Peran Pers Besar dalam Pariwisata Indonesia

menteri pariwisata arief yahya pidato

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Media massa dinilai memiliki peran besar dalam ikut memajukan pariwisata Indonesia, utamanya di segi promosi pariwisata Indonesia sehingga bisa dikenal hingga ke mancanegara.

Karenanya pemerintah mengedepankan pendekatan pentahelix yang terdiri dari unsur pemerintah, pelaku bisnis, akademisi, komunitas, dan media massa.

Begitu penjelasan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2015 di Jakarta pada hari ini (10/12/2015).

“Pers merupakan komponen yang dapat mempengaruhi minat wisatawan ke suatu destinasi,” tutur Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Iqbal Alamsyah selaku Ketua Panitia APWI 2015 dalam sambutan pembukaan APWI 2015.

Adapun APWI telah digelar sejak 2003 silam. Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi Kemenpar kepada insan pers di Tanah Air yang ikut serta mempromosikan pariwisata Indonesia.

Tahun ini, seperti diungkapkan Iqbal, APWI mengikutsertakan 248 artikel media cetak, 187 artikel media online, 48 judul tayangan televisi, enam judul siaran radio, dan 21 tulisan pariwisata yang dimuat sejak November tahun lalu hingga Oktober 2015.

Tim juri terdiri dari Wahyu Indrasto (Ketua), Elly N Hutabarat, Ade Armando, Hari Untoro Drajat, Himawan Bramantyo, Fathul Bahri, dan Ani Insani Rochmulyati.

Mereka mewakili kalangan industri pariwisata, akademisi, pemerhati pariwisata, pejabat Kemenpar, serta media massa. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Cuisine

Putri Pariwisata Indonesia Bantu Pemerintah Promosikan Pariwisata Nusantara

Founder and Chairman ELJOHN Pageants Johnnie Sugiarto (ketiga dari kanan) (Ist) Putri Pariwisata Indonesia akan turut serta mempromosikan pariwisata negeri ini dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air.

Heritage

Selamat dan Sukses Irene Camilyn Sinaga

Irene Camelyn Sinaga (kiri) tengah berbincang dengan President/CEO PATA Indonesia Poernomo Siswoprasetijo (kemeja biru) di Palembang (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan selamat kepada Irene Camelyn Sinaga resmi menjadi

SightSeeing

Pesona Yogya yang tak Pernah Surut

Goa Pindul Yogyakarta selama ini begitu terkenal dan menjadi destinasi favorit wisatawan, termasuk turis asing. Dan, pesona Yogyakarta seakan tak pernah habis dan terus memikat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke

SightSeeing

Bukber Sekaligus Silaturahmi LBI

Berita Foto: Buka puasa bersama (bukber) Keluarga Besar Lintas Budaya Indonesia (LBI) dihadiri pendiri LBI Halimah Munawir Anwar, Ratu Ike Kartiwa dan penasehat juga LBI Ruly Rahadian. Bukber sekaligus silaturahmi

Festival

Melihat Indonesia di ICE

Hiburan di ICE (Ist) Pesta rakyat Indonesia yang dikemas secara modern ada Indonesia Convention Exhibition (ICE) hadir di BSD City, Banten.  Ya, Pekan Raya Indonesia (PRI) sudah digelar, pesta rakyat

Indonesiaku

Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pelindo III

Direktur Keuangan PT Pelindo III U Saefudin Noer (kiri) menerima penghargaan dari Mepan RB Yuddy Chrisnandi (kemeja putih) (Ist)  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi memberikan