Peringatan HUT RI ke-71 di Danau Toba Ada Panggung Terapung

pesona danau toba

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ‘Indonesia Kerja Nyata’ di Gedung Sapta Pesona Kemenpar (Ist)

Puncak peringatan HUT RI ke-71 dibuat semenarik mungkin di Danau Toba, Sumatera Utara. Bakal ada yang unik di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.

Ya, tak sekadar panggung di darat, tapi ada panggung terapung di atas perairan Danau Toba. Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) akan berlangsung pada 20 hingga 21 Agustus 2016 di Parapat dan Balige, Sumatera Utara.

Salah satu rangkaian acaranya adalah Panggung Apung di atas Danau Toba. “Tanggal 20 semua artis hadir ditutup Slank. Yang unik ada panggung terapung, itu hampir tidak pernah ada,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers persiapan KKPDT di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Sejumlah artis ibukota mulai dari Sammy Simorangkir hingga Slank akan menghibur wisatawan di sana. Di hari yang sama, akan ada bazar kuliner.

“Tanggal 20 sejalan Panggung Apung ada bazar kuliner,” ujar Ketua Panitia KKPDT Premita Fifi. Dengan adanya panggung terapung, diharapkan bisa menyedot banyak pengunjung. Kemenpar menargetkan puluhan ribu wisatawan menghadiri karnaval yang digelar untuk merayakan HUT RI ke-71 ini.

“Panggung terapung target 40 ribuan. Tanggal 21 ada tujuh panggung target juga 40 ribuan. Lain-lainnya ada undangan segala macem jadi sekitar 100 ribuan,” kata Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Kemenpar.

Panggung apung yang di Parapat itu sendiri sudah cukup unik. Ini panggung mengambang pertama, dengan ukuran besar, 12×24 meter, yang jaraknya dari daratan 10 meter. Di belakang panggung itu, nanti akan ada kapal-kapal berhias yang menjadi latar suasana Toba di malam gelap.

Televisi nasional maupun internasional sudah diundang panpel untuk meramaikan suasana Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 ke dalam liputan layar kaca mereka.

Sedikitnya sembilan stasiun TV nasional maupun internasional, termasuk CNN dan Aljazera TV diundang. Antara 75-100 media dari ibu kota juga akan hadir di sana.

Mereka akan meliput bukan hanya event yang di media sosial tampil dengan hastag #KKPesonaToba2016 ini saja, juga akan meliput keindahan alam dan budaya di kawasan danau terluas di Asia dan terdalam di dunia (450 meter). Danau vulkanik ini, terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Pulau Samosir sendiri lebih luas dari Singapura. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Bali yang Cantik Andalan Pariwisata Indonesia

Bali menjadi daya tarik utama wisatawan (Ist) Bali tak bisa dipungkiri memang sudah sangat terkenal di dunia. Dan, tak salah menyebut Pulau Dewata menjadi andalan pariwisata Indonesia guna menjaring wisatawan

Slideshow

Terminal 3 Gerbang Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi yang kini dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perhubungan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (26/7/2016) menyatakan bahwa

Nature

Kemenpar Sabet Penghargaan Kehumasan di AMH 2018

Guntur Sakti (kedua dari kiri) (Ist) Kementerian  Pariwisata (Kemenpar) menyabet dua penghargaan di ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2018 dalam rangkaian Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2018 yang digelar

Destinations

Festival Unik di Lembah Baliem

Indonesia memang kaya akan pesona, baik destinasi wisata dan keragaman budaya asli Nusantara yang membentang mulai dari ujung timur hingga barat negeri ini. Dan, Festival Budaya Lembah Baliem 2015 akan

Travel Operator

Komitmen Kuat BRI untuk Pariwisata Indonesia

Direktur Konsumer PT Bank BRI Handayani (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya Manajemen bank pelat merah, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) rupanya memiliki komitmen kuat untuk mendukung pemerintah mengembangkan dan

Tourism

Libur Panjang Traveling ke Soppeng

Kalong di langit biru Soppeng (Ist) Pesona pariwisata di Sulawesi Selatan (Sulsel) tak hanya ada di Makassar dan Tana Toraja saja lantaran Sulsel selama ini masih banyak menyimpan beragam potensi