata tahun ini sebesar 20% berarti empat kali lipat dari pertumbuhan perekonomian nasional sehingga percepatan akselerasi harus dilakukan dengan pendekatan great spirit, grand strategi yakni bagaimana mendapatkan hasil yang luar biasa dengan cara yang tidak biasa.

“Kita harus bangun spirit bahwa pariwisata Indonesia bisa mengalahkan pariwisata negara-negara pesaing di kawasan ASEAN. Pariwisata harus menjadi penghasil devisa utama bagi bangsa Indonesia,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum terpilih DPP PUTRI AJ Bambang Soetanto menjelaskan bahwa keanggotaan organisasi PUTRI ini terdiri dari PUTRI Tingkat Pusat, disebut Dewan Pimpinan Pusat (DPP); PUTRI tingkat Daerah I, disebut Dewan Pimpinan Daerah (DPD); PUTRI tingkat Daerah II/Kotamadya, disebut Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Kepengurusan DPP PUTRI dipilih berdasarkan Musyawarah Nasional untuk masa jabatan 5 tahun.

Sedangkan DPD Tingkat I PUTRI dipilih berdasarkan Musyawarah Daerah Tingkat I untuk masa jabatan 4 tahun, dan DPC PUTRI dipilih berdasarkan Musyawarah Cabang PUTRI dengan masa jabatan 3 tahun.

Sejak PUTRI didirikan sampai sekarang telah memiliki 26 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dari 26 provinsi, dan akan membentuk 8 DPD baru dari provinsi pemekaran sehingga akan ada 34 DPD di seluruh provinsi di Indonesia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016

Ilustrasi Wayang (Ist) Acara atraksi seni budaya sebagai media efektif promosikan potensi pariwisata dalam mendukung program Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 260 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dan akan

Slideshow

Sentuhan Modern, Batik Fractal Serius Masuk Pasar Dunia

  Setelah diterima di pasar dalam negeri dan memutuskan untuk masuk pasar internasional lantaran banyak dicari wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Indonesia, maka manajemen Batik Fractal pun semakin serius memikirkan

Hotel

Budaya Nusantara yang Beragam Menyatu di Bandung

Press conference penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan di Kementerian Pariwisata di Jakarta (Ist) Pesta rakyat yang dikemas dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 akan dihadiri Presiden Jokowi di Bandung, Jawa

Cuisine

Pemkab Sikka Giat Promosikan Teluk Maumere

Capa Resort Maumere juga ikut mempromosikan Teluk Maumere (Ist) Pemerintah kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur diketahui tengah gencar mempromosikan sejumlah potensi wisata yang ada di wilayahnya, termasuk keindahan taman

Nature

Ke Tanjung Lesung, Jangan Lupa Tonton Legenda Dewi Tanjung Lesung

Berita Foto: Wisatawan banyak yang belum mengetahui sejarah Tanjung Lesung di Banten. Ya, saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung di Tanjung Lesung Resorts, Sabtu (29/4/2017). Pastikan Anda memeroleh tiket untuk menonton

World Heritage

PATA Mendukung Turis yang Peduli Kelestarian Lingkungan

Pariwisata kini semakin menarik sebab industri pariwisata semakin berkembang. Kendati demikian pariwisata mengharapkan wisatawan bisa ikut melestarikan lingkungan (Ist) Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak pelancong yang ingin melangkah ringan. Turis