Peran Penting Pers ASEAN dalam MEA

wartawan asean

Sidang Umum ke-18 Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) di Hanoi, Vietnam, Jumat dan Sabtu (26-27/11/2015) (Ist)

Komunitas pers ASEAN memainkan peran yang tidak kecil dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pertukaran informasi yang positif dan konstruktif agar cita-cita menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kekuatan ekonomi dan politik bersama sangat dibutuhkan.

Demikian antara lain disampaikan Ketua bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Teguh Santosa dalam keterangan yang diterima redaksi patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Ia baru saja memimpin delegasi wartawan Indonesia pada Sidang Umum ke-18 Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) di Hanoi, Vietnam, Jumat dan Sabtu (26-27/11/2015).

Sidang Umum CAJ tersebut digelar bersamaan dengan ulang tahun ke-40 CAJ, dan dihadiri Sekjen ASEAN Le Luong Minh. Selain tuang rumah Vietnam dan Indonesia, Sidang Umum CAJ juga dihadiri delegasi Filipina, Malaysia, Thailand dan Laos, serta tiga negara peninjau India, China dan Korea Selatan.

Adapun delegasi dari Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja dan Myanmar berhalangan hadir. Dalam Sidang Umum CAJ, delegasi Indonesia menyampaikan sejumlah proposal terkait penguatan organisasi CAJ dan peningkatan kompetensi wartawan, khususnya dalam menghadapi era MEA yang akan mulai berlaku pada awal 2016.

“Ada optimisme yang cukup kuat di kalangan komunitas wartawan ASEAN dalam menghadapi MEA, juga komitmen untuk ikut menjadi pondasi dan faktor pendukung dalam memasuki pasar tunggal ASEAN,” ujar Teguh Santosa.

Dia juga mengatakan, kehadiran komunitas pers yang kuat dan sehat di kawasan juga diakui Sekjen ASEAN Le Luong Minh sebagai kebutuhan yang tidak dapat dihindari.

“Sekjen ASEAN Le Luong Minh juga mengatakan pihaknya akan membuat satu media khusus sebagai wadah saling menukar informasi di kalangan masyarakat ASEAN. Rencana ini perlu disambut baik,” katanya.

Terkait upaya peningkatan kompetensi wartawan ASEAN Teguh mengatakan, pembangunan Sekolah Jurnalisme ASEAN di Palembang, Sumatera Selatan yang sudah dicanangkan pada 2014 lalu akan dimulai tahun depan.

PWI dalam waktu dekat akan melakukan pembicaraan dengan pihak Sekretriat ASEAN untuk menjalin kerjasama dalam konteks memperkuat pondasi kultural dan sosial masyarakat ASEAN.

Selain Teguh, delegasi Indonesia dalam Sidang Umum CAJ di Hanoi terdiri dari Sekretaris Tetap CAJ yang juga Wakil Pimred Kantor Berita Antara Bambang Purwanto, Deputi Sektap CAJ Edi Utama dan Direktur CAJ Bob Iskandar.

Di dalam Sidang Umum CAJ itu juga dilakukan transfer kepemimpinan CAJ Benny Antiporda dari Filipina yang memimpin sejak 2013 secara resmi digantikan oleh Ketua Asosiasi Jurnalis Vietnam (VJA) Thuan Huu.

Sesuai Anggaran Dasar CAJ Thuan Huu akan memimpin CAJ hingga 2017 mendatang. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Indonesiaku

Direksi Pelindo III Lantik Direksi Anak Perusahaan

Pelantikan pejabat di PT Pelindo III (Ist) Sebanyak dua belas orang pejabat struktural di lingkungan Pelindo III dilantik Direksi Pelindo III  di Surabaya, Rabu (1/3/2017). Adapun enam orang pejabat dilantik

Slideshow

Wartawan, PR Saling Membutuhkan

Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) dan ASEAN Public Relations Network (APRN) menandatangani nota kesepahaman (MoU Signing) disaksikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi Rosarita Niken Widiastuti

Indonesiaku

Rioberto Sidauruk, Pengacara Muda Keluarga Polri Pemerhati Medsos

Rioberto Sidauruk (Ist) Rioberto Sidauruk adalah pengacara muda yang ternyata selama ini memberikan perhatian dan memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia untuk menggunakan media sosial (medsos0 dengan bijak. Ya, memakai medsos

Slideshow

Tito Dirikan Posko Pengaduan Caleg Mantan Napi Korupsi

Tito Hananta (Ist) Pengacara Tito Hananta Kusuma mendirikan posko pengaduan bagi calon anggota DPR, DRRD, dan DPD. Siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (10/4/2018) menulis bahwa Tito memberikan kesempatan kepada

Indonesiaku

Musala dan Gereja di Puncak Gunung Sinai

Rombongan ziarah (Ist) Gunung Sinai  terletak di semenanjung Sinai dan Mesir, yang merupakan gunung gersang bebatuan dengan ketinggian 2.285 meter dari permukaan laut, dan berada pada bagian pegunungan disebelah selatan

Indonesiaku

Salam Satu Jiwa dari Boedoet untuk Indonesia

Suasana bukber Alumni Boedoet TOS 52 (Ist)  Indonesia memang dikenal sejak lama sebagai negeri yang kaya akan beragam potensi, termasuk pariwisata dan budaya. Tak kalah pentingnya adalah kearifan lokal yang