Peran Endorser Promosikan Pariwisata Babel Besar

AY dan babel

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka dan memberi sambutan pada Launching Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi meluncurkan Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Adapun acara tersebut akan berlangsung pada 20-26 Juli mendatang di Pangkalpinang, Babel. “Bagus, kalau artis dan tokoh dari Babel ikut menjadi endorser agar promosi kegiatan ini semakin ngetop,” kata AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Jika tak ada aral melintang, Aura Kasih dan Wita Band ikut tampil di acara ini. Selain itu, pesulap peraih Medal of Merlin tahun 2016 dari Lembaga International Magician Society Toni dan Yoko dijadwalkan ikut menghibur di Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang.

“Ada Aura Kasih dan pesulap peraih Medal of Merlin 2016. Semuanya tampil bareng di Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016,” ujar Rustam Effendi.

Rustam mengemukakan bahwa artis Ibukota, seperti Aura Kasih, Wita Band hingga Toni dan Yoko semuanya berasal dari Bangka Belitung.

Sentuhan musik dan sulap yang akan disuguhkan diyakini bakal sangat menghibur lantaran performer yang didatangkan sudah punya nama besar.

“Kami ingin masyarakat atau wisatawan yang hadir bisa mendapatkan suguhan yang berkualitas. Jadi kami undang performer yang berkualitas di Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara,” ungkapnya.

Istilah serumpun sebalai adalah filosofi masyarakat Bangka Belitung, yang menggambarkan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan dan hingga saat ini filosofi ini tetap hidup dan diterapkan masyarakat Bangka Belitung.

Beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Festival Seni Tradisi Bangka Belitung, mulai dari seleksi Tari Serumpun Sebalai hingga Festival Tari Nusantara.

Itu semua akan dikolaborasikan dengan serangkaian acara hiburan seperti penampilan artis Ibukota, pertunjukan musik, percusion SMU Pangkal Pinang, sulap, defile peserta Parade Tari Nusantara, serta penganugerahan penampilan terbaik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut mengapresiasi rencana kegiatan ini. Marketeer of The Year 2013 itu menilai hal ini merupakan bentuk komitmen Babel dalam menghidupkan pariwisata.

Faktanya, Babel memang layak disebut pulau sejuta wisata. Wisata alamnya ada Hutan Pelawan, Air Terjun, Bukit Maras dan Hutan Savana.

Sementara wisata baharinya ada Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Pesona serta Tanjung Kelayang yang sudah ditetapkan menjadi salah satu destinasi prioritas.

Itu belum termasuk wisata sejarah di Museum Timah, wisata budaya berupa Perang Ketupat, wisata religi di Dewi Kwan in, wisata kuliner Lempah Kuning, Otak-otak, Serabi, Rusip serta Rentak Sagu.

Evennya? Dari Sungailiat Triathlon hingga Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara semua sudah digarap secara konsisten. “Kalau Babel serius, komitmen, pariwisatanya pasti cepat tumbuh. Kebetulan Gubernurnya termasuk yang peduli dengan pariwisata. CEO kalau sudah jalan, semua akan mudah,” ujar Arief Yahya.

AY menegaskan kepada Gubernur Babel akan pentingnya membuat event berskala internasional. Baginya, ini adalah cara yang paling cepat dan mudah untuk memperkenalkan Pariwisata Babel ke seluruh penjuru dunia.

“Begitu Babel dijadikan satu dari 10 top destinasi prioritas, maka semua harus dibuat standar internasional. Koreografer international, designer harus professional, atraksinya kelas dunia. Pertama-tama bisa mengundang Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Pokoknya serumpun,” jelas Arief Yahya.

Lalu mengapa harus repot-repot bikin event skala internasional? Mengapa juga harus repot-repot mengundang negara-negara serumpun, seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura?

“Pariwisata itu adalah kedekatan, proximity. Kedekatan jarak, kedekatan emosional, kedekatan budaya dan tradisi, kedekatan ideologi, dan kedekatan spiritual. Singapura, Brunei dan Malaysia yang sama-sama serumpun, ada kedekatan budaya dan juga jarak. Budayanya sama. Jaraknya nggak jauh. Tidak sampai 3 jam sudah sampai Bangka Belitung. Itu adalah pasar yang bisa cepat digarap dan menghasilkan wisman,” tegasnya.

Benchmarking-nya bisa dilihat dari Gerhana Matahari Total (GMT). Saat dikemas, dipromosikan, disebarluaskan dan dieksplorasi sensasi pariwisatanya.

Menariknya GMT yang ditargetkan 100 ribu, menghasilkan wisman 400 ribu lebih. Sedangkan total nilai ekonomi selama GMT 2016 di lima kota Bangka Belitung menembus Rp109,5 miliar atau 30% melebihi target yang ditetapkan Kementerian Pariwisata sebesar Rp84 miliar.

“Itulah pentingnya sentuhan marketing,” jelasnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Sinergi Pemkab Takalar, PATA Indonesia Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata

Suasana serah terima peningkatan kualitas SDM Pemkab Takalar untuk banyak belajar mengenai pemasaran pariwisata kepada PATA Indonesia Chapter (Ist)  Pemerintah Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan yang telah resmi menjadi member PATA

Investments

Kinerja Keuangan 2016, PT Pelindo III Bukukan Laba Rp1,51 Triliun

TPS bird view PT Pelindo III (Ist) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III menunjukkan peningkatan kinerja perusahaan dari berbagai sisi pada akhir tahun 2016. 

Slideshow

Pemerintah Kembangkan UKM Dukung Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (jas hitam) (Ist) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sepertinya tak bisa dilepaskan dari sektor pariwisata nasional. Dan, pemerintah akan mengembangkan UKM guna mendukung bidang pariwisata di

Hotel

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara, PT Pelindo III Serius Kembangkan Pelabuhan

Turis asing ke Lombok melalui Pelabuhan Lembar, Lombok (Ist) Kunjungan kapal pesiar di lingkungan kerja PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) hingga paruh tahun 2016 tercatat sebanyak 46 unit kapal pesiar

Culture

Berjaya di Dunia, Lombok Genjot Kunjungan Turis Eropa Timur

Indonesia berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist) Lombok di Nusa Tenggara Barat berjaya di event World Halal Travel Awards 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab lantaran berhasil

Nature

Kondisi Market Wisata Telah Berubah

Wisatawan Nusantara tengah berlibur di destinasi wisata Indonesia (Ist) Tripvisto membukukan lonjakan transaksi hingga lebih dari 1000 paket wisata dengan nilai rata-rata paket wisata Rp3 juta selama Hari Belanja Online