Peran Penting Pers ASEAN dalam MEA

wartawan asean

Sidang Umum ke-18 Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) di Hanoi, Vietnam, Jumat dan Sabtu (26-27/11/2015) (Ist)

Komunitas pers ASEAN memainkan peran yang tidak kecil dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pertukaran informasi yang positif dan konstruktif agar cita-cita menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kekuatan ekonomi dan politik bersama sangat dibutuhkan.

Demikian antara lain disampaikan Ketua bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Teguh Santosa dalam keterangan yang diterima redaksi patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Ia baru saja memimpin delegasi wartawan Indonesia pada Sidang Umum ke-18 Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) di Hanoi, Vietnam, Jumat dan Sabtu (26-27/11/2015).

Sidang Umum CAJ tersebut digelar bersamaan dengan ulang tahun ke-40 CAJ, dan dihadiri Sekjen ASEAN Le Luong Minh. Selain tuang rumah Vietnam dan Indonesia, Sidang Umum CAJ juga dihadiri delegasi Filipina, Malaysia, Thailand dan Laos, serta tiga negara peninjau India, China dan Korea Selatan.

Adapun delegasi dari Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja dan Myanmar berhalangan hadir. Dalam Sidang Umum CAJ, delegasi Indonesia menyampaikan sejumlah proposal terkait penguatan organisasi CAJ dan peningkatan kompetensi wartawan, khususnya dalam menghadapi era MEA yang akan mulai berlaku pada awal 2016.

“Ada optimisme yang cukup kuat di kalangan komunitas wartawan ASEAN dalam menghadapi MEA, juga komitmen untuk ikut menjadi pondasi dan faktor pendukung dalam memasuki pasar tunggal ASEAN,” ujar Teguh Santosa.

Dia juga mengatakan, kehadiran komunitas pers yang kuat dan sehat di kawasan juga diakui Sekjen ASEAN Le Luong Minh sebagai kebutuhan yang tidak dapat dihindari.

“Sekjen ASEAN Le Luong Minh juga mengatakan pihaknya akan membuat satu media khusus sebagai wadah saling menukar informasi di kalangan masyarakat ASEAN. Rencana ini perlu disambut baik,” katanya.

Terkait upaya peningkatan kompetensi wartawan ASEAN Teguh mengatakan, pembangunan Sekolah Jurnalisme ASEAN di Palembang, Sumatera Selatan yang sudah dicanangkan pada 2014 lalu akan dimulai tahun depan.

PWI dalam waktu dekat akan melakukan pembicaraan dengan pihak Sekretriat ASEAN untuk menjalin kerjasama dalam konteks memperkuat pondasi kultural dan sosial masyarakat ASEAN.

Selain Teguh, delegasi Indonesia dalam Sidang Umum CAJ di Hanoi terdiri dari Sekretaris Tetap CAJ yang juga Wakil Pimred Kantor Berita Antara Bambang Purwanto, Deputi Sektap CAJ Edi Utama dan Direktur CAJ Bob Iskandar.

Di dalam Sidang Umum CAJ itu juga dilakukan transfer kepemimpinan CAJ Benny Antiporda dari Filipina yang memimpin sejak 2013 secara resmi digantikan oleh Ketua Asosiasi Jurnalis Vietnam (VJA) Thuan Huu.

Sesuai Anggaran Dasar CAJ Thuan Huu akan memimpin CAJ hingga 2017 mendatang. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

‘AKBP Irhamni akan Sukses di POLRI’

Ucapan selamat untuk AKBP M Irhamni (Ist) Sebagaimana pemberitaan media massa, salah satu penyidik senior KPK AKBP M Irhamni telah dikembalikan dari institusi KPK ke POLRI setelah mengabdi selama 10 tahun

Indonesiaku

Lombok Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2016

Pertemuan untuk kesiapan penyelenggaraan HPN 2016 di Lombok (Ist) Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016. Perhelatan ini juga dimeriahkan dengan kegiatan

Indonesiaku

Banyak OTT KPK, Pengacara Spesialis KPK Ini Mengusulkan Solusinya

Tito Hananta Kusuma (Ist) Maraknya kasus korupsi di Indonesia menjadi problema tersendiri bagi beberapa praktisi hukum. RM Tito Hananta Kusuma, sebagai salah satu pengacara yang sering menangani kasus korupsi memiliki

Indonesiaku

Toleransi di Indonesia Sudah Teruji

Tito Hananta Kusuma (Ist) Toleransi di negeri ini sudah teruji sebab sudah sejak lama Indonesia yang beragam mampu hidup bersama dalam NKRI. Pengacara RM Tito Hananta Kusuma sebagai salah satu

Indonesiaku

Akhir Tahun, WKB Punya 140 Warteg

Kuliner khas WKB (Ist) Keberadaan Warteg Kharisma Bahari (WKB) semakin diminati masyarakat.  Ya, kuliner khas Tegal, Jawa Tengah ini semakin diminati masyarakat Indonesia. Buktinya disukai etnis lain, seperti dari Sumatera Utara

Slideshow

Ahok Memimpin dalam Survei IReS

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Ist) Survei membuktikan, pemilih loyal Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencapai 35,5%. Sedangkan sisanya 14,8% mengaku akan berpindah ke calon lain jika ada yang