Pentingnya Sister City untuk Cirebon

KERATON CIREBON

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon mendorong adanya sister city antara Cirebon di Jawa Barat dengan Hawaii di Amerika Serikat (AS) lantaran bisa mendorong kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk sektor pariwisata.

“Sejak awal Keraton Kasepuhan Cirebon yang memfasilitasi pertemuan-pertemuan di bangsal pagelaran Keraton Kasepuhan antara pemerintah daerah, tokoh masyarakat, diaspora dan narasumber sister city,” ucap Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat ketika dihubungi patainanews.com, Jumat (14/8/2015).

Dengan demikian, lanjutnya, tentu Keraton Kasepuhan memang mendorong untuk terjadinya sister city antara Cirebon dan salah satu kota di AS itu. Bahkan, ujarnya, sudah ada juga kota lain yang tertarik untuk menjadi sister city dengan Cirebon.

“Masuk ke kami juga, salah satu kota di Tiongkok ingin jadi sister city. Karena dengan sister city ini bisa ada kerja sama di bidang pendidikan, budaya, pariwisata dan ekonomi. Cirebon sendiri sudah sejak abad ke-15 menjadi jalur perdagangan sutera dunia, yaitu dari Tiongkok, Persia, India dan Malaka. Abad ke-19 Cirebon juga pengekspor gula terbesar dunia. Diharapkan dengan siter city ini juga mengulangi kesuksesan dahulu di mata dunia,” paparnya.

Harus Konsisten Jalin Sister City

Senada dengan Sultan Sepuh, rencana Cirebon menjadi sister city dengan Hawaii disambut baik anggota DPR sebab akan membawa dampak positif terhadap perkembangan daerah tersebut.

Anggota Komisi V DPR Yoseph Umarhadi ketika dihubungi patainanews.com, Jumat (14/8/2015) menuturkan bahwa harus konsisten dalam menjalin hubungan sister city.

“Bagus sekali sister city antara Cirebon dengan Hawaii. Asal konsiten dalam menjalin hubungan sister city,” ucap anggota DPR ini. Yoseph menjelaskan bahwa Kabupten Cirebon perlu pembenahan dan investasi yang besar utamanya energi dan sumber daya air.

Seperti diketahui, Kota Cirebon, segera mempunyai ‘saudara’ di AS. Adapun Kota Udang akan menjadi sister city dari Hawaii disampaikan pengagas serta President St Louis-Bogor Sister Cities Alexander Soetjipto.

Berkaca pada kesuksesan menjadikan Kota Hujan dan St Loius jadi ‘kota kembar’, dirinya pun yakin hal tersebut akan terulang di Cirebon dan Hawaii. “Kita bersama-sama membangun suatu hubungan internasional antarkomunitas di AS kita memilih Hawaii,” ujar Alexander di Kongres Diaspora Indonesia di Menara Bidakara, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Alexander mengatakan, kampanye ini akan dia gaungkan pada Kongres Diaspora III yang tengah berlangsung. Pria asli Indonesia yang menetap di AS itu beralasan sekarang adalah waktu yang tepat bagi Cirebon untuk memiliki sister city.

“Pada KDI ke-3 ini, tim kami menyuarakan kepentingan dan mempromosikan daerah Cirebon,” ujar dia. Alexander mengemukakan, upaya itu juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota dan Kabupaten Cirebon.

Karenanya diharapkan perwujudan ini bisa terlaksana secepat mungkin. “Setelah 4 kali kami berkunjung ke Kota dan Kabupaten Cirebon dengan dukungan dari tim Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, dan dari tim Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, dan juga dari masyarakat setempat, akhirnya daerah Cirebon mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan diri mereka pada ajang internasional ini,” paparnya.

Selain dengan Hawaii, Cirebon juga dinominasikan untuk menjadi sister city kota Mobile di Alabama. “Kami datang ke Cirebon membicarakan hal-hal mengenai bagaimana kita bisa bersama-sama dengan pelaku lokal di Cirebon membangun hubungan antarkomunitas dengan yang ada di AS,” sambungnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Travel Operator

Menteri Pariwisata Ajak Masyarakat Dukung Wisata Halal Indonesia

Masyarakat antusias dukung pariwisata halal Indonesia berjaya di pentas dunia (Ist) Anda sudah nge-vote Indonesia di World Halal Tourism Award 2016 belum? Sudah nge-klik yang ini http://bit.ly/VOTEindonesia? Sudah memilih 12

Destinations

Sriwijaya Ekspansi ke Timur

Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air (Ist) Mengawali ekspansi bisnis di tahun 2016, Sriwijaya Air Group (Sriwijaya Air dan NAM Air) membuka dua rute baru sebagai upaya memperluas konektivitas antarkota di Indonesia

SightSeeing

Sate Kerbau, Simbol Toleransi di Kudus

Sate Kerbau (Ist) Mendengar kata Sate mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kuliner satu ini dapat ditemui di seluruh penjuru Nusantara. Namun, jika mendengar Sate Kerbau, tentu

Hotel

Wonderful Indonesia The Best Destination Marketing 2016

Asdep Pengembangan Pemasaran Mancanegara Wilayah ASEAN Rizki Handayani Mustafa yang menerima plakat penanda apresiasi dari pilihan pembaca Travel Weekly Asia (Ist) Satu lagi reputasi internasional ditorehkan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

World Heritage

Libur Ke Bali Saja, Tidak Perlu Ke Luar Negeri

Bali diakui wisatawan mancanegara (www.ninaflynnphotography.com) Pariwisata Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Tak hanya Raja Ampat dan Pulau Komodo yang kian populer di dunia, Pulau Dewata yang menjadi destinasi andalan negeri

SightSeeing

BIJB Siap untuk Pesawat Wide Body

Airbus A380 termasuk jenis wide body aircraft (Ist) Manajemen PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) menyatakan siap melayani pesawat jenis wide body guna melayani penerbangan rute internasional. “Bandara ini jika