Peran Perempuan Indonesia Memajukan Pariwisata Nusantara

WhatsApp Image 2018-04-20 at 22.26.29

Sri Sudarwati, Founder #Indonesiabagus (Ist)

April selama ini di Indonesia identik dengan bulan Kartini karena di Tanah Air setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Menariknya perempuan Indonesia diketahui juga berkecimpung dalam dunia pariwisata Nusantara. RA Kartini ternyata memberikan pengaruh besar dalam kehidupan wanita negeri ini untuk ikut serta memajukan pariwisata nasional.

“Ya, peran wanita Indonesia ternyata mampu menopang dalam kemajuan pariswisata Nusantara. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran serta perempuan dalam upaya memajukan pariwisata Indonesia sangat penting. Dengan diberikannya kesempatan dan pendidikan khusus, terutama terkait dengan pembinaan usaha kecil dan menengah (UKM) produk lokal daerah, kuliner dan seni hiburan serta kesempatan membuka usaha lain di sekitar kawasan wisata akan memberi kontribusi aktif,” papar Sri Sudarwati, Direktur Utama Citra Prestasi Gemilang ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Adapun Citra Prestasi Gemilang letaknya ada di Malang, Jawa Timur. Menurutnya, memeringati momentum Hari Kartini 2018, perlu upaya strategis pemerintah untuk memberikan prioritas pemberdayaan perempuan sebagai lokomotif kemajuan di segala sektor, utamanya pariwisata Indonesia.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan, dalam skala terendah adalah pembinaan di tingkat lokal dimana pariwisata tersebut dibangun dan ditingkatkan pembangunannya,” ucap Wati, begitu ia kerap disapa. Misalnya, lanjut Founder #Indonesiabagus ini dengan memberikan bantuan modal, pelatihan keterampilan dan bimbingan UKM atau home industry yang dapat mengangkat derajat hidup perempuan Indonesia di bidang pariwisata.

Tak hanya itu, sambungnya, pendidikan bagi guide lokal perempuan juga sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan kesempatan kerja dan profesi yang setara dengan guide laki-laki. “Selamat meneruskan perjuangan Kartini dan menjadi Kartini masa depan bagi seluruh perempuan Indonesia,” tuturnya.

Wati diketahui punya segudang aktivitas, yakni sebagai trainer pengembangan diri, guru tamu di sejumlah kampus dan sekolah, dan Ketua Cabang Asosiasi Profesi Ikatan Sekretaris Indonesia Cabang Malang. Tak hanya itu, perempuan kelahiran 1 September 1969 silam itu juga diketahui sebagai Advisor AIESEC UMM, Volunteer Pendidikan dan Taman Baca, Penggiat Seni dan Budaya.

Menariknya ibu dua putri ini, yakni Citra Yuniarizka Saraswati  dan Safira Dwijayanti rupanya juga menyukai anak dan puisi.  Perempuan berparas cantik ini menuturkan bahwa Indonesia itu sangat bagus. “Indonesia itu negeri gemah ripah loh jinawi. #Indonesiabagus,” ujarnya. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

World Heritage

Pigijo, Panduan untuk Traveler Berlibur

Dody Johanjaya (kiri) Di era milenial ini semua orang ingin pergi berlibur ke beragam destinasi wisata di Indonesia. Turis asing dan wisatawan Nusantara memang tak dipungkiri menyukai keindahan alam Nusantara,

Nature

Garuda Indonesia Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Penandatanganan MoU antara Kementerian Pariwisata-Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (28/4/2016) oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo (kanan) dengan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara (tengah) disaksikan Menteri Pariwisata Arief

Tourism

Dampak Erupsi Gunung Agung, Pemerintah dan Pengusaha Hotel Bersama Urus Wisatawan

Gunung Agung di Bali (Ist) Presiden Jokowi menyampaikan pesan khusus mengenai para wisatawan yang terdampak erupsi Gunung Agung di Pulau Dewata, Bali. Kepala Negara berpesan supaya mereka dilayani secara baik.

Heritage

Jepang Suka Batik Indonesia

Canting batik (Ist) Beberapa orang Jepang yang mengikuti workshop ‘Experience The Wonderful of Indonesia Through Batik Workshop’ di ASEAN-Japan Centre, Tokyo mengaku suka dengan batik Indonesia. Salah satu peserta workshop

Indonesia itu Bagus

Buku ‘Sepotong Surga di Kaki Pesagi’

Buku ‘Sepotong Surga di Kaki Pesagi’ (Ist) Buku ‘Sepotong Surga di Kaki Pesagi’ karya para pemenang dan terpilih dalam Lomba Menulis Pesona Lampung Barat telah diluncurkan dalam hajatan Jambore Literasi

All About Indonesia

Pelindo III Goes to Campus

Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar program Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (26/8/2016)