Pentingya Promosi Pariwisata Indonesia Melalui Media Digital

menteri AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka seminar TripAdvisor Insight Forum, A Workshop for Digital For Destinations yang diadakan Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan TripAdvisor di Balairung Soesilo Soedarman,Selasa, 6 September 2016.

Hadir pada acara ini Damien Cook, Founders and CEO of E-Tourism Frontiers, Sarah Matthews dan TripAdvisor Head of Destination Marketing APAC.

“Pengaruh digital marketing itu sangat tinggi. Indonesia sudah harus mempromosikan pariwisatanya menggunakan digital marketing. Tren yang ada saat ini mengkondisikan para pelaku industri pariwisata untuk dapat melakukan pemasaran melalui digital marketing. Gaya hidup masyarakat yang bergerak cepat dan bersentuhan langsung dengan internet menyebabkan model promosi tersebut sangat relevan diaplikasikan baik destinasi wisata maupun pengelola akomodasi pariwisata untuk melakukan pencitraan yang baik,” kata Arief Yahya pada pembukaan seminar tersebut.

Sebagai salah satu upaya meraih 20 juta kunjungan wisatwan mancanegara pada 2019 mendatang dan mendorong promosi pariwisata Indonesia, Kementerian Pariwisata melakukan publikasi dan promosi ‘Wonderful Indonesia’ pada sejumlah portal berita termasuk TripAdvisor.

Hal ini merupakan salah satu cara dalam penguatan pemasaran wisata Indonesia melalui saluran digital atau dunia maya yang bersifat tanpa batas dan dapat menjangkau berbagai belahan dunia.

“Sekitar 70 persen media digital tersebut memiliki andil besar bagi penyebaran informasi suatu destinasi wisata maupun akomodasi wisata kepada wisatawan. Sedangkan dari 100 persen, jumlah transaksi atau yang melakukan eksekusi langsung sekitar 30 persen menggunakan digital, sisanya masih banyak dilakukan dengan cara manual,” imbuhnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Terdapat 10 destinasi yang menjadi unggulan Kementerian Pariwisata dalam promosi potensi pariwisata tanah air, yaitu (1) Greater Jakarta, (2) Greater Bali, (3) Greater Batam, (4) Medan, (5) Bandung, (6) Joglosemar – Yogyakarta, Solo dan Semarang, (7) Bayuwangi (8) Lombok (9) Makassar dan (10) Bunaken, Wakatobi dan Raja Ampat.

Pada sesi seminar sehari ini sebagai penyaji materi adalah Sarah Mathews (Head of Destination Marketing APAC- TripAdvisor) berkolaborasi dengan Damian Cook (Founder and Managing Director of E-Tourism Frontiers).

Beberapa materi yang dibahas pada seminar sehari ini adalah mengenal lebih jauh pemasaran melalui ranah digital meliputi strategi dalam melakukan pemasaran lewat dunia digital, mengenal pembuatan campaign untuk pemasaran pariwisata, Crisis Management, memilih konten dan berkesperimen dalam melakukan pemasaran, mengelola komunitas digital untuk destinasi, menciptakan strategi digital yang berkesinambungan bagi destinasi pariwisata.

“Dunia digital dapat menjadi medium tanpa batas dalam memasarkan promosi pariwisata Indonesia. Oleh karena itu diperlukan langkah yang baik untuk mengelolanya serta trik yang tepat sehingga informasi yang diinginkan dapat disampaikan dengan baik dan dapat mendorong wisatawan untuk melakukan perjalanan nyata ke Indonesia sehingga mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara,” ucap Sarah.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh TripAdvisor, bagaimana tren global dalam berwisata harus menjadi perhatian bagi para pelaku industri wisata di Indonesia.

Pengalaman merupakan kata kunci dari apa yang diinginkan para wisatawan dalam perjalanan mereka. Mereka tertarik untuk melakukan eksplorasi, merasakan, dan bahkan melakukan bagaimana aktivitas serta kebudayaan lokal di daerah tersebut.

Hal itu pula yang menjadi fokus TripAdvisor dalam menjaring ulasan-ulasan para wisatawan. Diharapkan pemasaran melalui media digital itu pada akhirnya mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sesuai dengan target, yakni 20 juta wisman tahun 2019. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Travel Operator

Full Color, Tahun Baru di Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Tanjung Lesung yang terletak di Pandeglang, Banten juga tak mau kalah menyiapkan perayaan pergantian tahun 2017 menuju 2018. Destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali

Investments

SD Darmono Tokoh Kawasan Industri Nasional

Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono (kanan) (Ist) Bertempat di Sari Pan Pacific Hotel, Jakarta pada Kamis (17/12/2015), Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono menerima anugerah bergengsi, yakni life

SightSeeing

‘Produk Portofolio Pariwisata Indonesia itu Wisata Budaya’

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri Nusa Dua Fiesta di Peninsula Bali  dan Arief Yahya disambut baik oleh Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UMKM  I Wayan Dipta, Wakil Gubernur

Slideshow

Konservasi Laut di Tanjung Lesung

  Kawasan wisata di Tanjung Lesung terus berkembang. Destinasi wisata yang terletak di Banten ini bisa disebut sebagai contoh nyata destinasi wisata yang diminati wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis

Nature

Budaya Tionghoa Daya Tarik untuk Wisatawan Tiongkok

Opening ceremony ‘The First Xiao International Culture Week’ (Ist) Etnis Tionghoa adalah satu etnis yang memiliki kebudayaan yang sangat kaya. Tidak bisa dipungkiri hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia dipengaruhi kebudayaan

Travel Operator

KA Pariwisata Apresiasi PHRI Dukung Visit Wonderful Indonesia 2018

Presiden Direktur PT KA Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) (Ist) Manajemen PT Kereta Api (KA) Pariwisata menyampaikan apresiasi PHRI yang mendukung Visit Wonderful Indonesia 2018. Hal tersebut dikatakan Presiden