Pentingnya Sektor Maritim untuk Membangun Negeri

Pantai Gerupuk Lombok Tengah

Presiden Jokowi mengedepankan untuk membangun sektor maritim dalam pembangunan nasional pada masa kepemimpinannya. Sektor maritim kini menjadi primadona pembangunan nasional, termasuk wisata bahari.

Apalagi Presiden Joko Widodo pun memasang target bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga 2019 mendatang sehingga wisata bahari menjadi andalan untuk bisa mewujudkan target tersebut dan wisata bahari pun semakin populer di negeri ini.

Ya, Indonesia adalah negeri yang kaya akan potensi pariwisata dibidang maritim lantaran memiliki beragam pantai indah dengan daya pesona yang menawan bagi wisatawan, termasuk turis asing.

Dasar laut yang indah dihiasi terumbu karang yang eksotis, pulau-pulau yang betebaran di seluruh perairan Indonesia bak butiran permata yang indah. Adapun ombak yang menggulung indah menjadi sarana olah raga yang sangat menjanjikan bagi turis.

Tak ketinggalan keramahan penduduk Indonesia, menjadi modal bagi pariwisata maritim yang kini menjadi harapan bagi bangsa ini. Andrinof Chaniago, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional beberapa waktu lalu kepada patainannews.com di Jakarta menuturkan bahwa pariwisata menjadi leading sector pembangunan nasional.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya memasang target di sektor wisata bahari hingga 2019 mendatang. Arief menjelaskan bahwa target kunjungan wisman di sektor wisata bahari adalah 4 juta wisatawan mancanegara hingga tahun 2019.

Menurut Petrus Bura, Staf di Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, taman laut di Teluk Maumere diakui wisatawan asal Eropa, khususnya turis Spanyol sebagai taman laut terindah di dunia.

“Taman laut di Teluk Maumere sudah lama dikembangkan oleh (alm) Bapak Frans Seda. Namun, mengalami kerusakan parah saat terjadi gempa bumi di Flores tahun 1992 silam. Namun, saat ini sedang recovery kembali sehingga membuat turis Spanyol yang menyelam kagum dengan keindahannya,” urainya ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Ia menjelaskan, potensi wisata bahari di taman laut di Teluk Maumere bisa dikembangkan untuk diving karena keindahan terumbu karang dan biota laut yang ada.

Petrus berharap Menteri Pariwisata Arief Yahya bisa datang langsung melihat taman laut di Teluk Maumere sehingga bisa tercipta sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten Sikka mengembangkan dan mempromosikan taman laut di Teluk Maumere.

Dan, wisata bahari memang melekat dalam pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Demikian dipaparkan LA Hadi Faishal, Wakil Ketua PHRI NTB ketika dihubungi patainanews.com.

“Karena Lombok memiliki pulau-pulau kecil yang dikenal dengan Gili. Artinya potensi Gili itu menjadi andalan bagi berkembangnya wisata bahari di Lombok dan ini menjadi andalan utama menggaet wisatawan asing dari Australia dan Eropa maupun wisatawan Amerika Serikat,” ucapnya.

Menurut Hadi yang juga Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini, penikmat wisata bahari terkini di Lombok juga datang dari Tiongkok, Taiwan, Korea dan semenanjung Arab.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menjelaskan, wisatawan mancanegara (wisman) selama ini terpesona dengan taman laut dan beribu corak ikan dan hewan laut lainnya sehingga memikat minat mereka untuk terus berkunjung ke Lombok.

Tak ketinggalan, lanjutnya, wisatawan domestik juga datang ke Lombok. “Turis asing dan wisatawan dalam negeri betah tinggal berlama-lama di kawasan pulau-pulau kecil sekitar Lombok,” tuturnya.

Ia mengakui pesona dan potensi wisata bahari juga telah membawa peningkatan arus kunjungan wisata ke Lombok, terutama wisatawan asing.

Sektor Maritim yang Diminati

Sudah sejak lama potensi kekayaan Indonesia dibidang kemaritiman sangat besar. Menjadi negara maritim yang sesungguhnya harus segera diwujudkan.  Sektor perikanan, pariwisata dan transportasi maritim dinilai bisa menguatkan sektor pembangunan maritim nasional.

Diding S Anwar, Direktur Utama Perum Jamkrindo mengungkapkan bahwa pihaknya akan lebih fokus lagi merambah penjaminan di sektor kemaritiman utamanya usaha mikro kecil dan menengah  serta koperasi (UMKMK).

Sektor ini dinilai menjadi primadona ke depan dan menjadi arahan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk digarap. “Bidang kemaritiman nanti akan kami wujudkan dengan terobosan berbagai kerja sama dan kemitraan terhadap pemangku kepentingan terkait,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Seperti diketahui Perum Jamkrindo pada akhir April lalu menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bank BNI terkait penjaminan di sektor kemaritiman. Beberapa koperasi dan UMKM di sektor maritim yang akses kreditnya diberikan BNI, seluruhnya dijaminkan oleh Perum Jamkrindo. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Culture

Keberhasilan Pariwisata Hasil Sinergi dan Komitmen Berbagai Pihak

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Workshop Matchmaking Calender of Event, Digital Destination, Diaspora Restaurant, with Co-Branding Partners dalam rangka mensinergikan langkah dan menyatukan persepsi antara

Indonesia itu Bagus

Presiden Jokowi Sampaikan Keunggulan Perempuan di Kongres WKRI

Presiden Jokowi dan Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Suharyo (Ist) Presiden Jokowi menghadiri pembukaan Kongres XX Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI). Kongres yang diselenggarakan untuk memberikan pandangan

Slideshow

Kadin Gandeng Denas KEK Genjot Pengembangan Standar Pelayanan

Nobel Alamsyah dan Yadi Gunawan, dua karyawan PT Banten West Java (BWJ) berpose bersama Denas KEK (Ist) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggandeng Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (Denas

Tour Package

Malaysia, Parameter Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dinilai menjadikan Malaysia sebagai parameter agar pariwisata Indonesia bisa berkembang dan semakin banyak wisatawan asing yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata

Travel Operator

Wisatawan Asia Suka ke Samosir

Dari kiri ke kanan: Kadispar Samosir Ombang Siboro, Organizer GFNY Indonesia Samosir Axel Moeller, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Juang Sinaga dan Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat (Ist) Potensi

Culture

PATA Travel Mart 2016 akan Datangkan 75000 Wisman ke Indonesia

Press Conference PATA Travel Mart 2016 di Kementerian Pariwisata (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September