Perancis Tertarik Investasi di Destinasi Pariwisata Indonesia

turis asing naik sepeda

Turis asing, termasuk dari Perancis suka berlibur di Indonesia (Ist)

Pertemuan ketiga Kelompok Kerja Bersama antara Pemerintah Republik Indonesia dan Republik Perancis berlangsung di Jakarta. Sebelumnya, kedua pihak telah melakukan dua kali pertemuan Kelompok Kerja Bersama yang berlangsung di Yogyakarta pada 2013 silam dan Saumur, Perancis pada 2015 lalu.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari Persetujuan Bidang Pariwisata (Agreement on Tourism Cooperation) antara kedua negara pada 1 Juli 2011 silam.

Pada pertemuan yang berlangsung di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Ahman Sya menyatakan bahwa hubungan pariwisata kedua negara meningkat signifikan sejak diluncurkannya MoU Pariwisata tahun 2011.

“Dari bulan Januari hingga Agustus 2016, Indonesia menyambut 172.430 kunjungan wisatawan Perancis, meningkat 23,78% dari periode yang sama tahun sebelumnya,” kata Ahman dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (27/10/2016).

Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet, mengakui bahwa pariwisata sangat penting untuk perekonomian Perancis.

“Indonesia dan Perancis memiliki ketertarikan yang sama dalam pengembangan pariwisata, dan ini menjadi keseriusan bagi kedua belah pihak,” ungkapnya.

Pertemuan antara Indonesia-Perancis kali ini fokus pada tiga topik utama, yaitu Kebijakan Pariwisata dan Kerja sama Bisnis, Manajemen Berkelanjutan di Destinasi Pariwisata, dan Kerja sama Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Hasil dari pertemuan ini antara lain keinginan perusahaan Perancis di bidang wisata bahari untuk berinvestasi di destinasi pariwisata prioritas di Indonesia, rencana kerja sama Indonesia-Perancis untuk pengembangan destinasi berkelanjutan di Indonesia, saling tukar pengalaman mengelola destinasi pariwisata antara Jakarta dan Bretagne di Perancis, rencana promosi pariwisata bersama antara Indonesia dan Perancis, dan rencana bantuan Perancis untuk pengembangan program doktoral bidang pariwisata di STP Bandung dan Bali.

Dalam pertemuan ini, delegasi Indonesia dipimpin Ani Insani, Asisten Deputi Hubungan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata, sedangkan delegasi Perancis dipimpin oleh Amandine Southon dari Kementerian Luar Negeri Perancis.

Anggota delegasi terdiri dari unsur pemerintahan, bisnis, dan akademisi. Keesokan harinya, delegasi Perancis akan mengikuti city tour di antaranya dengan mengunjungi Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, dan Museum Seni Rupa dan Keramik di Kawasan Kota Tua Jakarta, dan dilanjutkan berkunjung ke Museum Nasional, dan Monumen Nasional (Monas).

Di Museum Nasional, delegasi Perancis akan belajar membatik. Diharapkan, pertemuan Kelompok Kerja Bersama ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya Perancis. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Akses ke Danau Toba Dipermudah untuk Wisatawan

Danau Toba (Ist) Angin segar datang dari Danau Toba Sumatera Utara. Tidak lama lagi, diperkirakan akhir tahun ini, tol dari Medan-Kuala Namu ke Tebing Tinggi sudah bisa dilewati. Tentunya itu

Tourism

Selamat HUT ke-8 Kereta Wisata

Selamat HUT ke-8 PT Kereta Api Pariwisata (Ist) Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan selamat HUT ke-8 PT Kereta Api Pariwisata 8 September 2017. Tak bisa dipungkiri peran kereta wisata

Cuisine

TV Perancis Terkesan Morotai

Keindahan Morotai (Ist) Kru TV Perancis terkesan dengan keindahan destinasi wisata di Morotai, Maluku Utara. Keindahan Morotai yang termasuk 10 Bali baru itu ternyata disukai wisatawan asal Eropa, termasuk turis

Airlines

Mengintip Museum Bersama Jalan Jalan Indonesia

JJI di Museum Fatahiillah (Ist) Destinasi wisata di Indonesia begitu beragam sebab negeri ini dikenal begitu kaya dengan berbagai potensi wisata. Belum lagi didukung budaya khas Nusantara dan kearifan lokal

World Heritage

Melihat GMT 2016 di Palembang

Ilustrasi logo Hotel Aryaduta Palembang (Ist) Hotel Aryaduta dinilai sebagai lokasi yang tepat untuk bisa mengamati gerhana matahari total (GMT) 2016 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Hal tersebut mencuat selama

Festival

Menyambut Visit Wonderful Indonesia 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rakornas pariwisata yang mengangkat tema ‘Visit Wonderful Indonesia 2018’ (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata IV tahun 2017 dalam rangka memperkuat