Peran Penting Promosi dalam Pariwisata Maumere

patung-bunda-maria-2

Patung Bunda Maria Segala Bangsa di Maumere menjadi daya tarik wisatawan (Ist)

Promosi menjadi kata kunci untuk pariwisata Maumere. Setelah sempat diterjang tsunami pada 1992 silam. 

Destinasi wisata Maumere di Flores, Nusa Tenggara Timur terkesan masih terdengar asing bagi wisatawan. Tak salah memang lantaran destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Sikka, tepat di tengah Pulau Flores, ini memang tak setenar wilayah lain di Flores seperti Labuan Bajo atau Alor. 

Pariwisata Maumere, si jantung hati Pulau Flores sempat lesu karena gempa tektonik yang menyebabkan tsunami pada 1992 silam.

Dan, pariwisata Maumere terus bangkit. Berbagai upaya dilakukan untuk mengembalikan kejayaan pariwisata Maumere, yakni mempopulerkan kembali Maumere, yakni pembenahan destinasi, membuat acara menarik dan berkelanjutan, paket wisata, dan promosi.

jazz maumere

Kiri ke kanan: Andre Hehanusa, Melchias Markus Mekeng (pendiri Yayasan Bapa Bangsa), Trie Utami, Ari Manoppo (Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri) dan Agus Setiawan Basuni (Warta Jazz) (Ist)

“Kami tak akan berhenti mempromosikan pariwisata Maumere. Sekarang melalui jazz dalam Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores 2016,” kata Melchias Markus Mekeng, anggota DPR menjawab patainanews.com dalam press conference di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Ia menjelaskan, kini maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga sudah terbang ke Maumere mulai September 2016. Sebagai upaya memperkenalkan kembali Maumere dan menyiapkan alasan bagi wisatawan untuk datang sekaligus mempromosikan berbagai potensi Maumere yang dimiliki, maka musik jazz dipilih pada bulan ini.

Adaapun Yayasan Bapa Bangsa menggandeng WartaJazz menggagas Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores 2016. Pilihan tempat untuk pelaksanaan perdana ini di Hutan Mangrove atau Bakau Babah Akong yang luasnya sekitar 70 hektar yang ditanam sendiri dan terletak di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka, Flores.

garuda maumere

Garuda Indonesia mulai terbang ke Maumere (Ist)

“Penonton tak hanya menonton musik jazz saja, tapi juga akan diajak menanam pohon mangrove. Serta menikmati pemandangan alam khas Maumere yang terdiri dari hutan laut serta perbukitan yang indah,” kata Melchias Markus Mekeng, anggota DPR menjawab patainanews.com dalam press conference di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Melchias yang juga Ketua Komisi XI DPR ini menjelaskan bahwa konser ini untuk masyarakat dan gratis untuk ditonton. Adapun acara akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 15 hingga 16 Oktober mendatang dengan penampilan antara lain Andre Hehanussa, Ivan Nestorman (Ivan and the Nestornation), Syaharani, Trie Utami, Ras Muhamad, Barry Likumahuwa, Djaduk Ferianto, Emil & Orkestra Satu Sikka dan Big One. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Boleh Kasih Diskon tapi Jangan Sering

Astindo (Ist) Tak bisa dipungkiri selama ini agen perjalanan yang memberikan diskon besar-besaran tiket pesawat via online. Namun di sisi lain terkesan pelayanan terhadap traveler malah dilupakan. Seiring perkembangan zaman,

SightSeeing

2018, Bakal Ada Beach Flight dari Helicity

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) PT Whitesky Aviation pada tahun ini akan terus mengembangkan layanan untuk meningkatkan kualitas

Tourism

PHRI NTB Dukung HPN 2016 di Lombok

Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung Lombok menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016. Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi

Airlines

15 Destinasi Wisata Favorit 2017

Tanjung Lesung, destinasi wisata yang termasuk 10 Bali baru (Ist) Tahun 2017 disebut sebagai tahun yang menyenangkan buat berlibur sebab ada beberapa hari libur nasional yang bisa dimanfaatkan utk berlibut.

Nature

Peran Endorser Promosikan Pariwisata Babel Besar

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka dan memberi sambutan pada Launching Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi meluncurkan Festival

Hotel

Lombok Menang di World Halal Travel Awards 2015, Warna Baru dalam Pariwisata RI

LA Hadi Faishal (Ist) Industri pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat tengah berbunga lantaran ikut memberikan kontribusi besar bagi Indonesia dalam pentas dunia, yakni mengharumkan negeri ini dengan meraih dua