Peran Penting Pers ASEAN dalam MEA

wartawan asean

Sidang Umum ke-18 Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) di Hanoi, Vietnam, Jumat dan Sabtu (26-27/11/2015) (Ist)

Komunitas pers ASEAN memainkan peran yang tidak kecil dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pertukaran informasi yang positif dan konstruktif agar cita-cita menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kekuatan ekonomi dan politik bersama sangat dibutuhkan.

Demikian antara lain disampaikan Ketua bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Teguh Santosa dalam keterangan yang diterima redaksi patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Ia baru saja memimpin delegasi wartawan Indonesia pada Sidang Umum ke-18 Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) di Hanoi, Vietnam, Jumat dan Sabtu (26-27/11/2015).

Sidang Umum CAJ tersebut digelar bersamaan dengan ulang tahun ke-40 CAJ, dan dihadiri Sekjen ASEAN Le Luong Minh. Selain tuang rumah Vietnam dan Indonesia, Sidang Umum CAJ juga dihadiri delegasi Filipina, Malaysia, Thailand dan Laos, serta tiga negara peninjau India, China dan Korea Selatan.

Adapun delegasi dari Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja dan Myanmar berhalangan hadir. Dalam Sidang Umum CAJ, delegasi Indonesia menyampaikan sejumlah proposal terkait penguatan organisasi CAJ dan peningkatan kompetensi wartawan, khususnya dalam menghadapi era MEA yang akan mulai berlaku pada awal 2016.

“Ada optimisme yang cukup kuat di kalangan komunitas wartawan ASEAN dalam menghadapi MEA, juga komitmen untuk ikut menjadi pondasi dan faktor pendukung dalam memasuki pasar tunggal ASEAN,” ujar Teguh Santosa.

Dia juga mengatakan, kehadiran komunitas pers yang kuat dan sehat di kawasan juga diakui Sekjen ASEAN Le Luong Minh sebagai kebutuhan yang tidak dapat dihindari.

“Sekjen ASEAN Le Luong Minh juga mengatakan pihaknya akan membuat satu media khusus sebagai wadah saling menukar informasi di kalangan masyarakat ASEAN. Rencana ini perlu disambut baik,” katanya.

Terkait upaya peningkatan kompetensi wartawan ASEAN Teguh mengatakan, pembangunan Sekolah Jurnalisme ASEAN di Palembang, Sumatera Selatan yang sudah dicanangkan pada 2014 lalu akan dimulai tahun depan.

PWI dalam waktu dekat akan melakukan pembicaraan dengan pihak Sekretriat ASEAN untuk menjalin kerjasama dalam konteks memperkuat pondasi kultural dan sosial masyarakat ASEAN.

Selain Teguh, delegasi Indonesia dalam Sidang Umum CAJ di Hanoi terdiri dari Sekretaris Tetap CAJ yang juga Wakil Pimred Kantor Berita Antara Bambang Purwanto, Deputi Sektap CAJ Edi Utama dan Direktur CAJ Bob Iskandar.

Di dalam Sidang Umum CAJ itu juga dilakukan transfer kepemimpinan CAJ Benny Antiporda dari Filipina yang memimpin sejak 2013 secara resmi digantikan oleh Ketua Asosiasi Jurnalis Vietnam (VJA) Thuan Huu.

Sesuai Anggaran Dasar CAJ Thuan Huu akan memimpin CAJ hingga 2017 mendatang. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Travel Operator

Wisatawan Indonesia Diajak Naik Kapal Pesiar

Michael Goh, Senior Vice President International Sales of Genting Cruise Lines (tengah) (Ist) Dream Cruises, salah satu brand pesiar mewah terbaik di Asia dari Genting Cruise Lines, dengan bangga menggelar

Indonesiaku

Sambutan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk patainanews.com:

Saya menyambut baik kehadiran patainanews.com yang menjadi salah satu media massa yang mengulas mengenai dunia pariwisata, khususnya pariwisata nasional sehingga bisa ikut bersinergi dengan pemerintah sebagai upaya mendukung target Presiden

Slideshow

Gairah Libur Tahun 2016

Meski tahun ini belum selesai, pemerintah telah menetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2016 sehingga kepastian ini tentunya akan memudahkan bagi wisatawan untuk berkunjung ke beragam destinasi yang

Indonesiaku

HPN 2017 akan Beri Dampak Besar untuk Maluku

Pantai Ora Maluku (Ist) Ketua Umum PWI Pusat sekaligus Penanggung Jawab Hari Pers Nasional (HPN) 2017 Margiono menyatakan Kota Ambon telah menyiapkan diri dengan baik untuk penyelenggaraan HPN 2017 mulai

Slideshow

Pentingnya Sektor Maritim untuk Membangun Negeri

Presiden Jokowi mengedepankan untuk membangun sektor maritim dalam pembangunan nasional pada masa kepemimpinannya. Sektor maritim kini menjadi primadona pembangunan nasional, termasuk wisata bahari. Apalagi Presiden Joko Widodo pun memasang target