Peran Pers Besar dalam Pariwisata Indonesia

menteri pariwisata arief yahya pidato

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Media massa dinilai memiliki peran besar dalam ikut memajukan pariwisata Indonesia, utamanya di segi promosi pariwisata Indonesia sehingga bisa dikenal hingga ke mancanegara.

Karenanya pemerintah mengedepankan pendekatan pentahelix yang terdiri dari unsur pemerintah, pelaku bisnis, akademisi, komunitas, dan media massa.

Begitu penjelasan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2015 di Jakarta pada hari ini (10/12/2015).

“Pers merupakan komponen yang dapat mempengaruhi minat wisatawan ke suatu destinasi,” tutur Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Iqbal Alamsyah selaku Ketua Panitia APWI 2015 dalam sambutan pembukaan APWI 2015.

Adapun APWI telah digelar sejak 2003 silam. Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi Kemenpar kepada insan pers di Tanah Air yang ikut serta mempromosikan pariwisata Indonesia.

Tahun ini, seperti diungkapkan Iqbal, APWI mengikutsertakan 248 artikel media cetak, 187 artikel media online, 48 judul tayangan televisi, enam judul siaran radio, dan 21 tulisan pariwisata yang dimuat sejak November tahun lalu hingga Oktober 2015.

Tim juri terdiri dari Wahyu Indrasto (Ketua), Elly N Hutabarat, Ade Armando, Hari Untoro Drajat, Himawan Bramantyo, Fathul Bahri, dan Ani Insani Rochmulyati.

Mereka mewakili kalangan industri pariwisata, akademisi, pemerhati pariwisata, pejabat Kemenpar, serta media massa. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tourism

Wisata Halal Indonesia Berjaya di Malaysia

Berita Foto: Rainier H Daulay, pemilik Hotel The Rhadana Group mengaku bersyukur dalam ajang Asia Halal Brand Awards 2017 Rhadana Kuta Bali dinobatkan sebagai Best Halal Boutique Hotel in Asia

Nature

2018, Kereta Wisata akan Layani Perjalanan Wisata di Jawa

Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) (Ist) Manajemen PT KA Pariwisata menyatakan siap melayani perjalanan wisata ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Jawa mulai tahun

Slideshow

Gisele Liora, Cerita Malaikat Kecil itu yang Menyatukan Kami…

Gisele Liora (kiri) dan ibundanya, Nadya Larassatya Putri (Ist)  Adalah Gisele Liora, seorang anak kecil yang mampu menyatukan perbedaan antara ibundanya, Nadya Larassatya Putri dengan seorang teman ibunya, Gabriel Bobby.

Destinations

Wonderful Noon Kibarkan Joglosemar

Peserta Wonderful Noon (Ist) Agenda Kementerian Pariwisata yang melibatkan penggiat digital selalu sukses berkibar jadi trending topic nasional. Setelah GenPi Jateng dan GenPi Aceh, Rabu (3/5/2017), giliran blogger, vlogger dan

Hotel

Caffeinesia Campaign, Nikmatnya Kopi Nusantara

Caffeinesia Campaign (Ist) Orang Indonesia selama ini dikenal memiliki kebiasaan minum kopi yang sudah menjadi budaya yang turun temurun. Dan, budaya ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat negeri

Culture

BRI Juara 1 Mitra Co Branding Kemenpar

Berita Foto: Direktur Konsumer PT Bank BRI Handayani berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya dan mitra co branding Kementerian Pariwisata (Kemenpar) lainnya. Adapun PT Bank BRI menjadi juara 1 sebagai