Peran Penting Promosi dalam Pariwisata Maumere

patung-bunda-maria-2

Patung Bunda Maria Segala Bangsa di Maumere menjadi daya tarik wisatawan (Ist)

Promosi menjadi kata kunci untuk pariwisata Maumere. Setelah sempat diterjang tsunami pada 1992 silam. 

Destinasi wisata Maumere di Flores, Nusa Tenggara Timur terkesan masih terdengar asing bagi wisatawan. Tak salah memang lantaran destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Sikka, tepat di tengah Pulau Flores, ini memang tak setenar wilayah lain di Flores seperti Labuan Bajo atau Alor. 

Pariwisata Maumere, si jantung hati Pulau Flores sempat lesu karena gempa tektonik yang menyebabkan tsunami pada 1992 silam.

Dan, pariwisata Maumere terus bangkit. Berbagai upaya dilakukan untuk mengembalikan kejayaan pariwisata Maumere, yakni mempopulerkan kembali Maumere, yakni pembenahan destinasi, membuat acara menarik dan berkelanjutan, paket wisata, dan promosi.

jazz maumere

Kiri ke kanan: Andre Hehanusa, Melchias Markus Mekeng (pendiri Yayasan Bapa Bangsa), Trie Utami, Ari Manoppo (Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri) dan Agus Setiawan Basuni (Warta Jazz) (Ist)

“Kami tak akan berhenti mempromosikan pariwisata Maumere. Sekarang melalui jazz dalam Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores 2016,” kata Melchias Markus Mekeng, anggota DPR menjawab patainanews.com dalam press conference di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Ia menjelaskan, kini maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga sudah terbang ke Maumere mulai September 2016. Sebagai upaya memperkenalkan kembali Maumere dan menyiapkan alasan bagi wisatawan untuk datang sekaligus mempromosikan berbagai potensi Maumere yang dimiliki, maka musik jazz dipilih pada bulan ini.

Adaapun Yayasan Bapa Bangsa menggandeng WartaJazz menggagas Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores 2016. Pilihan tempat untuk pelaksanaan perdana ini di Hutan Mangrove atau Bakau Babah Akong yang luasnya sekitar 70 hektar yang ditanam sendiri dan terletak di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka, Flores.

garuda maumere

Garuda Indonesia mulai terbang ke Maumere (Ist)

“Penonton tak hanya menonton musik jazz saja, tapi juga akan diajak menanam pohon mangrove. Serta menikmati pemandangan alam khas Maumere yang terdiri dari hutan laut serta perbukitan yang indah,” kata Melchias Markus Mekeng, anggota DPR menjawab patainanews.com dalam press conference di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Melchias yang juga Ketua Komisi XI DPR ini menjelaskan bahwa konser ini untuk masyarakat dan gratis untuk ditonton. Adapun acara akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 15 hingga 16 Oktober mendatang dengan penampilan antara lain Andre Hehanussa, Ivan Nestorman (Ivan and the Nestornation), Syaharani, Trie Utami, Ras Muhamad, Barry Likumahuwa, Djaduk Ferianto, Emil & Orkestra Satu Sikka dan Big One. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016

Ilustrasi Wayang (Ist) Acara atraksi seni budaya sebagai media efektif promosikan potensi pariwisata dalam mendukung program Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 260 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dan akan

Tourism

Arief Yahya Optimistis 2016 Target 12 Juta Wisman Tercapai

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku optimistis target 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) hingga akhir tahun ini bisa tercapat lantaran dirinya terus memperkuat spirit pariwisata Indonesia. “Great

Destinations

Turis Asing ke Indonesia tak Melihat Kalender Event

Asyiknya keliling Solo dengan Sepur Kluthuk Jaladara (Ist) Upaya pemerintah daerah (Pemda) untuk memperkenalkan dan menjual keunggulan destinasi wisata yang ada di daerah masing-masing memang pantas diberikan apresiasi. Kendati demikian,

World Heritage

Menanti Legian Beach Festival 2016

Ilustrasi wisatawan asing di Bali (Ist) Wisatawan sudah bisa menyiapkan diri mulai sekarang lantaran bulan depan ada event wisata seru di Badung, Bali. Namanya Legian Beach Festival, yang memamerkan budaya,

SightSeeing

Wonderful Indonesia Bakal Berkibar di Piala Eropa 2016

Piala Eropa 2016 (Ist) Sepak bola yang selama ini menjadi olahraga yang paling populer di muka bumi ini akan digelar di Benua Biru bertajuk Piala Eropa 2016.  Dan, pentas Piala

Travel Operator

Mei, Pastikan ke Tanjung Lesung Tonton The Legend of Dewi Tanjung Lesung

The Legend of Dewi Tanjung Lesung (Ist) Indonesia menyimpan beragam pertunjukkan seni budaya, mulai dari sastra, musik hingga yang bersifat teatrikal. Semuanya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Salah satunya